KISI – KISI PPKn BERBASIS AKM (ASSESMENT KOMPETENSI MINIMUM)
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
JENJANG PENDIDIKAN : SMA
ALOKASI
WAKTU : 120 MENIT
MATA PELAJARAN :
PPKn JUMLAH SOAL : 50 SOAL
PROGRAM / PEMINATAN : MIPA IIS
PENYUSUN : AGUS SULISTIYONO, S.Pd
KURIKULUM : 2013
NO |
KOMPETENSI DASAR (Permendikbud No. 37/2018) |
RUANG LINGKUP MATERI |
MATERI & MATERI ESENSIAL |
KELAS/
SMT |
KONTEN & KONTEKS |
TEKS/ BACAAN |
LEVEL
KOGNITIF/
LITERASI |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) |
INDIKATOR BUTIR SOAL (IBS) |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
|
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara 4.1Menyaji hasil
analisis nilai-nilai |
Nilai – nilai Pancasila dalam Kerangka
Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara |
X / 1 |
Teks Informatif Personal |
Pembagian kekuasaan |
C5 |
Menganalisis
sistem pembagian |
Disajikan teks tentang pembagian kekuasaan, peserta
didik dapat menganalisis tentang pembagian kekuasaan di Indonesia |
PG (PG-1) |
1 |
|
|
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara 4.1Menyaji hasil
analisis nilai-nilai |
Nilai – nilai Pancasila dalam Kerangka
Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara |
X / 1 |
Teks Informatif Sosio – budaya |
Lembaga non-Kementrian Negara Republik Indonesia |
C2 |
Mengidentifkasi
kedudukan |
Disajikan teks tentang Kementrian Negara Republik
Indonesia, peserta didik dapat memahami fungsi Lembaga Non Kementerian Negara
Republik Indonesia |
PG (PG-1) |
2 |
|
|
3.2 Menelaah
ketentuan UndangUndang
Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan 4.2. Menyaji hasil
telaah tentang |
Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam
Kehidupan Berbangsa dan Bernegara |
X / 1 |
Teks Informatif Personal |
Perbedaan warga
negara dan bukan warga
negara |
C2 |
Membedakan
kedudukan warga negara |
Disajikan teks tentang warga negara,
peserta didik dapat membedakan antara bukan warga negara dan bukan penduduk
negara Indonesia |
PG (PG-1) |
3 |
|
|
3.2 Menelaah
ketentuan UndangUndang
Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan 4.2. Menyaji hasil
telaah tentang |
Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam
Kehidupan Berbangsa dan Bernegara |
X / 1 |
Teks Informatif Personal |
Yang menjadi Warga negara Indonesia |
C2 |
Membedakan
kedudukan warga negara |
Disajikan teks tentang yang menjadi warga negara Indonesia, peserta didik dapat memahami asas
kewarganegaraan yang diterapkan di Indonesia |
PG (PG-1) |
4 |
|
|
3.2 Menelaah
ketentuan UndangUndang
Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan 4.2. Menyaji hasil
telaah tentang |
Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam
Kehidupan Berbangsa dan Bernegara |
X/1 |
Teks Informatif Sosio Budaya |
UUD NRI Tahun 1945 |
C4 |
Mengidentifikasi sistem
pertahanan dan keamanan
Republik Indonesia |
Disajikan teks tentang sistem pertahanan
dan keamanan Negara Republik Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan
asas-asas sishankamrata. |
PG (PG-1) |
5 |
|
|
3.3 Menganalisis
fungsi dan 4.3 Mendemonstrasikan
hasil analisis |
Kewenangan Lembaga – lembaga Negara Menurut
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
X/1 |
Sosio Budaya |
|
|
Mengidentifkasi
sistem
infrastruktur Indonesia |
Disajikan teks tentang
sifat-sifat infrastruktur politik, peserta didik mampu
menganalisis contoh
infrastruktur politik di Indonesia |
PG (PG-1) |
6 |
|
|
3.6 Menganalisis
ancaman terhadap 4.6 Menyaji hasil
analisis tentang |
Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai
Bhinneka Tunggal Ika |
Ancaman di Bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM |
X / 2 |
Teks Informatif Personal |
Pasar Global |
C4 |
Mengidentifkasi
contoh ancaman integrasi nasional di Bidang |
Disajikan teks tentang ancaman
integrasi nasional, peserta didik
mampu mengidentifikasi macam-macamancaman
dalam bidang ekonomi |
PG (PG L1) |
7 |
|
3.6 Menganalisis
ancaman terhadap 4.6 Menyaji hasil
analisis tentang |
Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai
Bhinneka Tunggal Ika |
Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi
Berbagai Ancaman dalam Membangun Integrasi Nasional |
X / 2 |
Teks Informatif Sosio budaya |
Lingkungan masyarakat |
C3 |
Menunjukkan
peran serta masyarakat |
