Makalah Pemasaran via Media Sosial Twitter



BAB I
Pendahuluan
1.      Latar Belakang
Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat multikultural yang memiliki beragam pola hidup dan kebutuhan. Perilaku dan kekhasan masyarakat Indonesia ini membuat terbentuknya sebuah pola konsumsi yang beragam dan cenderung tinggi, hal ini dikarenakan kategori bangsa Indonesia yang sedang berkembang, dimana negara berkembang menjadi salah satu sasaran utama para kapitalis untuk memperluas tonggak kekuasaannya, salah satunya dalam dunia marketing. Terpaan berbagai produk yang dirasa dapat meningkatkan kualitas diri di masyarakat akan langsung menjadi sasaran utama masyarakat Indonesia, hal ini di-karenakan tingkat konformitas masyarakat Indonesia sangat tinggi, mereka sangat ingin diterima oleh Iingkungan sehingga harus memiliki suatu interdepeden yang kuat.
Perkembangan teknologi menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh para pemasar. Dewasa ini, penggunaan teknologi komputer dan internet berkembang sangat pesat dan tersu mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahunnya. Menurut data dari survey yang dilakukan oleh PT. TeIkom, grafik pertumbuhan pengguna internet di Indonesia adalah menunjukan grafik eksponsional, dimana pergerakannya mencapai rata-rata 5,7 juta orang selama lima tahun terakhir. Di akhir tahun 2016 lalu, pengguna internet di Indonesia adalah sebanyak 111 juta orang. Melihat hal ini tentu para marketer semakin memperhatikan keberadaan masyarakat Indonesia dan mulai melakukan pemasaran dengan sistem viral marketing, dimana pemasar akan menggunakan berbagai aplikasi di dunia internet untuk melakukan pemasaran produknya.
Seiring berkembangnya waktu, dunia internet mulai diramaikan oleh social media, yang diawali dengan kemunculan friendster, kemudian berlanjut hingga saat ini muncul salah satu social media yang berkembang sangat pesat dan menjadi social media yang paling banyak digunakan oleh para pemasar, yaitu twitter. Di tahun ini, pengguna twitter di Indonesia telah mencapai 9,9 juta orang, dimana Indonesia menduduki posisi kelima dalam kategori pengguna twitter terbanyak. Dan di dalam makalah ini, pembahasan kami berfokus pada akun twitter @soyjoyid yang saat ini sedang sangat gencar melakukan viral marketing melalui twitter. lnteraksi @soyjoyid dengan para kostumer sangat aktif, dan setiap harinya dapat memproduksi lebih dari 35 tweet.

2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, yang menjadi pokok permasalahannya adalah:
a.       Penggunaan Twitter sebagai sarana pemasaran soyjoy di Indonesia.
b.      Bagaimana manajemen pemasaran yang dilakukan oleh soyjoy.

3.      Tujuan
Tujuan penulisan paper ini untuk menganalisa pemasaran yang dilakukan soyjoy melalui Media Sosial Twitter.

