KISI – KISI PPKn BERBASIS AKM (ASSESMENT KOMPETENSI MINIMUM)

 KISI – KISI PPKn BERBASIS AKM (ASSESMENT KOMPETENSI MINIMUM)

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

JENJANG PENDIDIKAN           : SMA                                                  

ALOKASI WAKTU        :  120   MENIT

MATA PELAJARAN                 : PPKn                                                                                                             JUMLAH SOAL            :  50  SOAL

PROGRAM / PEMINATAN      : MIPA IIS 

PENYUSUN                  :  AGUS SULISTIYONO, S.Pd

KURIKULUM                            : 2013                                                                                                  

 

NO

KOMPETENSI DASAR

(Permendikbud No. 37/2018)

RUANG LINGKUP MATERI

MATERI & MATERI ESENSIAL

KELAS/ SMT

KONTEN & KONTEKS

TEKS/ BACAAN

LEVEL KOGNITIF/ LITERASI

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

(IPK)

INDIKATOR BUTIR SOAL

(IBS)

BENTUK

SOAL

NO

SOAL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

 

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4.1Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan
Negara Negara

Nilai – nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Repulik Indonesia

 

 

X / 1

Teks

Informatif Personal

 

Pembagian kekuasaan

 

C5

 

 

Menganalisis sistem pembagian
kekuasaan negara Republik
Indonesia

Disajikan teks tentang pembagian kekuasaan, peserta didik dapat menganalisis tentang pembagian kekuasaan di Indonesia

PG

(PG-1)

 

1

 

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4.1Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan
Negara Negara

Nilai – nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non -Kementerian

 

 

X / 1

Teks

Informatif

Sosio – budaya

 

Lembaga non-Kementrian Negara Republik Indonesia

 

C2

 

 

Mengidentifkasi kedudukan
dan fungsi kementerian negara
Republik Indonesia dan lembaga
pemerintahan non departemen.

Disajikan teks tentang Kementrian Negara Republik Indonesia, peserta didik dapat memahami fungsi Lembaga Non Kementerian Negara Republik Indonesia

PG

(PG-1)

 

2

 

 

3.2 Menelaah ketentuan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan

4.2. Menyaji hasil telaah tentang
ketentuan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945 yang mengatur wilayah
negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan,
serta pertahanan dan keamanan

 

Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kedudukan Warga Negara dan Penduduk Indonesia

 

 

X / 1

Teks

Informatif

Personal

Perbedaan  warga negara dan bukan warga negara

 

C2

 

 

 

Membedakan kedudukan warga negara
dan penduduk Indonesia .

Disajikan teks tentang warga negara, peserta didik dapat membedakan antara bukan warga negara dan bukan penduduk negara Indonesia

PG

(PG-1)

3

 

3.2 Menelaah ketentuan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan

4.2. Menyaji hasil telaah tentang
ketentuan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945 yang mengatur wilayah
negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan,
serta pertahanan dan keamanan

 

Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kedudukan Warga Negara dan Penduduk Indonesia

 

 

X / 1

Teks

Informatif

Personal

 

Yang menjadi Warga negara Indonesia

 

C2

 

 

Membedakan kedudukan warga negara
dan penduduk Indonesia

 

Disajikan teks tentang yang menjadi warga negara Indonesia, peserta didik dapat memahami asas kewarganegaraan yang diterapkan di Indonesia

PG

(PG-1)

 

 

4

 

3.2 Menelaah ketentuan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan

4.2. Menyaji hasil telaah tentang
ketentuan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun
1945 yang mengatur wilayah
negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan,
serta pertahanan dan keamanan

 

Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia

 

 

X/1

Teks

Informatif

Sosio Budaya

 

UUD NRI Tahun 1945

 

C4

 

 

Mengidentifikasi sistem pertahanan dan keamanan Republik Indonesia

 

Disajikan teks tentang sistem pertahanan dan keamanan Negara Republik Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan asas-asas sishankamrata.

 

PG

(PG-1)

 

5

 

 

3.3 Menganalisis fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga
Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
sehari-hari

4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis
tentang fungsi dan kewenangan
lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945

Kewenangan Lembaga – lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Suprastruktur dan Infrastruktur Politik

 

 

 

X/1

Teks

Informatif

Sosio Budaya

Infrastriktur politik.