Disajikan teks tentang ancaman integrasi nasional,
peserta didik mampu menunjukkan cara mengatasi ancaman integrasi nasional
saat kegiatan gotong royong |
PG (PG L1) |
8 |
|
3.6 Menganalisis
ancaman terhadap 4.6 Menyaji hasil
analisis tentang |
Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai
Bhinneka Tunggal Ika |
Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi
Berbagai Ancaman dalam Membangun Integrasi Nasional |
X / 2 |
Teks Informatif Sosio budaya |
Lingkungan masyarakat |
C3 |
Menunjukkan
peran serta masyarakat |
Disajikan teks tentang ancaman integrasi nasional,
peserta didik mampu menunjukkan cara mengatasi ancaman integrasi nasional
saat kegiatan rapat desa |
PG (PG L1) |
9 |
|
3.3 Menganalisis fungsi
dan 4.3 Mendemonstrasikan
hasil analisis |
Kewenangan Lembaga – lembaga Negara Menurut
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
X / 1 |
|
|
|
Mengidentifkasi
Lembaga-Lembaga Negara |
Disajikan teks tentang suatu kasus, peserta didik dapat menganalisis yang temasuk kasus
yang ditangani Mahkamah Konstitusi |
PG (BS-1) |
10 |
|
|
3.3 Menganalisis
fungsi dan 4.3 Mendemonstrasikan
hasil analisis |
Kewenangan Lembaga – lembaga Negara Menurut
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
X / 1 |
|
|
|
Mengidentifkasi
Lembaga-Lembaga Negara |
Disajikan teks tentang suatu kasus, peserta didik dapat menganalisis yang temasuk kasus
yang ditangani Komisi Yudisial |
PG (BS-1) |
11 |
|
|
3.3 Menganalisis
fungsi dan 4.3 Mendemonstrasikan
hasil analisis |
Kewenangan Lembaga – lembaga Negara Menurut
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
X / 1 |
|
|
|
Mengidentifkasi
Lembaga-Lembaga Negara |
Disajikan teks tentang suatu kasus, peserta didik dapat menganalisis yang temasuk kasus
yang ditangani Presiden |
PG (BS-1) |
12 |
|
|
3.5 Mengidentifikasi
faktor 4.5Mendemonstrasikan
faktor-faktor |
Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka
Tunggal Ika |
Kebhinnekaan Bangsa Indonesia |
X / 2 |
Teks Informatif Sosio Budaya |
Bhinneka Tunggal Ika |
C4 |
Mengidentifkasi
faktor
pembentuk integrasi nasional |
Disajikan teks tentang Bhinneka Tunggal
Ika, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor pembentuk integrasi nasional |
PG (BS-L1) |
13 |
|
3.5 Mengidentifikasi
faktor 4.5Mendemonstrasikan
faktor-faktor |
Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka
Tunggal Ika |
Peran Serta Warga Negara dalam Menjaga Persatuan
dan Kesatuan |
X / 2 |
Teks Informatif Sosio Budaya |
Pendidikan profesi |
C4 |
Menganalisis
bentuk-bentuk usaha bela negara |
Disajikan teks tentang bela negara, peserta
didik mampu menganalisis bentuk-bentuk usaha bela negara. |
PG (BS-L1) |
14 |
|
3.7 Menginterpretasi
pentingnya 4.7 Mempresentasikan
hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan
Nusantara |
X / 2 |
Teks Informatif Sosio budaya |
Trigatra |
C4 |
Mengidentifkasi
aspek trigatra dan |
Disajikan teks tentang aspek-aspek wawasan nisantara peserta didik mampu mengidentifikasi aspek trigatra
|
PG (BS-L1) |
15 |
|
3.1Menganalisis
pelanggaran hak asasi 4.1 Menyaji hasil
analisis pelanggaran |
Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia
dalam Perspektif Pancasila |
Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia |
XI / 1 |
Teks Informatif Personal |
Makna kewajiban asasi manusia |
C3 |
Menjelaskan makna kewajiban asasi manusia |
Disajikan teks tentang kewajiban asasi
manusia, peserta didik mampu menjelaskan makna kewajiban asasi manusia |
PG (PG-1) |
16 |
|
3.1Menganalisis
pelanggaran hak asasi 4.1 Menyaji hasil
analisis pelanggaran |
Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia
dalam Perspektif Pancasila |
Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia |
XI / 1 |
Teks informatif personal |
Kasus pelanggaran hak asasi manusia |
C4 |
Menganalisis kasus pelanggaran hak asasi manusia |
Disajikan teks tentang pelanggaran hak
asasi manusia, peserta didik mampu menganalisis penyebab kasus pelanggaran
hak asasi manusia |
PG (PG-1) |
17 |
|
3.2 Mengkaji
sistem dan dinamika 4.2 Menyajikan
hasil kajian tentang |
Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila |
Hakikat Demokrasi |
XI / 1 |
Teks informatif Sosio budaya |
Klasifikasi demokrasi |
C4 |
Menguraikan klasifikasi demokrasi |
Disajikan teks tentang demokrasi, peserta
didik mampu mengelompokkan klasifikasi demokrasi berdasarkan titik berat
