BAB I
Pendahuluan
1. Latar
Belakang
Masyarakat
Indonesia merupakan masyarakat multikultural yang memiliki beragam pola hidup
dan kebutuhan. Perilaku dan kekhasan masyarakat Indonesia ini membuat
terbentuknya sebuah pola konsumsi yang beragam dan cenderung tinggi, hal ini
dikarenakan kategori bangsa Indonesia yang sedang berkembang, dimana negara
berkembang menjadi salah satu sasaran utama para kapitalis untuk memperluas
tonggak kekuasaannya, salah satunya dalam dunia marketing. Terpaan berbagai
produk yang dirasa dapat meningkatkan kualitas diri di masyarakat akan langsung
menjadi sasaran utama masyarakat Indonesia, hal ini di-karenakan tingkat
konformitas masyarakat Indonesia sangat tinggi, mereka sangat ingin diterima
oleh Iingkungan sehingga harus memiliki suatu interdepeden yang kuat.
Perkembangan
teknologi menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh para pemasar.
Dewasa ini, penggunaan teknologi komputer dan internet berkembang sangat pesat
dan tersu mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahunnya. Menurut
data dari survey yang dilakukan oleh PT. TeIkom, grafik pertumbuhan pengguna
internet di Indonesia adalah menunjukan grafik eksponsional, dimana
pergerakannya mencapai rata-rata 5,7 juta orang selama lima tahun terakhir. Di
akhir tahun 2016 lalu, pengguna internet di Indonesia adalah sebanyak 111 juta
orang. Melihat hal ini tentu para marketer semakin memperhatikan keberadaan
masyarakat Indonesia dan mulai melakukan pemasaran dengan sistem viral
marketing, dimana pemasar akan menggunakan berbagai aplikasi di dunia internet
untuk melakukan pemasaran produknya.
Seiring
berkembangnya waktu, dunia internet mulai diramaikan oleh social media, yang
diawali dengan kemunculan friendster, kemudian berlanjut hingga saat ini muncul
salah satu social media yang berkembang sangat pesat dan menjadi social media
yang paling banyak digunakan oleh para pemasar, yaitu twitter. Di tahun ini,
pengguna twitter di Indonesia telah mencapai 9,9 juta orang, dimana Indonesia
menduduki posisi kelima dalam kategori pengguna twitter terbanyak. Dan di dalam
makalah ini, pembahasan kami berfokus pada akun twitter @soyjoyid yang saat ini sedang sangat gencar melakukan viral
marketing melalui twitter. lnteraksi @soyjoyid
dengan para kostumer sangat aktif, dan setiap harinya dapat memproduksi lebih
dari 35 tweet.
2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, yang menjadi pokok
permasalahannya adalah:
a. Penggunaan
Twitter sebagai sarana pemasaran soyjoy
di Indonesia.
b. Bagaimana
manajemen pemasaran yang dilakukan oleh soyjoy.
3. Tujuan
Tujuan
penulisan paper ini untuk menganalisa pemasaran yang dilakukan soyjoy melalui Media Sosial Twitter.
BAB II
Landasan
Teori
1. Manajemen
Pemasaran
Manajemen
pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi
(dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan,
dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur
kemajuan ke arah pencapaiannya.
Globalisasi
telah mendorong beberapa perusahaan untuk memasarkan di luar negara asal
mereka. Pemasaran internasional merupakan bagian dari strategi pemasaran
perusahaan-perusahaan tersebut. Manajer pemasaran sering bertanggung jawab
untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan pelanggan. Hal itu
berlaku tidak pada semua kasus karena peran seorang manajer pemasaran dapat
bervariasi sangat signifikan berdasarkan ukuran bisnis, budaya organisasi, dan
konteks industri. Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan produk konsumen
besar, manajer pemasaran dapat bertindak sebagai manajer umum dari keseluruhan produk
yang menjadi tugasnya.Untuk menciptakan strategi manajemen pemasaran yang
efektif dan efisien, perusahaan harus memiliki pemahaman mendetail dan objektif
mengenai bisnis mereka sendiri dan pasar tempat mereka beroperasi. Dalam
menganalisis permasalahan-permasalahan ini, bidang manajemen pemasaran sering
tumpang-tindih bidang perencanaan strategis.