 

C4

 

 

Mengidentifkasi sistem infrastruktur Indonesia

 

Disajikan teks tentang sifat-sifat infrastruktur politik, peserta didik mampu menganalisis contoh infrastruktur politik di Indonesia

PG

(PG-1)

 

6

 

 

3.6 Menganalisis ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya
di bidang ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.6 Menyaji hasil analisis tentang
ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya di bidang
Ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan

Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Ancaman di Bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM

 

X / 2

Teks Informatif

Personal

Pasar Global

 

C4

 

Mengidentifkasi contoh ancaman integrasi nasional di Bidang
ekonomi

 

Disajikan teks tentang ancaman integrasi nasional, peserta didik mampu mengidentifikasi macam-macamancaman dalam bidang ekonomi

 

PG

(PG L1)

7

 

3.6 Menganalisis ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya
di bidang ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.6 Menyaji hasil analisis tentang
ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya di bidang
Ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan

Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Berbagai Ancaman dalam Membangun Integrasi Nasional

 

X / 2

Teks

Informatif

Sosio budaya

 

Lingkungan masyarakat

 

C3

 

 

Menunjukkan peran serta masyarakat
dalam mengatasi berbagai ancaman
dalam membangun integritas nasional

 

Disajikan teks tentang ancaman integrasi nasional, peserta didik mampu menunjukkan cara mengatasi ancaman integrasi nasional saat kegiatan gotong royong

 

PG

(PG L1)

8

 

3.6 Menganalisis ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya
di bidang ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.6 Menyaji hasil analisis tentang
ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya di bidang
Ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan

Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Berbagai Ancaman dalam Membangun Integrasi Nasional

 

X / 2

Teks

Informatif

Sosio budaya

 

Lingkungan masyarakat

 

C3

 

 

Menunjukkan peran serta masyarakat
dalam mengatasi berbagai ancaman
dalam membangun integritas nasional

 

Disajikan teks tentang ancaman integrasi nasional, peserta didik mampu menunjukkan cara mengatasi ancaman integrasi nasional saat kegiatan rapat desa

 

PG

(PG L1)

9

 

3.3 Menganalisis fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga
Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
sehari-hari

4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis
tentang fungsi dan kewenangan
lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945

Kewenangan Lembaga – lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Lembaga – lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI Tahun 1945

 

 

X / 1

Teks

Informatif

Personal

 

Tata Negara

 

C4

 

 

Mengidentifkasi Lembaga-Lembaga Negara
RI menurut UUD NRI Tahun 1945

 

Disajikan teks tentang suatu kasus, peserta didik dapat menganalisis yang temasuk kasus yang ditangani Mahkamah Konstitusi

PG

(BS-1)

10

 

3.3 Menganalisis fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga
Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
sehari-hari

4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis
tentang fungsi dan kewenangan
lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945

Kewenangan Lembaga – lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Lembaga – lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI Tahun 1945

 

 

X / 1

Teks

Informatif

Personal

 

Tata Negara

 

C4

 

 

Mengidentifkasi Lembaga-Lembaga Negara
RI menurut UUD NRI Tahun 1945

 

Disajikan teks tentang suatu kasus, peserta didik dapat menganalisis yang temasuk kasus yang ditangani Komisi Yudisial

PG

(BS-1)

11

 

3.3 Menganalisis fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga
Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
sehari-hari

4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis
tentang fungsi dan kewenangan
lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945

Kewenangan Lembaga – lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Lembaga – lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI Tahun 1945

 

X / 1

Teks

Informatif

Personal

 

Tata Negara

 

C4

 

Mengidentifkasi Lembaga-Lembaga Negara
RI menurut UUD NRI Tahun 1945

 

Disajikan teks tentang suatu kasus, peserta didik dapat menganalisis yang temasuk kasus yang ditangani Presiden

PG

(BS-1)

12

 

3.5 Mengidentifikasi faktor
pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika

4.5Mendemonstrasikan faktor-faktor
pembentuk integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Kebhinnekaan Bangsa Indonesia

 

X / 2

Teks

Informatif

Sosio Budaya

 

Bhinneka Tunggal Ika

 

C4

 

Mengidentifkasi faktor pembentuk integrasi nasional

Disajikan teks tentang Bhinneka Tunggal Ika, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor pembentuk integrasi nasional

PG

(BS-L1)

13

 

3.5 Mengidentifikasi faktor
pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika

4.5Mendemonstrasikan faktor-faktor
pembentuk integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Peran Serta Warga Negara dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan
Bangsa

 

X / 2

Teks

Informatif

Sosio Budaya

 

Pendidikan profesi

C4

 

Menganalisis bentuk-bentuk usaha bela negara

Disajikan teks tentang bela negara, peserta didik mampu menganalisis bentuk-bentuk usaha bela negara.