BAB II
Landasan Teori
1.      Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya.
Globalisasi telah mendorong beberapa perusahaan untuk memasarkan di luar negara asal mereka. Pemasaran internasional merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan-perusahaan tersebut. Manajer pemasaran sering bertanggung jawab untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan pelanggan. Hal itu berlaku tidak pada semua kasus karena peran seorang manajer pemasaran dapat bervariasi sangat signifikan berdasarkan ukuran bisnis, budaya organisasi, dan konteks industri. Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan produk konsumen besar, manajer pemasaran dapat bertindak sebagai manajer umum dari keseluruhan produk yang menjadi tugasnya.Untuk menciptakan strategi manajemen pemasaran yang efektif dan efisien, perusahaan harus memiliki pemahaman mendetail dan objektif mengenai bisnis mereka sendiri dan pasar tempat mereka beroperasi. Dalam menganalisis permasalahan-permasalahan ini, bidang manajemen pemasaran sering tumpang-tindih bidang perencanaan strategis.
Manajemen pemasaran menggunakan berbagai alat dari ilmu ekonomi dan strategi kompetitif untuk menganalisis konteks industri yang terkait dengan operasi perusahaan. Termasuk di dalamnya lima kekuatan Porter, analisis kelompok kompetitor strategis, dan analisis rantai nilai. Tergantung pada industrinya, konteks regulasi mungkin juga penting untuk dipelajari secara rinci.
Dalam analisis kompetitor, pemasar membentuk data profil rinci dari setiap kompetitor di pasar, dengan fokus terutama pada kekuatan dan kelemahan kompetitif relatif mereka menggunakan analisis SWOT. Manajer pemasaran akan mempelajari struktur biaya, sumber keuntungan, sumber daya dan kompetensi, posisi kompetitif dan diferensiasi produk, tingkat integrasi vertikal, riwayat respon terhadap perkembangan industri, dan faktor lainnya dari setiap kompetitor.
Secara definitif dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978). Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
a.       Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
b.      Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
c.       Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen
Konsep Manajemen pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran yakni:
a.       Produk (barang, jasa, ide)
Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
b.      Nilai
Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.
c.       Biaya
Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi.
d.      Kepuasan
Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak
e.       Pasar
Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.

Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
a.       Target Market adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
b.      Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : Produk, Struktur Harga, Kegiatan Promosi dan Sistem Saluran Distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang sangat strategis dipasar.

2.      Internet Marketing
Internet adalah kumpulan jaringan-jaringan seluruh dunia yang saling berkumpul dan memiliki sebuah hubungan antara satu dengan yang lain. Agar dapat membentuk suatu hubungan antara jaringan yang satu dengan yang lain, dikenal suatu sistem yang bernama TCP atau IP.
Indonesia sudah sangat sensitif terhadap berbagai perkembangan teknologi dan informasi, hal ini dikarenakan sudah sangat banyaknya pengguna internet, dimana internet tersebut adalah sebuah sarana transportasi informasi yang dapat berasal dari seluruh penjuru dunia. Di tahun 2017 ini pengguna internet di Indonesia akan meningkat hingga menyentuh angka 112 juta orang dan berhasil mengalahkan peringkat jepang yang kini berada di peringkat ke 6.
Dengan perkembangan internet sebagai media yang menjadi transportasi berbagai informasi, muncul berbagai strategi-strategi lain yang memanfaatkan dunia internet, yaitu salah satunya adalah strategi internet marketing. Internet marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan di internet, balk promosi, pembayaran, dan penjualan dilakukan melalui media internet. Internet marketing jauh Iebih memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia (bahkan di seluruh dunia), hal ini dikarenakan pola kehidupan masyarakat modern Iebih menyukai segala sesuatu yang simple, mudah, dan cepat, termasuk dalam pemenuhan kebutuhannya. Seorang pebisnis dapat memperkuat bisnisnya di dalam dunia internet dengan melakukan beberapa hal seperti; iklan banner, artikel, pay per click, menentukan keywords dengan traffic yang tinggi, dan masih banyak lagi.