Manajemen
pemasaran menggunakan berbagai alat dari ilmu ekonomi dan strategi kompetitif
untuk menganalisis konteks industri yang terkait dengan operasi perusahaan.
Termasuk di dalamnya lima kekuatan Porter, analisis kelompok kompetitor
strategis, dan analisis rantai nilai. Tergantung pada industrinya, konteks
regulasi mungkin juga penting untuk dipelajari secara rinci.
Dalam
analisis kompetitor, pemasar membentuk data profil rinci dari setiap kompetitor
di pasar, dengan fokus terutama pada kekuatan dan kelemahan kompetitif relatif
mereka menggunakan analisis SWOT. Manajer pemasaran akan mempelajari struktur
biaya, sumber keuntungan, sumber daya dan kompetensi, posisi kompetitif dan
diferensiasi produk, tingkat integrasi vertikal, riwayat respon terhadap
perkembangan industri, dan faktor lainnya dari setiap kompetitor.
Secara
definitif dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis
yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978). Elemen Penting dalam
Konsep Pemasaran:
a. Market
oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
b. Penyusunan
kegiatan pemasaran secara terpadu
c. Pencapaian
tingkat kepuasan Konsumen
Konsep
Manajemen pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen
dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.
Beberapa
istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran yakni:
a. Produk
(barang, jasa, ide)
Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan
kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan
menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik
sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus
menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya
manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
b. Nilai
Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan
mereka, apa yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati
pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk
memiliki produk tersebut.
c. Biaya
Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang
dikonsumsi.
d. Kepuasan
Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka
konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer
satisfaction): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance)
poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak
e. Pasar
Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang
berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.
Strategi
Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar dengan
strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
a. Target
Market adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani
permintaannya oleh perusahaan.
b. Bauran
Pemasaran (Marketing Mix) adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan
dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah
kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem
pemasaran perusahaan, yaitu : Produk, Struktur Harga, Kegiatan Promosi dan
Sistem Saluran Distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai
sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi
yang sangat strategis dipasar.
2. Internet
Marketing
Internet
adalah kumpulan jaringan-jaringan seluruh dunia yang saling berkumpul dan
memiliki sebuah hubungan antara satu dengan yang lain. Agar dapat membentuk
suatu hubungan antara jaringan yang satu dengan yang lain, dikenal suatu sistem
yang bernama TCP atau IP.
Indonesia
sudah sangat sensitif terhadap berbagai perkembangan teknologi dan informasi,
hal ini dikarenakan sudah sangat banyaknya pengguna internet, dimana internet
tersebut adalah sebuah sarana transportasi informasi yang dapat berasal dari
seluruh penjuru dunia. Di tahun 2017 ini pengguna internet di Indonesia akan
meningkat hingga menyentuh angka 112 juta orang dan berhasil mengalahkan
peringkat jepang yang kini berada di peringkat ke 6.
Dengan
perkembangan internet sebagai media yang menjadi transportasi berbagai
informasi, muncul berbagai strategi-strategi lain yang memanfaatkan dunia
internet, yaitu salah satunya adalah strategi internet marketing. Internet
marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan di internet, balk
promosi, pembayaran, dan penjualan dilakukan melalui media internet. Internet
marketing jauh Iebih memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia
(bahkan di seluruh dunia), hal ini dikarenakan pola kehidupan masyarakat modern
Iebih menyukai segala sesuatu yang simple, mudah, dan cepat, termasuk dalam
pemenuhan kebutuhannya. Seorang pebisnis dapat memperkuat bisnisnya di dalam
dunia internet dengan melakukan beberapa hal seperti; iklan banner, artikel, pay per click, menentukan keywords
dengan traffic yang tinggi, dan masih banyak lagi.
3. Sosial
Marketing
Social
media merupakan hasil dari perkembangan dunia internet, yang bermula dari
Website 1.0 menjadi Website 2.0 yang lebih dinamis dan dapat dieksplorasi
secara terus menerus sesuai dengan kepentingan pemilik. Social media sendiri
memiliki pengertian sebagai sebuah media yang bersifat partisipatif dimana di
dalamnya dapat dimasukkan berbagai berita, informasi, foto, video, dan musik,
berbagai hal tersebut menjadi konsumsi publik setelah pemilik akun tersebut
melakukan submission terhadap orang yang ingin membuka halamannya. Apabila isi
dari halaman social media seseorang menarik, unik, dan banyak yang menanggapi
(comment, retweet, favourite, atau likes), maka halaman orang atau perusahaan
tersebut dapat semakin dikenal dan menjadi populer.