PG

(BS-L1)

14

 

3.7 Menginterpretasi pentingnya
Wawasan Nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia

4.7 Mempresentasikan hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

 

X / 2

Teks

Informatif

Sosio budaya

Trigatra

C4

 

Mengidentifkasi aspek trigatra dan
pancagatra dalam wawasan Nusantara

Disajikan teks tentang aspek-aspek wawasan nisantara peserta didik mampu mengidentifikasi aspek trigatra

 

PG

(BS-L1)

15

 

3.1Menganalisis pelanggaran hak asasi
manusia dalam perspektif pancasila
dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran
hak asasi manusia dalam perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara

Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila

Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

 

 

XI / 1

 

 

Teks

Informatif

Personal

 

Makna kewajiban asasi manusia

 

C3

 

 

Menjelaskan makna kewajiban asasi manusia

 

Disajikan teks tentang kewajiban asasi manusia, peserta didik mampu menjelaskan makna kewajiban asasi manusia

 

PG

(PG-1)

 

16

 

3.1Menganalisis pelanggaran hak asasi
manusia dalam perspektif pancasila
dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran
hak asasi manusia dalam perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara

Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila

Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia

 

XI / 1

Teks informatif

personal

 

Kasus pelanggaran hak asasi manusia

 

C4

 

Menganalisis kasus pelanggaran hak asasi manusia

 

 

Disajikan teks tentang pelanggaran hak asasi manusia, peserta didik mampu menganalisis penyebab kasus pelanggaran hak asasi manusia

 

PG

(PG-1)

 

17

 

3.2 Mengkaji sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945

4.2 Menyajikan hasil kajian tentang
sistem dan dinamika demokrasi
Pancasila sesuai dengan Undang
-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila

Hakikat Demokrasi

 

XI / 1

Teks informatif

Sosio budaya

 

Klasifikasi demokrasi

 

C4

 

Menguraikan klasifikasi demokrasi

 

Disajikan teks tentang demokrasi, peserta didik mampu mengelompokkan klasifikasi demokrasi berdasarkan titik berat perhatiannya

 

PG

(PG-1)

18

 

3.2 Mengkaji sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945

4.2 Menyajikan hasil kajian tentang
sistem dan dinamika demokrasi
Pancasila sesuai dengan Undang
-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila

Hakikat Demokrasi

 

 

XI / 1

Teks informatif

Sosio budaya

 

Klasifikasi demokrasi

 

C4

 

 

Menguraikan klasifikasi demokrasi

 

Disajikan teks tentang demokrasi, peserta didik mampu mengelompokkan klasifikasi demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat

 

PG

(PG-1)

19

 

3.2 Mengkaji sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945

4.2 Menyajikan hasil kajian tentang
sistem dan dinamika demokrasi
Pancasila sesuai dengan Undang
-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila

Dinamika Penerapan Demokrasi Pancasila

 

 

XI / 1

Teks informatif

personal

Penerapan demokrasi Pancasila dari masa ke masa

C3

 

Menjelaskan periodisasi perkembangan demokrasi di Indonesia

Disajikan teks tentang demokrasi pancasila, peserta didik mampu menjelaskan demokrasi di Indonesia pada periode 1959 - 1965

PG

(PG-1)

20

 

3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.4   Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Dinamika peran
Indonesia dalam
perdamaian dunia
sesuai Undang-Undang
Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945

 

XI / 2

Teks informatif

sosio budaya

Hubungan Internasional dan HAM

C4

Menganalisis peran
Indonesia dalam
organisasi internasional

 

Disajikan teks tentang organisasi internasional peserta didik mampu menganalisis peran
Indonesia dalam
organisasi internasional

 

PG

(PG L1)

21

 

3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5 Merancang dan melakukan
penelitian sederhana tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan
strategi mengatasinya dalam bingkai
BhinnekaTunggal Ika

 

Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Strategi Mengatasi Berbagai Ancaman terhadap Ipoleksosbud hankam

 

XI / 2

Teks informatif

Sosio budaya

bidang politik

 

C4

 