3.      Sosial Marketing
Social media merupakan hasil dari perkembangan dunia internet, yang bermula dari Website 1.0 menjadi Website 2.0 yang lebih dinamis dan dapat dieksplorasi secara terus menerus sesuai dengan kepentingan pemilik. Social media sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah media yang bersifat partisipatif dimana di dalamnya dapat dimasukkan berbagai berita, informasi, foto, video, dan musik, berbagai hal tersebut menjadi konsumsi publik setelah pemilik akun tersebut melakukan submission terhadap orang yang ingin membuka halamannya. Apabila isi dari halaman social media seseorang menarik, unik, dan banyak yang menanggapi (comment, retweet, favourite, atau likes), maka halaman orang atau perusahaan tersebut dapat semakin dikenal dan menjadi populer.
Seiring berkembangnya social media, mulai dikembangkan social media marketing, dimana social marketing tersebut merupakan bagian dari internet marketing. Social media marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan aplikasi yang ada di dalam Website 20 untuk mempromosikan, menjual, atau memfasilitasi untuk melakukan pembayaran. Social web digunakan secara personal, sehingga pemasaran dilakukan secara lebih personal antara perusahaan dan masing masing kostumernya, dan apabila telah terjadi sebuah Ikatan yang erat akan menimbulkan onalitas pada para kostumer, dan para kostumer tersebut dapat dijadikan supporter atau komunitas yang dapat membantu pengembangan bisnis perusahaan.
Efek dari social media marketing yang saat ini paling banyak terjadi adalah, timbulnya word of mouth. Social media memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara marketer dengan kostumer, dan terjadi pula interaksi antara kostumer dengan kostumer. lnteraksi yang seringkali banyak mempengaruhi keputusan seseorang untuk bertransaksi atas suatu produk di dalam dunia internet adalah interaksi kostumer-kostumer atau yang biasa disebut CZC. Hal ini dikarenakan, experience seseorang ketika sedang atau setelah menggunakan sebuah produk dapat lebih dipercaya oleh seseorang, apalagi bila pengguna produk tersebut adalah orang terdekat.
Menurut buku The Social Marketing Book, terdapat delapan jejaring sosial yang paling popular di dunia saat ini, yaitu DIGG (social bookmarking), twitter (microblog), reddit (social bookmarking), Facebook (social network), LinkedIn (social network), Second Life (virtual world), Youtube (media sharing), Flickr (media sharing), dan Yelp (review sites). Dengan memanfaatkan jejaring sosial tersebut, marketer dapat memasarkan produknya Iangsung kepada pangsa pasarnya, dan mereka dapat memperoleh insight dari para kostumer melalui data-data yang dapat dilihat di profil kostumer setelah kostumer melakukan konfirmasi. Para kostumer juga dapat saling bertukar informasi atau memberikan review atas produk-produk yang telah mereka gunakan.


4.      Twitter
Twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial yang muncul di tahun 2006-an yang prinsipnya sama dengan situs-situs jejaring sosial lainnya, yaitu setelah pengguna mendaftarkan dirinya dalan twitter, maka ia akan memperoleh relasi dengan orang-orang yang ia kenal ataupun orang-orang baru. Twitter merupakan sebuah microblogging yang memberikan fasilitas pada para penggunanya untuk dapat melakukan update mengenai keberadaan, kondisi, atau bisnis seseorang, dengan batas maksimum 140 karakter.

Update status dapat dilakukan berkali kali tanpa batasan, setiap kali kita melakukan update status maka kita telah melakukan tweet, apabila pengguna melakukan 100 kali update status, maka ia telah menulis 100 tweet. Terdapat pula berbagai jenis tulisan di dalam twitter, seperti :
Mention (@)               : Membawa akun orang Iain ke dalam tweet kita (@soyjoyid)
Reply                           : Menjawab tweet dari akun Iain, dengan meng-gunakan mention.
Retweet                       : Menjawab tweet orang lain dengan menyertakan tweet dari orang tersebut, atau retweet dilakukan hanya untuk merespon pesan tanpa menjawab atau menambahkan tweet sebelumnya. Ketika seseorang melakukan retweet, maka di bagian depannya akan muncul tulisan RT
Favourite                     : Membuat tweet orang lain atau diri sendlri menjadi favourite, hanya dengan menekan thumbnails 'favourite’ di bawah tweet yang telah di-update
Direct Message           : Pesan yang ditujukan personal ke personal, dan tidak dapat diakses oleh akun lainnya, selain dua orang yang berinteraksi melaIu DM
Hashtag (#)                 : Simbol (#) diletakkan pada sebuah subject yang ingin dibicarakan secara luas, atau ketika seseorang ingin mengangkat topik akan suatu isu digunakanlah hashtag agar orang lain mengetahui pembicaraan yang ingin diangkat. Semakin sedikit karakter dalam penggunaan hashtag akan semakin baik dan mudah dlingat, misal: #soyjoyhealthylicious.