Seiring
berkembangnya social media, mulai dikembangkan social media marketing, dimana
social marketing tersebut merupakan bagian dari internet marketing. Social
media marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan aplikasi
yang ada di dalam Website 20 untuk mempromosikan, menjual, atau memfasilitasi
untuk melakukan pembayaran. Social web digunakan secara personal, sehingga
pemasaran dilakukan secara lebih personal antara perusahaan dan masing masing
kostumernya, dan apabila telah terjadi sebuah Ikatan yang erat akan menimbulkan
onalitas pada para kostumer, dan para kostumer tersebut dapat dijadikan
supporter atau komunitas yang dapat membantu pengembangan bisnis perusahaan.
Efek
dari social media marketing yang saat
ini paling banyak terjadi adalah, timbulnya word
of mouth. Social media memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara
marketer dengan kostumer, dan terjadi pula interaksi antara kostumer dengan
kostumer. lnteraksi yang seringkali banyak mempengaruhi keputusan seseorang
untuk bertransaksi atas suatu produk di dalam dunia internet adalah interaksi
kostumer-kostumer atau yang biasa disebut CZC.
Hal ini dikarenakan, experience
seseorang ketika sedang atau setelah menggunakan sebuah produk dapat lebih
dipercaya oleh seseorang, apalagi bila pengguna produk tersebut adalah orang
terdekat.
Menurut
buku The Social Marketing Book, terdapat delapan jejaring sosial yang paling
popular di dunia saat ini, yaitu DIGG (social
bookmarking), twitter (microblog),
reddit (social bookmarking), Facebook
(social network), LinkedIn (social network), Second Life (virtual world), Youtube (media sharing), Flickr (media sharing), dan Yelp (review sites). Dengan memanfaatkan
jejaring sosial tersebut, marketer dapat memasarkan produknya Iangsung kepada
pangsa pasarnya, dan mereka dapat memperoleh insight dari para kostumer melalui
data-data yang dapat dilihat di profil kostumer setelah kostumer melakukan
konfirmasi. Para kostumer juga dapat saling bertukar informasi atau memberikan
review atas produk-produk yang telah mereka gunakan.
4. Twitter
Twitter
merupakan salah satu situs jejaring sosial yang muncul di tahun 2006-an yang
prinsipnya sama dengan situs-situs jejaring sosial lainnya, yaitu setelah
pengguna mendaftarkan dirinya dalan twitter, maka ia akan memperoleh relasi
dengan orang-orang yang ia kenal ataupun orang-orang baru. Twitter merupakan
sebuah microblogging yang memberikan
fasilitas pada para penggunanya untuk dapat melakukan update mengenai
keberadaan, kondisi, atau bisnis seseorang, dengan batas maksimum 140 karakter.
Update
status dapat dilakukan berkali kali tanpa batasan, setiap kali kita melakukan
update status maka kita telah melakukan tweet, apabila pengguna melakukan 100
kali update status, maka ia telah menulis 100 tweet. Terdapat pula berbagai
jenis tulisan di dalam twitter, seperti :
Mention
(@) : Membawa akun orang
Iain ke dalam tweet kita (@soyjoyid)
Reply : Menjawab tweet dari
akun Iain, dengan meng-gunakan mention.
Retweet : Menjawab tweet orang
lain dengan menyertakan tweet dari orang tersebut, atau retweet dilakukan hanya
untuk merespon pesan tanpa menjawab atau menambahkan tweet sebelumnya. Ketika
seseorang melakukan retweet, maka di bagian depannya akan muncul tulisan RT
Favourite
: Membuat tweet orang
lain atau diri sendlri menjadi favourite, hanya dengan menekan thumbnails
'favourite’ di bawah tweet yang telah di-update
Direct
Message : Pesan yang ditujukan
personal ke personal, dan tidak dapat diakses oleh akun lainnya, selain dua
orang yang berinteraksi melaIu DM
Hashtag
(#) : Simbol (#)
diletakkan pada sebuah subject yang ingin dibicarakan secara luas, atau ketika
seseorang ingin mengangkat topik akan suatu isu digunakanlah hashtag agar orang
lain mengetahui pembicaraan yang ingin diangkat. Semakin sedikit karakter dalam
penggunaan hashtag akan semakin baik dan mudah dlingat, misal: #soyjoyhealthylicious.