Menganalisis strategi mengatasi ancaman di bidang sosial budaya

Disajikan teks tentang integrasi di bidang politik, peserta didik mampu menganalisis strategi mengatasi ancaman di bidang politik

 

PG

(PG L1)

22

 

3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5 Merancang dan melakukan
penelitian sederhana tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan
strategi mengatasinya dalam bingkai
BhinnekaTunggal Ika

 

Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Strategi Mengatasi Berbagai Ancaman terhadap Ipoleksosbud hankam

 

XI / 2

Teks informatif

Sosio budaya

bidang sosial budaya

 

C4

Menganalisis strategi mengatasi ancaman di bidang sosial budaya

Disajikan teks tentang integrasi di bidang politik, peserta didik mampu menganalisis strategi mengatasi ancaman di bidang sosial budaya

 

PG

(PG L1)

23

 

3.6 Mengidentifikasikan factor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia

4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang
faktor pedorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia

Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa

XI / 2

Teks informatif

Sosio budaya

 

Kesatuan  bangsa

 

C3

 

Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan bangsa

 

Disajikan teks tentang persatuan dan kesatuan bangsa, peserta didik mampu menjelaskan makna kesatuan bangsa

 

PG

(PG L1)

24

 

3.6 Mengidentifikasikan factor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia

4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang
faktor pedorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia

Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Faktor pendorong dan penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

 

 

XI / 2

Teks informatif

Sosio budaya

 

westernisasi

 

C4

 

Menguraikan faktor  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

 

Disajikan teks tentang budaya luar negeri, peserta didik mampu menguraikan faktor penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

 

PG

(PG L1)

25

 

3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Dinamika kasus-kasus
pelanggaran HAM beserta
penanganannya secara adil

 

Kasus-kasus
pelanggaran hak asasi
manusia dalam
prespektif Pancasila
untuk mewujudkan
harmoni hak dan
kewajiban asasi
manusia dalam
kehidupan berbangsa
dan bernegara

-    

XI / 1

Informatif

personal

kasus – kasus pelanggaran hak asasi manusia

C2

Memberi contoh nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila

Disajikan teks tentang macam – macam pelanggaran kasus, peserta didik mampu memberikan contoh pelaksanaan hak asasi manusia dengan nilai – nilai Pancasila

PG

(BS1)

26

 

3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Dinamika kasus-kasus
pelanggaran HAM beserta
penanganannya secara adil

 

Kasus-kasus
pelanggaran hak asasi
manusia dalam
prespektif Pancasila
untuk mewujudkan
harmoni hak dan
kewajiban asasi
manusia dalam
kehidupan berbangsa
dan bernegara

-    

XI / 1

Informatif

personal

kasus – kasus pelanggaran hak asasi manusia

C4

Mengidentifikasi upaya
pencegahan
pelanggaran hak asasi
manusia

 

Disajikan teks tentang macam – macam pelanggaran kasus, peserta didik mampu mengidentifikasi upaya pencegahan pelanggaran hak asasi manusia

PG

(BS1)

27

 

3.4Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis
tentang peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945

Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui Hubungan Internasional

 

XI / 2

Teks

Informatif sosio budaya

 

Perserikatan Bangsa-bangsa

 

C4

 

Menganalisis peran Indonesia di PBB

 

Disajikan teks tentang hubungan internasional, peserta didik mampu menganalisis peran Indonesia di PBB

PG

(BS1)

28

 

3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika

Mewaspadai Ancaman terhadap NKRI

Menelaah ancaman terhadap integrasi nasional

XI  / 2

Teks informatif

sosio budaya

Beragam jenis kebudayaan di Indonesia

C3

Menjelaskan faktor penyebab kebhinnekaan bangsa Indonesia

Disajikan teks tentang keberagaman kebudayaan di Indonesia, peserta didik mampu menjelaskan faktor penyebab kebhinnekaan bangsa Indonesia

PG

(BS1)

29

 

3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika

Mewaspadai Ancaman terhadap NKRI

Menelaah ancaman terhadap integrasi nasional

XI  / 2

Teks informatif

sosio budaya

Beragam jenis kebudayaan di Indonesia

C4

Menganalisis ancaman integrasi nasional

Disajikan teks tentang keberagaman kebudayaan di Indonesia, peserta didik mampu menganalisis ancaman integrasi nasional di bidang sosial budaya

PG

(BS1)

30

 