Beberapa hal lain yang terkait dengan aplikasi di dalam jejaring sosial twitter adalah :
Handle                                    : Username pengguna twitter
Tweep                                     : Nama panggilan bagi para pengguna twitter
Timeline                      : Barisan tweet yang muncul pada home, baik dari user maupun dari orang lain
Following                    : Tweep yang diberikan izin oleh user untuk dapat mengakses profil atau tweet tweet user
Follower                      : Tweep yang memberikan izin pada user untuk dapat mengakses profil dan tweet tweetnya
Unfollow                     : Sebuah reaksi atas tindakan seorang user twitter oleh user twitter lainnya untuk tidak mem-perbolehkan Iagi user tersebut muncul atau melihat tweet-tweet user Iainnya
Twitterverse                : Mendeskripsikan berbagai komunitas twitter secara universal

Bisnis twitter ini terus berkembang hingga saat ini, seiring berjalannya waktu, pengguna Twitter semakin meningkat. Keuntungan twitter di tahun 2008 mencapai 35 juta US Dollar Amerika, hal tersebut sangat menggambarkan perkembangan jejaring sosial twitter yang terus melesat dari tahun ke tahunnya. Hal ini membuat para marketer kembali membuat inovasi dalam dunia bisnis online, merekapun memanfaatkan twitter sebagai salah satu cara pemasaran produk,dan kegiatan ini dikenal sebagai twitter marketing.

Para pebisnis dapat menggunakan twitter sebagai salah satu marketing tools untuk usahanya, baik yang berskala kecil, medium, mapun besar. Twitter dapat memfasilitasi kegiatan PR untuk bisnis dan perusahaan, karena dengan menggunakan twitter, kita bisa menceritakan berbagai hal mengenai deskripsi produk, kegiatan perusahaan, atau berbagai promosi mengenai produk produk perusahaan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam twitter marketing:
a.       Follow tweeps yang memiliki follower dalam jumlah banyak
b.      Tweet/mention user twitter yang berkategori high rank (selebriti, tokoh, dan lainnya)
c.       Masuk ke dalam pembicaraan yang terkait dengan produk perusahaan
d.      Tweet secara konsisten, setiap hari atau setiap minggu harus mencapai target tertentu
e.       Tweet hal hal yang berkaitan dengan fakta menarik di kalangan masyarakat atau user yang menjadi target
f.       Gunakan gambar atau video
g.      Masukkan link ke dalam tweet (link website perusahaan) atau link yang terkait dengan produk perusahaan dan menarik
h.      Mengiklankan identitas twitter diberbagai media promosi
i.        Melakukan followback ketika kostumer following account perusahaan Mengantisipasi akun-akun yang berkemungkinan membajak atau me-lakukan unfollow pada pihak-pihak yang berkemungkinan melakukan stalk untuk hal-hal yang dapat menjatuhkan bisnis perusahaan.
 
BAB III
Metode Penelitian
1.      Jenis Data
Sumber data terbagi menjadi 2 yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Data Primer adalah data yang diperoleh peneliti secara langsung (Fresh Information), sementara untuk Data Sekunder adalah data yang diperoleh peneliti dari sumber yang sudah ada (Pihak Ketiga: Dokumentasi, Media, dll)

2.      Sumber Data
Dalam hal ini penulis menggunakan sumber Data Sekunder. Sumber data tersebut penulis peroleh dari jurnal ataupun dokumen-dokumen yang terkait dengan hal ini.

3.      Analisis Data
Untuk memperoleh data yang digunakan dalam tugas ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa Studi Kepustakaan dengan cara mengumpulkan data dari beberapa buku, dokumen, referensi internet dan jurnal yang mengkaji penelitian sejenis untuk mendukung penelitian ini.