Beberapa
hal lain yang terkait dengan aplikasi di dalam jejaring sosial twitter adalah :
Handle :
Username pengguna twitter
Tweep :
Nama panggilan bagi para pengguna twitter
Timeline
: Barisan tweet yang
muncul pada home, baik dari user maupun dari orang lain
Following : Tweep yang diberikan izin
oleh user untuk dapat mengakses profil atau tweet tweet user
Follower : Tweep yang memberikan
izin pada user untuk dapat mengakses profil dan tweet tweetnya
Unfollow
: Sebuah reaksi atas
tindakan seorang user twitter oleh user twitter lainnya untuk tidak mem-perbolehkan
Iagi user tersebut muncul atau melihat tweet-tweet user Iainnya
Twitterverse : Mendeskripsikan berbagai
komunitas twitter secara universal
Bisnis
twitter ini terus berkembang hingga saat ini, seiring berjalannya waktu,
pengguna Twitter semakin meningkat. Keuntungan twitter di tahun 2008 mencapai
35 juta US Dollar Amerika, hal tersebut sangat menggambarkan perkembangan
jejaring sosial twitter yang terus melesat dari tahun ke tahunnya. Hal ini
membuat para marketer kembali membuat inovasi dalam dunia bisnis online,
merekapun memanfaatkan twitter sebagai salah satu cara pemasaran produk,dan
kegiatan ini dikenal sebagai twitter
marketing.
Para
pebisnis dapat menggunakan twitter sebagai salah satu marketing tools untuk
usahanya, baik yang berskala kecil, medium, mapun besar. Twitter dapat
memfasilitasi kegiatan PR untuk bisnis dan perusahaan, karena dengan
menggunakan twitter, kita bisa menceritakan berbagai hal mengenai deskripsi produk,
kegiatan perusahaan, atau berbagai promosi mengenai produk produk perusahaan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam twitter
marketing:
a. Follow
tweeps yang memiliki follower dalam jumlah banyak
b. Tweet/mention
user twitter yang berkategori high rank (selebriti, tokoh, dan lainnya)
c. Masuk
ke dalam pembicaraan yang terkait dengan produk perusahaan
d. Tweet
secara konsisten, setiap hari atau setiap minggu harus mencapai target tertentu
e. Tweet
hal hal yang berkaitan dengan fakta menarik di kalangan masyarakat atau user
yang menjadi target
f. Gunakan
gambar atau video
g. Masukkan
link ke dalam tweet (link website perusahaan) atau link yang terkait dengan
produk perusahaan dan menarik
h. Mengiklankan
identitas twitter diberbagai media promosi
i.
Melakukan followback ketika kostumer
following account perusahaan Mengantisipasi akun-akun yang berkemungkinan
membajak atau me-lakukan unfollow pada pihak-pihak yang berkemungkinan
melakukan stalk untuk hal-hal yang dapat menjatuhkan bisnis perusahaan.
BAB III
Metode
Penelitian
1. Jenis
Data
Sumber
data terbagi menjadi 2 yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Data Primer adalah
data yang diperoleh peneliti secara langsung (Fresh Information), sementara untuk Data Sekunder adalah data yang
diperoleh peneliti dari sumber yang sudah ada (Pihak Ketiga: Dokumentasi,
Media, dll)
2.
Sumber Data
Dalam
hal ini penulis menggunakan sumber Data Sekunder. Sumber data tersebut penulis
peroleh dari jurnal ataupun dokumen-dokumen yang terkait dengan hal ini.
3.
Analisis Data
Untuk
memperoleh data yang digunakan dalam tugas ini, penulis menggunakan metode
pengumpulan data berupa Studi Kepustakaan dengan cara mengumpulkan data dari
beberapa buku, dokumen, referensi internet dan jurnal yang mengkaji penelitian
sejenis untuk mendukung penelitian ini.