3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.3 Menyaji hasil penalaran tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Sistem hukum dan
peradilan di Indonesia
sesuai dengan Undang
Undang Dasar Negara
Republik Indonesia
Tahun 1945

 

Macam – macam penggolongan hukum

XI / 1

Teks informatif

sosio budaya

Peradilan di Indonesia

C2

Menentukan macam – macam penggolongan hukum

Disajikan teks tentang peradilan di Indonesia, peserta didik mampu menentukan macam – macam penggolongan hukum

PG

(BS-L1)

31

 

3.4Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis
tentang peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945

Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui Organisasi Internasional

 

XI / 2

Teks informatif

Sosio budaya

ASEAN

C4

 

Menganalisis peran Indonesia dalam ASEAN

Disajikan teks tentang organisasi internasional, peserta didik mampu menganalisis peran Indonesia dalam ASEAN

PG

(BS-L1)

32

 

3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang
-
Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun
1945

 

Integrasi Nasional
dan Demokrasi

 

XI / 2

Teks informatif

Sosio budaya

Demokrasi Pancasila

C4

 

Menganalisis
demokrasi Pancasila

 

Disajikan teks tentang demokrasi Pancasila, Peserta didik dapat menganalisis demokrasi Pancasila yang terjadi di Indonesia

PG

(BS-L1)

33

 

3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5 Merancang dan melakukan
penelitian sederhana tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan
strategi mengatasinya dalam bingkai
BhinnekaTunggal Ika

 

Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menelaah Ancaman terhadap Integrasi Nasional

 

XI / 2

Teks informatif

politik

 

Ancaman bidang politik

 

C3

 

 

Menjelaskan ancaman integrasi nasional di bidang politik

 

Disajikan teks tentang ancaman integrasi nasional, peserta didik mampu menjelaskan ancaman integrasi nasional di bidang politik

 

PG

(BS-L1)

34

 

3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5 Merancang dan melakukan
penelitian sederhana tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan
strategi mengatasinya dalam bingkai
BhinnekaTunggal Ika

 

Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menelaah Ancaman terhadap Integrasi Nasional

 

XI / 2

Teks informatif

sosio budaya

 

Ancaman bidang ekonomi

 

C3

 

Menjelaskan ancaman integrasi nasional di bidang ekonomi

 

Disajikan teks tentang ancaman integrasi nasional, peserta didik mampu menjelaskan ciri – ciri ancaman integrasi nasional di bidang ekonomi

 

PG

(BS-L1)

35

 

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus-kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara

 

 

 

 

 

 

Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara

 

XII / 1

Teks informatif

Personal

hak warga negara

C4

 

 

Mengidentifikasi hakikat hak warga negara

Disajikan teks tentang hak dan kewajiban, peserta didik mampu mengidentifikasi hak warga negara

PG

(PG-1)

 

36

 

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus-kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara

 

Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara

 

XII / 1

Teks informatif

Personal

kewajiban warga negara

C4

 

 

Mengidentifikasi hakikat hak warga negara

Disajikan teks tentang hak dan kewajiban, peserta didik mampu mengidentifikasi kewajiban warga negara

PG

(PG-1)

 

37

 

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus-kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara

 

Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila

 

XII / 1

Teks informatif

Sosio budaya

 

Hak dan kewajiban warga negara

C4

 

 

Menganalisis substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila

 

Disajikan teks tentang hak dan kewaajiban warga negara, peserta didik mampu menganalisis hak dan kewajiban warga negara pada sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

 

PG

(PG-1)

 

38

 

3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

 

 

 

 

 

Kasus-kasus Pelanggaran Hukum

Dinamika Pelanggaran Hukum

 

XII / 1

Teks informatif

Personal

Pelanggaran Hukum

C4

 

Menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran hukum

 

Disajikan teks tentang pelanggaran hukum di Indonesia, peserta didik mampu menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran hukum di lingkungan sekolah

 

PG

(PG-1)

 

39

 

3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

 

 

 

 

 

Kasus-kasus Pelanggaran Hukum

Dinamika Pelanggaran Hukum

 

XII / 1

Teks informatif

Personal

Pelanggaran Hukum

C4

 

Menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran hukum

 

Disajikan teks tentang pelanggaran hukum di Indonesia, peserta didik mampu menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran hukum di lingkungan keluarga

 

PG

(PG-1)

 

40

 

3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

 

 

 

 

 

Kasus-kasus Pelanggaran Hukum

Dinamika Pelanggaran Hukum

 