perhatiannya |
PG (PG-1) |
18 |
|
3.2 Mengkaji
sistem dan dinamika 4.2 Menyajikan
hasil kajian tentang |
Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila |
Hakikat Demokrasi |
XI / 1 |
Teks informatif Sosio budaya |
Klasifikasi demokrasi |
C4 |
Menguraikan klasifikasi demokrasi |
Disajikan teks tentang demokrasi, peserta
didik mampu mengelompokkan klasifikasi demokrasi berdasarkan penyaluran
kehendak rakyat |
PG (PG-1) |
19 |
|
3.2 Mengkaji
sistem dan dinamika 4.2 Menyajikan
hasil kajian tentang |
Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila |
Dinamika Penerapan Demokrasi Pancasila |
XI / 1 |
Teks informatif personal |
Penerapan demokrasi Pancasila dari masa ke
masa |
C3 |
Menjelaskan periodisasi perkembangan demokrasi di
Indonesia |
Disajikan teks tentang demokrasi pancasila,
peserta didik mampu menjelaskan demokrasi di Indonesia pada periode 1959 - 1965 |
PG (PG-1) |
20 |
|
3.4
Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang
peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 |
Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian
Dunia |
Dinamika
peran |
XI / 2 |
Teks informatif sosio budaya |
Hubungan Internasional dan HAM |
C4 |
Menganalisis
peran |
Disajikan teks tentang organisasi internasional peserta
didik mampu menganalisis peran |
PG (PG L1) |
21 |
|
3.5 Mengkaji
kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan
dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5 Merancang dan
melakukan |
Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan
Republik Indonesia |
Strategi Mengatasi Berbagai Ancaman
terhadap Ipoleksosbud hankam |
XI / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
bidang politik |
C4 |
Menganalisis strategi mengatasi ancaman di
bidang sosial budaya |
Disajikan teks tentang integrasi di bidang
politik, peserta didik mampu menganalisis strategi mengatasi ancaman di
bidang politik |
PG (PG L1) |
22 |
|
3.5 Mengkaji
kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan
dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5 Merancang dan
melakukan |
Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan
Republik Indonesia |
Strategi Mengatasi Berbagai Ancaman
terhadap Ipoleksosbud hankam |
XI / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
bidang sosial budaya |
C4 |
Menganalisis strategi mengatasi ancaman di
bidang sosial budaya |
Disajikan teks tentang integrasi di bidang
politik, peserta didik mampu menganalisis strategi mengatasi ancaman di
bidang sosial budaya |
PG (PG L1) |
23 |
|
3.6 Mengidentifikasikan
factor pendorong
dan penghambat persatuan
dan kesatuan bangsa 4.6 Menyaji hasil
identifikasi tentang |
Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan dalam
Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa |
XI / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
Kesatuan
bangsa |
C3 |
Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan
bangsa |
Disajikan teks tentang persatuan dan
kesatuan bangsa, peserta didik mampu menjelaskan makna kesatuan bangsa |
PG (PG L1) |
24 |
|
3.6 Mengidentifikasikan
factor pendorong
dan penghambat persatuan
dan kesatuan bangsa 4.6 Menyaji hasil identifikasi
tentang |
Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan dalam
Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Faktor pendorong dan penghambat Persatuan
dan Kesatuan Bangsa Indonesia |
XI / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
westernisasi |
C4 |
Menguraikan faktor penghambat persatuan dan kesatuan bangsa |
Disajikan teks tentang budaya luar negeri,
peserta didik mampu menguraikan faktor penghambat persatuan dan kesatuan bangsa |
PG (PG L1) |
25 |
|
3.1 Menganalisis
pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara 4.1 Menyaji
hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara |
Dinamika
kasus-kasus |
Kasus-kasus -
|
XI / 1 |
Informatif personal |
kasus – kasus pelanggaran hak asasi manusia
|
C2 |
Memberi contoh nilai – nilai yang
terkandung dalam Pancasila |
Disajikan teks tentang macam – macam
pelanggaran kasus, peserta didik mampu memberikan contoh pelaksanaan hak
asasi manusia dengan nilai – nilai Pancasila |
PG (BS1) |
26 |
|
3.1
Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara 4.1 Menyaji
hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara |
