FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kurikulum
:
2013
Kelas/Smst : XII IPA, IPS, BAHASA, KEAGAMAAN Peminatan : Wajib
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
Materi kelas |
1 |
3.1 Mengidentifikasi laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
|
· Pertama : Isi Laporan Hasil
Observasi · Kedua : Struktur Laporan Hasil Observasi |
· Ciri-Ciri
Laporan Hasil Observasi · Fungsi Laporan Hasil Observasi |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
1,
2 |
X |
2 |
3.3 Mengidentifikasi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca |
|
· Teks eksposisi |
· Menentukan kesimpulan Teks eksposisi |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan |
|
3 |
X |
3 |
3.5
Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat |
|
· Pertama : Struktur Anekdot · Kedua : Kebahasaan Anekdot |
· Mengevaluasi teks
anekdot · Memprediksi makna
tersirat dalam teks anekdot |
Penalaran : · mengevaluasi · memprediksi |
|
4,
5 |
X |
4 |
3.9 Menyebutkan butir-butir
penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang
dibacakan. |
|
· Pertama : Ikhtisar buku
nonfiksi · Kedua : Ringkasan novel |
· Menetukan keterkaitan
kehidupan nyata dengan cerita
dalam novel |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan |
|
6 |
X |
5 |
3.11 Menganalisis isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks
negosiasi |
|
· Menganalisis
Struktur Teks Negosiasi |
·
Menemukan kalimat persuasif dalam dialog negosiasi |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
7,
8 |
X |
6 |
3.1 Mengonstruksi informasi
berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
|
· Mengorganisasikan
Informasi dalam Teks Prosedur |
·
Mengurukan teks prosedor yang tepat |
· Aplikasi : · mengurutkan |
|
9 |
XI |
7 |
3.2 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks prosedur. |
|
· Pertama : Struktur teks
prosedur · Kedua : Kebahasaan teks prosedur |
·
Menentukan unsur kebahasaan dalam teks prosedur |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan |
|
10 |
XI |
8 |
3.3 Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi secara lisan dan
tulis. |
|
· Pertama : Pengetahuan dalam
teks eksplanasi. · Kedua : Urutan kejadian dalam
teks eksplanasi. |
·
Menemukan informasi yang terdapat dlam teks ekplanasi |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menemukan |
|
11 |
XI |
9 |
3.4 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksplanasi |
|
· Pertama : Struktur teks
eksplanasi · Kedua : Kebahasaan teks
eksplanasi |
·
Menentukan dan menemukan unsur kebahasa dalam teks ekplanasi |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
12,
13 |
XI |
10 |
3.5 Mengidentifikasi informasi
berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah |
|
· Pertama : Informasi berupa
permasalahan aktual dalam ceramah · Kedua : Bagian-bagian penting
dari permasalahan aktual |
·
Memprediksi permasalahan yang
terdapat dalam sebuah ceramah |
Aplikasi : · Menginterpretasikan |
|
14 |
XI |
11 |
3.7 Mengidentifikasi butir-butir
penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. |
|
· Pertama : Informasi Penting dari
Buku Pengayaan · Kedua : Laporan dari Hasil
Membaca Buku Pengayaan |
·
Memprediksi isi yang terdapat
di dalam kutipan buku nonfiksi |
Aplikasi : · Menginterpretasikan |
|
15 |
XI |
12 |
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang
terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca |
|
· Pertama : mengidentifikasi
nilai-nilai kehidupan yang ada pada cerita pendek · Kedua : mendemonstrasikan
nilai-nilai kehidupan yang ada dalam cerpen |
·
Menafsirkan nilai-nilai yang terkandung dalam karia sastra |
Aplikasi : · Menginterpretasikan |
|
16,
17 |
XI |
13 |
3.9 Menganalisis
unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek |
|
· Pertama :Unsur-unsur pembangun cerita pendek
dalam buku kumpulan cerita · Kedua : Mengonstruksi sebuah cerita pendek
dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. |
·
Mentukan struktur dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam karya sastra |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
18,
19 |
XI |
14 |
3.12 Mengidentifikasi informasi
penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca. |
|