XII / 1

Teks informatif

Personal

Pelanggaran Hukum

C4

 

Menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran hukum

 

Disajikan teks tentang pelanggaran hukum di Indonesia, peserta didik mampu menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran hukum di lingkungan bangsa dan negara

 

PG

(PG-1)

 

41

 

.3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila

Kategori nilai – nilai Pancasila dalam hak dan kewajiban warga negara

XII / 1

Teks Informatif Sosio budaya

hak dan kewajiban warga negara

C4

Mengkategorikan nilai – nilai Pancasila

Disajikan teks tentang budaya yang terjadi di Indonesia, peserta didik mampu mengkategorikan nilai dasar kewajiban warga negara sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

PG

(PG L1)

42

 

3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Mengidentifikasi Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap NKRI

 

XII / 2

Teks informatif

Sosio budaya

 

Kemajuan IPTEK

 

C4

 

Mengidentifikasi pengaruh positif
kemajuan iptek dalam aspek ekonomi

 

Disajikan teks tentang kemajuan iptek di Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi sikap positif kemajuan iptek dalam aspek ekonomi

 

PG

(PG L1)

43

 

3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.4 Merancang dan mengkampanyekan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI

Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari Masa ke Masa

XII / 2

Teks Informatif

Personal

Masa Republik Indonesia Serikat (27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950)

C4

Menganalisis penyebab penghambat persatuan dan kesatuan pada masa Republik Indonesia Serikat

Disajikan teks sejarah masa Republik Indonesia Serikat, peserta didik mampu menganalisis penyebab penghambat persatuan dan kesatuan pada masa Republik Indonesia Serikat (27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950)

PG

(PG L1)

44

 

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus-kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara

 

Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

 

XII / 1

Teks informatif

sosio budaya

Kasus pengingkaran kewajiban warga negara

C4

 

Menganalisis faktor-faktor penyebab
pengingkaran kewajiban warga negara

 

Disajikan teks tentang kasus pelanggaran hak warga negara, peserta didik mampu menganalisis faktor penyebab pengingkaran kewajiban warga negara saat melintasi lampu lalu lintas

 

PG

(BS1)

45

 

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus-kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara

Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

 

XII / 1

Teks informatif

sosio budaya

Kasus pengingkaran kewajiban warga negara

C4

Menganalisis upaya penanganan
pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara

 

Disajikan teks tentang kasus pelanggaran hak warga negara, peserta didik mampu menganalisis upaya penanganan pengingkaran kewajiban warga negara yang tidak mempunyai SIM

PG

(BS1)

46

 

3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus-kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara

Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

 

XII / 1

Teks informatif

sosio budaya

Kasus pengingkaran kewajiban warga negara

C4

Menganalisis upaya penanganan
pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara

 

Disajikan teks tentang kasus pelanggaran hak warga negara, peserta didik mampu menganalisis upaya penanganan pengingkaran kewajiban warga negara

PG

(BS1)

47

 

3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Membangun Sikap selektif dalam Menghadapi Berbagai Pengaruh Kemajuan Iptek

 

XII / 2

Teks informatif

Sosio budaya

Kemajuan IPTEK

C4

Mengidentifikasi sikap selektif dalam
menghadapi berbagai pengaruh kemajuan
iptek

 

Disajikan teks tentang pengaruh kemajuan iptek di Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi sikap selektif menghadapai kemajuan iptek pada pemilihan umum

PG

(BS-L1)

48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Membangun Sikap selektif dalam Menghadapi Berbagai Pengaruh Kemajuan Iptek

 

XII / 2

Teks informatif

Sosio budaya

Kemajuan IPTEK

C4

Mengidentifikasi sikap selektif dalam
menghadapi berbagai pengaruh kemajuan
iptek

 

Disajikan teks tentang pengaruh kemajuan iptek di Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi sikap selektif menghadapai kemajuan iptek pada proses penghitungan suara

PG

(BS-L1)

49

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahankan
Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.4 Merancang dan mengkampanyekan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia

Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

XII / 2

Teks informatif

Sosio budaya

Pasal 1 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945

 

C4

 

Menganalisis karakteristik Negara
Kesatuan Republik Indonesia

 

Disajikan teks tentang penjelasan pasal 1 ayat (1) UUD 1945, peserta didik mampu menyimpulkan makna pasal 1 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945

 

PG

(BS-L1)

50

 

Related Posts