BAB IV
Pembahasan
Dalam dunia Twitter terdapat berbagai macam jenis aktifitas tweeting. Tweeting adalah salah satu aktifitas yang dilakukan para pengguna twitter untuk melakukan update pada microblognya tersebut. Dalam hal ini, aktifitas tweeting dapat dibagi tiga, yaitu update status, retweet, dan reply, ketiga hal tersebut dapat dikatakan menjadi inti dari kegiatan yang dapat dilakukan di dunia twitter.
Update status merupakan kegiatan tweeting yang dilakukan user twitter untuk menyampaikan pesan, informasi, atau produk yang berkaitan dengan dirinya, baik yang bersifat factual maupun masa lalu. Update status adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengabarkan keadaan akan suatu hal (original dari user).
Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh @soyjoyID dalam memasarkan produknya di twitter. Pada tabel berikut merupakan data update status @soyjoyID berdasarkan sumber yang ada pada tahun 2015.
Kategori
Jumlah
Persentase
Pemberitahuan Produk Soyjoy
64
5,83%
Menyapa para Followers
107
9,74%
Promosi acara yang terkait
391
35,61%
Tips-tips
216
19,67%
Total Update Status
778
70,85%

Dari data di atas, dapat dilihat bahwa aktivitas yang paling sering dilakukan oleh Soyjoy melalui akun twitter mereka adalah kegiatan update status atau kegiatan tweeting yang dilakukan user twitter untuk menyampaikan pesan, informasi, atau produk yang berkaitan dengan dirinya, baik yang bersifat faktual maupun masa lalu yaitu sebanyak 778 kali atau sekitar 70,85 % dari total aktivitasnya. Hal ini tentunya berkaitan dengan campaign yang mereka jalankan yaitu Healthylicious.
Healthylicious merupakan program tantangan untuk menerapkan pola hidup sehat bagi para pesertanya. Peserta mendapat pengarahan pola hidup sehat, dengan mengatur makanan dan pola makan yang didampingi oleh konsultan nutrisionis. Program ini diadakan Soyjoy untuk menambah kesadaran untuk hidup sehat yang dinilainya masih jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia Bentuk dari campaign healthylicious ini adalah berupa online reality show dengan menggunakan situs www soyjoy.co id sebagai media komunikasinya dan memanfaatkan social media atau Iebih tepatnya Iagi twitter untuk menciptakan buzz serta memberikan informasi secara berkala mengenai kegiatannya.
Soyjoy Healthy/iciaus menggelar online reality show dengan menjaring 10 finalis generasi muda, yang memiliki resolusi untuk merubah gaya hidup mereka menjadi sehat, mengubah pola hidup menjadi healthy life. Untuk itu, wajib hukumnya mengikuti program dan tantangan yang diberikan, melakukan tes kesehatan dan bersedia meng update diary Soyjoy Healthylicious.
Sepuluh orang finalis yang terpilih, akan mengikuti program Healthylicious selama 3 bulan. Dalam tempo 3 bulan, mereka akan meng update perkembangan komitmen resolusi dan aktifitas gaya hidup sehat mereka sehari hari melalui situs soyjoy.co.id. Para finalis akan mendapatkan fasilitas seperti ahli gizi, personal trainer, spa dan massage, makeover (hair and facial), 3 bulan free gym dari Celebrity Fitness dan Wardrobe. Selama reality show online ini berlangsung dilakukan 3 kali medical check up, yaitu di awal penentuan 10 finalis, 5 besar dan di akhir program. Dimana hasil medical check up ini untuk memastikan apakah para finalis benar benar menjalankan resolusi hidup sehat mereka.Selain itu, tantangan yang diberikan kepada para finalis guna menguji kreativitas mereka agar mendapatkan vote sebanyak banyaknya dari para pengunjung situs SOYJOY. Dimana voter hanya bisa memilih 1 finalis dalam 24jam.
Melalui campaign ini, soyjoy secara tersirat mempromosikan produk produk mereka, yang mungkin tidak disadari oleh follower mereka. Conversation yang dibentuk soyjoy dengan para followernya juga akan mempengaruhi teman teman mereka dan menjadi word of mouth yang efektif dan ini didukung dengan promosi promosi produk yang secara tersirat dalam tweet tweet campaign soyjoy.
Selain itu, soyjoy juga meng update statusnya dengan informasi berupa tips tips yang berkaitan dengan makanan sehat. lni berguna bagi soyjoy untuk membentuk asosiasi yang kuat bagi soyjoy sebagai makanan yang sehat. Tips tips tersebut pada intinya mengarah pada pesan yang intinya hidup sehat dengan makanan yang enak, yaitu soyjoy.
Campaign ini dapat memberikan dampak yang positif bagi soyjoy. Kegiatan ini membentuk involvement dan engaging dengan target market mereka. Tentu saja soyjoy mengharapkan dengan kegiatan ini dapat menimbulkan experience yang positif bagi para target market sehingga akan mempengaruhi sikap yang pada akhirnya akan berpengaruh pada behavior para target market soyjoy, yang artinya melakukan pembelian.