· Pertama : Bagian-Bagian Proposal
Kegiatan/Penelitian · Kedua : Informasi penting dalam Proposal |
·
Menntukan sistematika sebuah proposal kegiatan |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menemukan |
|
20 |
XI |
15 |
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika
surat lamaran pekerjaan yang dibaca |
|
· Pertama: Mengidentifikasi isi dan sistematika
surat lamaran pekerjaan yang dibaca. · Kedua : Menyajikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis. |
·
Memperbaiki isi surat lamaran dan mengurutkan sistemtika surat
lamaran pekerjaan |
Penalaran : · Menyunting Aplikasi : · mengurutkan |
|
21,
22 |
XII |
16 |
3.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan |
|
· Pertama : Mengidentifikasi unsur kebahasaan
surat lamaran pekerjaan. · Kedua : Menyusun surat lamaran pekerjaan
dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan. |
·
Merepleksi unsur kebahasaan yang tepat dalam surat lamaran pekerjaan |
Penalaran :
· merepleksi |
|
23 |
XII |
17 |
3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian
kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah
lisan atau tulis. |
|
· Pertama : Mengidentifikasi informasi, dalam
cerita sejarah. · Kedua : Mengonstruksi nilai-nilai dari
informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi. |
Menentukan
dan menemukan fakta terdapat dalam teks cerita sejarah dan nllai-nilai yang
terkandung di dalamnya |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
24,
25, 26 |
XII |
18 |
3.5 Mengidentifikasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan
terhadap suatu isu dalam teks editorial) |
|
· Pertama : Mengidentifikasi informasi
(pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks
editorial · Kedua : Menyeleksi ragam informasi sebagai
bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis |
·
Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial dan mengurutkan
paragraf menjadi paragraf padu |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · Menentukan Aplikasi : · mengurutkan |
|
27,
28 |
XII |
19 |
3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan
puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
|
· Pertama : Menggali nilai moral dalam buku
fiksi (berupa kumpulan cerpen atau kumpulan puisi) · Kedua : Melaporkan hasil penilaian membaca
buku fiksi (kumpulan cerpen ) dan nonfiksi |
·
Menentukan nilai-nilai yang terkandung dalam buku fiksi, baik itu
cerpen maupun puisi |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
29,
30, 31 |
XII |
20 |
3.8 Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang
dibaca. |
|
· Maksud pengarang terhadap kehidupan dalam
novel |
·
Menafsirkan isi karya sastra
dengan kehidupan nyata |
Aplikasi : · Menginterpretasikan |
|
32 |
XII |
21 |
3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel |
|
· Pertama : Isi novel berdasarkan unsur
intrinsik · Kedua : Kebahasaan novel |
·
Menentukan unsur intrinsik dalam karya sastra |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
33 |
XII |
22 |
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah
artikel yang dibaca |
|
· Informasi, baik fakta maupun opini, dalam
sebuah artikel |
·
Menentukan dan menemukan fakta
dan opini dalam sebuah artikel |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
34,
35 |
XII |
23 |
3.11 Menganalisis Kebahasaan Artikel dan/atau Buku Ilmiah |
|
· Kebahasaan Artikel dan/atau Buku Ilmiah |
·
Menentukan unsur kebahasaan (kalimat efektif dan ejaan) dalam artikel |
Pengetahuan
dan Pemahaman : · menentukan · menemukan |
|
36,
37 |
XII |
24 |
3.13 Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai |
|
· Pertama : Menganalisis sistematika kritik
sastra dan esai · Kedua : Menganalisis kebahasaan kritik sastra
dan esai |
·
Menafsirkan kritik dan esai dalam karya sastra |
Aplikasi : · Menginterpretasikan |
|
38,
39 |
XII |
25 |
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku
pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama. |
|
· Pertama : Mengidentifikasi nilai-nilai dalam
buku pengayaan (nonfiksi) · Kedua : Mengidentifikasi nilai-nilai dalam
buku drama (fiksi) |
·
Menafsirkan nilai-nilai yang terkandung dalam drama |
Aplikasi : · Menginterpretasikan |
|
40 |
XII |