BAB IV
Pembahasan
Dalam
dunia Twitter terdapat berbagai macam jenis aktifitas tweeting. Tweeting adalah
salah satu aktifitas yang dilakukan para pengguna twitter untuk melakukan
update pada microblognya tersebut. Dalam hal ini, aktifitas tweeting dapat
dibagi tiga, yaitu update status, retweet, dan reply, ketiga hal tersebut dapat dikatakan menjadi inti dari
kegiatan yang dapat dilakukan di dunia twitter.
Update
status merupakan kegiatan tweeting yang dilakukan user twitter untuk
menyampaikan pesan, informasi, atau produk yang berkaitan dengan dirinya, baik
yang bersifat factual maupun masa lalu. Update status adalah kegiatan yang
dilakukan untuk mengabarkan keadaan akan suatu hal (original dari user).
Sama
halnya dengan apa yang dilakukan oleh @soyjoyID
dalam memasarkan produknya di twitter. Pada tabel berikut merupakan data update
status @soyjoyID berdasarkan sumber
yang ada pada tahun 2015.
Kategori
|
Jumlah
|
Persentase
|
Pemberitahuan
Produk Soyjoy
|
64
|
5,83%
|
Menyapa
para Followers
|
107
|
9,74%
|
Promosi
acara yang terkait
|
391
|
35,61%
|
Tips-tips
|
216
|
19,67%
|
Total
Update Status
|
778
|
70,85%
|
Dari
data di atas, dapat dilihat bahwa aktivitas yang paling sering dilakukan oleh Soyjoy melalui akun twitter mereka
adalah kegiatan update status atau kegiatan tweeting yang dilakukan user
twitter untuk menyampaikan pesan, informasi, atau produk yang berkaitan dengan
dirinya, baik yang bersifat faktual maupun masa lalu yaitu sebanyak 778 kali atau
sekitar 70,85 % dari total aktivitasnya. Hal ini tentunya berkaitan dengan
campaign yang mereka jalankan yaitu Healthylicious.
Healthylicious
merupakan program tantangan untuk menerapkan pola hidup sehat bagi para
pesertanya. Peserta mendapat pengarahan pola hidup sehat, dengan mengatur
makanan dan pola makan yang didampingi oleh konsultan nutrisionis. Program ini
diadakan Soyjoy untuk menambah
kesadaran untuk hidup sehat yang dinilainya masih jarang dilakukan oleh
masyarakat Indonesia Bentuk dari campaign healthylicious ini adalah berupa
online reality show dengan menggunakan situs www soyjoy.co id sebagai media komunikasinya dan memanfaatkan
social media atau Iebih tepatnya Iagi twitter untuk menciptakan buzz serta
memberikan informasi secara berkala mengenai kegiatannya.
Soyjoy
Healthy/iciaus menggelar online reality show dengan menjaring 10 finalis
generasi muda, yang memiliki resolusi untuk merubah gaya hidup mereka menjadi
sehat, mengubah pola hidup menjadi healthy life. Untuk itu, wajib hukumnya
mengikuti program dan tantangan yang diberikan, melakukan tes kesehatan dan
bersedia meng update diary Soyjoy
Healthylicious.
Sepuluh
orang finalis yang terpilih, akan mengikuti program Healthylicious selama 3
bulan. Dalam tempo 3 bulan, mereka akan meng update perkembangan komitmen
resolusi dan aktifitas gaya hidup sehat mereka sehari hari melalui situs soyjoy.co.id. Para finalis akan
mendapatkan fasilitas seperti ahli gizi, personal trainer, spa dan massage,
makeover (hair and facial), 3 bulan free gym dari Celebrity Fitness dan Wardrobe.
Selama reality show online ini berlangsung dilakukan 3 kali medical check up,
yaitu di awal penentuan 10 finalis, 5 besar dan di akhir program. Dimana hasil
medical check up ini untuk memastikan apakah para finalis benar benar
menjalankan resolusi hidup sehat mereka.Selain itu, tantangan yang diberikan
kepada para finalis guna menguji kreativitas mereka agar mendapatkan vote
sebanyak banyaknya dari para pengunjung situs SOYJOY. Dimana voter hanya bisa memilih 1 finalis dalam 24jam.