BAB V
Penutup
1.      Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan pada even @soyjoyID #healhtylicious pada tahun 2015, dapat diambil kesimpulan bahwa soyjoy lewat akunnya @soyjoyID paling banyak mengeluarkan tweet mengenai promosi acara mereka, yang diberi hashtag #Soyjoyhealthylicious. Hal ini berjalan baik dengan mengkolaborasikan-nya menjadi suatu conversation dengan followernya sehingga tercipta suasana yang interaktif dan tidak berjalan satu arah. Dengan adanya conversation ini juga akan menguntungkan bagi Soyjoy karena besar kemungkinannya conversation tersebut akan menjadi word of mouth pada tiap-tiap teman dari follower mereka. Dan bukan tidak mungkin mereka akan tertarik untuk mengikuti campaign #Soyjoyhealthylicious.
Selain promosi acara atau campaign, mereka juga banyak mengeluarkan tweet berupa tipstips yang mayoritas berupa lifestyle makanan sehat. Bila dilihat dari sisi Soyjoy secara produk, tentunya ini sejalan dengan jenis produk mereka yang dikategorikan sebagai makanan sehat. Hal ini tentunya akan menimbulkan kesan positif terhadap soyjoy yang dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian terhadap konsumen.

2.      Saran
Penggunaan twitter sebagai media interaktif yang digunakan Soyjoy kami rasa sudah cukup baik. Kami hanya menyarankan kepada pihak soyjoy atau admin dari @Soyjole untuk lebih memperhatikan waktu waktu yang lebih tepat dalam melakukan tweet, terutama pada waktu-waktu traffic agar hasil yang diperoleh lebih optimal.
Dan untuk para pemuda khususnya mahasiswa UIN Mataram, hendaknya mengikuti contoh yang telah di lakukan Soyjoy dalam melakukan pemasaran produknya di media sosial Twitter ataupun Facebook, selain memangkas biaya pemasaran, media sosial juga menjadi salah satu wadah untuk memperkenalkan produk kepada khalayak netizen.

 
BAB VI
Daftar Pustaka
Mayono, Y. 2008. Teknolodi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Quadra
Harris, Jason. 2008. Internet Marketing 100 Succes Secrets – Online Marketing’s Most Asked Question on How to Manage Affiliates, Techniques, Advertising, Programs, Solution. Kanada : Lulu.com.
Data Kemkoinfo Tahun 2017, http://kemko.go//
Angipora, M.P. 1999. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT. Alex Media
Kotler,Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta : Penerbit PT Pernhallinda
Thomases, Hollis. 2010. Twitter marketing: An Hour A Day. Kanada: John Willey and Sons
Jati Waloeyo, Johan. 2010. Twitter is Best Social Network. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Related Posts

There is no other posts in this category.