Dinamika
kasus-kasus |
Kasus-kasus -
|
XI / 1 |
Informatif personal |
kasus – kasus pelanggaran hak asasi manusia
|
C4 |
Mengidentifikasi
upaya |
Disajikan teks tentang macam – macam
pelanggaran kasus, peserta didik mampu mengidentifikasi upaya pencegahan
pelanggaran hak asasi manusia |
PG (BS1) |
27 |
|
3.4Menganalisis
dinamika peran Indonesia
dalam perdamaian dunia 4.4 Mendemonstrasikan
hasil analisis |
Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian
Dunia |
Peran Indonesia dalam Menciptakan
Perdamaian Dunia melalui Hubungan Internasional |
XI / 2 |
Teks Informatif sosio budaya |
Perserikatan Bangsa-bangsa |
C4 |
Menganalisis peran Indonesia di PBB |
Disajikan teks tentang hubungan
internasional, peserta didik mampu menganalisis peran Indonesia di PBB |
PG (BS1) |
28 |
|
3.5 Mengkaji
kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 4.5 Merancang
dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika |
Mewaspadai Ancaman terhadap NKRI |
Menelaah ancaman terhadap integrasi
nasional |
XI /
2 |
Teks informatif sosio budaya |
Beragam jenis kebudayaan di Indonesia |
C3 |
Menjelaskan faktor penyebab kebhinnekaan
bangsa Indonesia |
Disajikan teks tentang keberagaman
kebudayaan di Indonesia, peserta didik mampu menjelaskan faktor penyebab
kebhinnekaan bangsa Indonesia |
PG (BS1) |
29 |
|
3.5 Mengkaji
kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5 Merancang
dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika |
Mewaspadai Ancaman terhadap NKRI |
Menelaah ancaman terhadap integrasi
nasional |
XI /
2 |
Teks informatif sosio budaya |
Beragam jenis kebudayaan di Indonesia |
C4 |
Menganalisis ancaman integrasi nasional |
Disajikan teks tentang keberagaman
kebudayaan di Indonesia, peserta didik mampu menganalisis ancaman integrasi
nasional di bidang sosial budaya |
PG (BS1) |
30 |
|
3.3
Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.3 Menyaji
hasil penalaran tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Sistem hukum
dan |
Macam – macam penggolongan hukum |
XI / 1 |
Teks informatif sosio budaya |
Peradilan di Indonesia |
C2 |
Menentukan macam – macam penggolongan hukum |
Disajikan teks tentang peradilan di
Indonesia, peserta didik mampu menentukan macam – macam penggolongan hukum |
PG (BS-L1) |
31 |
|
3.4Menganalisis
dinamika peran Indonesia
dalam perdamaian dunia 4.4 Mendemonstrasikan
hasil analisis |
Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian
Dunia |
Peran Indonesia dalam Menciptakan
Perdamaian Dunia melalui Organisasi Internasional |
XI / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
ASEAN |
C4 |
Menganalisis peran Indonesia dalam ASEAN |
Disajikan teks tentang organisasi
internasional, peserta didik mampu menganalisis peran Indonesia dalam ASEAN |
PG (BS-L1) |
32 |
|
3.2 Mengkaji
sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.2 Menyajikan
hasil kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Sistem
dan dinamika |
Integrasi
Nasional |
XI / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
Demokrasi Pancasila |
C4 |
Menganalisis |
Disajikan teks tentang demokrasi Pancasila,
Peserta didik dapat menganalisis demokrasi Pancasila yang terjadi di
Indonesia |
PG (BS-L1) |
33 |
|
3.5 Mengkaji
kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan
dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5 Merancang dan melakukan |
Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan
Republik Indonesia |
Menelaah Ancaman terhadap Integrasi
Nasional |
XI / 2 |
Teks informatif politik |
Ancaman bidang politik |
C3 |
Menjelaskan ancaman integrasi nasional di
bidang politik |
Disajikan teks tentang ancaman integrasi
nasional, peserta didik mampu menjelaskan ancaman integrasi nasional di
bidang politik |
PG (BS-L1) |
34 |
|
3.5 Mengkaji
kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan
dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5 Merancang dan
melakukan |
Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan
Republik Indonesia |
Menelaah Ancaman terhadap Integrasi
Nasional |
XI / 2 |
Teks informatif sosio budaya |
Ancaman bidang ekonomi |
C3 |
Menjelaskan ancaman integrasi nasional di
bidang ekonomi |
Disajikan teks tentang ancaman integrasi
nasional, peserta didik mampu menjelaskan ciri – ciri ancaman integrasi
nasional di bidang ekonomi |