Melalui
campaign ini, soyjoy secara tersirat
mempromosikan produk produk mereka, yang mungkin tidak disadari oleh follower
mereka. Conversation yang dibentuk soyjoy
dengan para followernya juga akan mempengaruhi teman teman mereka dan menjadi word of mouth yang efektif dan ini
didukung dengan promosi promosi produk yang secara tersirat dalam tweet tweet
campaign soyjoy.
Selain
itu, soyjoy juga meng update statusnya dengan informasi berupa
tips tips yang berkaitan dengan makanan sehat. lni berguna bagi soyjoy untuk membentuk asosiasi yang
kuat bagi soyjoy sebagai makanan yang
sehat. Tips tips tersebut pada intinya mengarah pada pesan yang intinya hidup
sehat dengan makanan yang enak, yaitu soyjoy.
Campaign
ini dapat memberikan dampak yang positif bagi soyjoy. Kegiatan ini membentuk involvement
dan engaging dengan target market
mereka. Tentu saja soyjoy
mengharapkan dengan kegiatan ini dapat menimbulkan experience yang positif bagi
para target market sehingga akan mempengaruhi sikap yang pada akhirnya akan
berpengaruh pada behavior para target market soyjoy, yang artinya melakukan pembelian.
BAB V
Penutup
1. Kesimpulan
Berdasarkan
penelitian yang penulis lakukan pada even @soyjoyID
#healhtylicious pada tahun 2015, dapat diambil kesimpulan bahwa soyjoy lewat akunnya @soyjoyID paling banyak mengeluarkan
tweet mengenai promosi acara mereka, yang diberi hashtag #Soyjoyhealthylicious. Hal ini berjalan baik dengan mengkolaborasikan-nya
menjadi suatu conversation dengan followernya sehingga tercipta suasana yang
interaktif dan tidak berjalan satu arah. Dengan adanya conversation ini juga
akan menguntungkan bagi Soyjoy karena
besar kemungkinannya conversation tersebut akan menjadi word of mouth pada
tiap-tiap teman dari follower mereka. Dan bukan tidak mungkin mereka akan
tertarik untuk mengikuti campaign #Soyjoyhealthylicious.
Selain
promosi acara atau campaign, mereka juga banyak mengeluarkan tweet berupa
tipstips yang mayoritas berupa lifestyle makanan sehat. Bila dilihat dari sisi Soyjoy secara produk, tentunya ini
sejalan dengan jenis produk mereka yang dikategorikan sebagai makanan sehat.
Hal ini tentunya akan menimbulkan kesan positif terhadap soyjoy yang dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian terhadap
konsumen.
2.
Saran
Penggunaan
twitter sebagai media interaktif yang digunakan Soyjoy kami rasa sudah cukup baik. Kami hanya menyarankan kepada
pihak soyjoy atau admin dari @Soyjole
untuk lebih memperhatikan waktu waktu yang lebih tepat dalam melakukan tweet,
terutama pada waktu-waktu traffic agar hasil yang diperoleh lebih optimal.
Dan
untuk para pemuda khususnya mahasiswa UIN Mataram, hendaknya mengikuti contoh
yang telah di lakukan Soyjoy dalam
melakukan pemasaran produknya di media sosial Twitter ataupun Facebook, selain
memangkas biaya pemasaran, media sosial juga menjadi salah satu wadah untuk
memperkenalkan produk kepada khalayak netizen.
BAB VI
Daftar
Pustaka
Mayono,
Y. 2008. Teknolodi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Quadra
Harris, Jason. 2008. Internet
Marketing 100 Succes Secrets – Online Marketing’s Most Asked Question on How to
Manage Affiliates, Techniques, Advertising, Programs, Solution. Kanada :
Lulu.com.
Data Kemkoinfo Tahun 2017,
http://kemko.go//
Angipora, M.P. 1999. Dasar-Dasar
Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui
Social Media. Jakarta: PT. Alex Media
Kotler,Philip. 2004. Manajemen
Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta : Penerbit PT Pernhallinda
Thomases, Hollis. 2010. Twitter marketing: An Hour A Day.
Kanada: John Willey and Sons
Jati Waloeyo, Johan. 2010. Twitter
is Best Social Network. Yogyakarta: CV Andi Offset.