PG (BS-L1) |
35 |
|
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila 4.1 Menyaji hasil
analisis nilai-nilai |
Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban
Warga Negara |
Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara |
XII / 1 |
Teks informatif Personal |
hak warga negara |
C4 |
Mengidentifikasi hakikat hak warga negara |
Disajikan teks tentang hak dan
kewajiban, peserta didik mampu mengidentifikasi hak
warga negara |
PG (PG-1) |
36 |
|
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila 4.1 Menyaji hasil
analisis nilai-nilai |
Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban
Warga Negara |
Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara |
XII / 1 |
Teks informatif Personal |
kewajiban warga negara |
C4 |
Mengidentifikasi hakikat hak warga negara |
Disajikan teks tentang hak dan
kewajiban, peserta didik mampu mengidentifikasi
kewajiban warga negara |
PG (PG-1) |
37 |
|
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila 4.1 Menyaji hasil
analisis nilai-nilai |
Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban
Warga Negara |
Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara
dalam Pancasila |
XII / 1 |
Teks informatif Sosio budaya |
Hak dan kewajiban warga negara |
C4 |
Menganalisis substansi hak dan kewajiban
warga negara dalam nilai dasar Pancasila |
Disajikan teks tentang hak dan kewaajiban
warga negara, peserta didik mampu menganalisis hak dan kewajiban warga negara
pada sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia |
PG (PG-1) |
38 |
|
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan
dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian 4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi
praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan
kedamaian |
Kasus-kasus Pelanggaran Hukum |
Dinamika Pelanggaran Hukum |
XII / 1 |
Teks informatif Personal |
Pelanggaran Hukum |
C4 |
Menganalisis penyebab terjadinya
pelanggaran hukum |
Disajikan teks tentang pelanggaran hukum di
Indonesia, peserta didik mampu menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran
hukum di lingkungan sekolah |
PG (PG-1) |
39 |
|
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan
dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian 4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi
praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan
kedamaian |
Kasus-kasus Pelanggaran Hukum |
Dinamika Pelanggaran Hukum |
XII / 1 |
Teks informatif Personal |
Pelanggaran Hukum |
C4 |
Menganalisis penyebab terjadinya
pelanggaran hukum |
Disajikan teks tentang pelanggaran hukum di
Indonesia, peserta didik mampu menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran hukum
di lingkungan keluarga |
PG (PG-1) |
40 |
|
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan
dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian 4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi
praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian |
Kasus-kasus Pelanggaran Hukum |
Dinamika Pelanggaran Hukum |
XII / 1 |
Teks informatif Personal |
Pelanggaran Hukum |
C4 |
Menganalisis penyebab terjadinya
pelanggaran hukum |
Disajikan teks tentang pelanggaran hukum di
Indonesia, peserta didik mampu menganalisis penyebab terjadinya pelanggaran
hukum di lingkungan bangsa dan negara |
PG (PG-1) |
41 |
|
.3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 4.1 Menyaji
hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran
hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara |
Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara
dalam Pancasila |
Kategori nilai – nilai Pancasila dalam hak
dan kewajiban warga negara |
XII / 1 |
Teks Informatif Sosio budaya |
hak dan kewajiban warga negara |
C4 |
Mengkategorikan nilai – nilai Pancasila |
Disajikan teks tentang budaya yang terjadi
di Indonesia, peserta didik mampu mengkategorikan nilai dasar kewajiban warga
negara sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab |
PG (PG L1) |
42 |
|
3.3 Mengidentifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam
bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 4.3 Mempresentasikan
hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
Mengidentifikasi Pengaruh Kemajuan Iptek
terhadap NKRI |
XII / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
Kemajuan IPTEK |
C4 |
Mengidentifikasi
pengaruh positif |
Disajikan teks tentang kemajuan
iptek di Indonesia, peserta didik mampu
mengidentifikasi sikap positif
kemajuan iptek dalam aspek ekonomi |
PG (PG L1) |
43 |
|
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia 4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa
dalam Konteks NKRI |
Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia
dari Masa ke Masa |
XII / 2 |
Teks Informatif Personal |
Masa Republik Indonesia Serikat (27
Desember 1949 – 17 Agustus 1950) |
C4 |
Menganalisis penyebab penghambat persatuan dan kesatuan
pada masa Republik Indonesia Serikat |
Disajikan teks sejarah masa Republik Indonesia Serikat,
peserta didik mampu menganalisis penyebab penghambat persatuan dan kesatuan
pada masa Republik Indonesia Serikat (27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950) |
PG (PG L1) |
44 |
|
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila 4.1 Menyaji hasil
analisis nilai-nilai |
Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban
Warga Negara |
Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran
Kewajiban Warga Negara |
XII / 1 |
Teks informatif sosio budaya |
Kasus pengingkaran kewajiban warga negara |
C4 |
Menganalisis
faktor-faktor penyebab |
Disajikan teks tentang kasus pelanggaran
hak warga negara, peserta didik mampu menganalisis faktor penyebab pengingkaran
kewajiban warga negara saat melintasi lampu lalu lintas |
PG (BS1) |
45 |
|
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila 4.1 Menyaji hasil
analisis nilai-nilai |
Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban
Warga Negara |
Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran
Kewajiban Warga Negara |
XII / 1 |
Teks informatif sosio budaya |
Kasus pengingkaran kewajiban warga negara |
C4 |
Menganalisis
upaya penanganan |
Disajikan teks tentang kasus pelanggaran
hak warga negara, peserta didik mampu menganalisis upaya penanganan
pengingkaran kewajiban warga negara yang tidak mempunyai SIM |
PG (BS1) |
46 |
|
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila 4.1 Menyaji hasil
analisis nilai-nilai |
Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban
Warga Negara |
Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran
Kewajiban Warga Negara |
XII / 1 |
Teks informatif sosio budaya |
Kasus pengingkaran kewajiban warga negara |
C4 |
Menganalisis
upaya penanganan |
Disajikan teks tentang kasus pelanggaran
hak warga negara, peserta didik mampu menganalisis upaya penanganan
pengingkaran kewajiban warga negara |
PG (BS1) |
47 |
|
3.3 Mengidentifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam
bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 4.3 Mempresentasikan
hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
Membangun Sikap selektif dalam Menghadapi
Berbagai Pengaruh Kemajuan Iptek |
XII / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
Kemajuan IPTEK |
C4 |
Mengidentifikasi
sikap selektif dalam |
Disajikan teks tentang pengaruh kemajuan
iptek di Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi sikap selektif
menghadapai kemajuan iptek pada pemilihan umum |
PG (BS-L1) |
48 |
|
3.3 Mengidentifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam
bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 4.3 Mempresentasikan
hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
Membangun Sikap selektif dalam Menghadapi
Berbagai Pengaruh Kemajuan Iptek |
XII / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
Kemajuan IPTEK |
C4 |
Mengidentifikasi
sikap selektif dalam |
Disajikan teks tentang pengaruh
kemajuan iptek di Indonesia, peserta didik mampu
mengidentifikasi sikap selektif menghadapai kemajuan iptek pada proses
penghitungan suara |
PG (BS-L1) |
49 |
|
3.4 Mengevaluasi
dinamika persatuan 4.4 Merancang dan
mengkampanyekan persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan
Negara Kesatuan Republik
Indonesia |
Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia |
XII / 2 |
Teks informatif Sosio budaya |
Pasal 1 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 |
C4 |
Menganalisis
karakteristik Negara |
Disajikan teks tentang penjelasan pasal 1
ayat (1) UUD 1945, peserta didik mampu menyimpulkan makna
pasal 1 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 |
PG (BS-L1) |
50 |