KISI-KISI UJIAN MADRASAH (UM) MATA PELAJARAN PAI DAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH TP. 2020/2021

 

KISI-KISI UJIAN MADRASAH (UM)

MATA PELAJARAN PAI DAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH TP. 2020/2021

 

 

Mata pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam                                                                                                                                               Jenjang: Madrasah Aliyah (MA)

Peminatan       : MIPA/IPS/Bahasa/Keagamaan

 

No

Kompetensi

Dasar

IPK

Materi

Kelas/ Semester

Indikator Soal

Level Kognitif

1

3.1.

Menganalisis Kebudayaan masyarakat Mekah sebelum

Islam

Menentukan salah satu                      bentuk kebudayaan masyarakat Mekah sebelum Islam

Kebudayaan masyarakat Mekah sebelum Islam

X/1

Disajikan pernyataan tentang kehidupan masyarakat Mekah sebelum Islam, peserta didik dapat menentukan bentuk kebudayaan masyarakat Mekah sebelum Islam dengan tepat

L1

2

 

Menerapkan prilaku                    positif masyarakat Mekah sebelum                        Islam dalam                kehidupan

sehari-hari

 

 

Disajikan ilustrasi tentang salah satu prilaku positif masyarakat Mekah sebelum Islam, peserta didik dapat menentukan prilaku positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada masa sekarang dengan tepat

L2

3

 

Menganalisis kebudayaan masyarakat Mekah

sebelum Islam

 

 

Disajikan contoh budaya negarif masyarakat Mekah sebelum Islam, peserta didik dapat menganalisis budaya negatif yang tidak relevan dengan budaya

Islam dengan tepat.

L3

4

3.2 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

Menentukan strategi                     dakwah Rasulullah                        Saw. periode Mekah

Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

X/1

Disajikan sebuah cerita tentang dakwah Rasulullah Saw. di Mekah peserta didik dapat menentukan salah satu strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah dengan tepat

L1


 

5

 

Menentukan substansi                     dakwah Rasulullah                                          Saw.

periode Mekah

 

 

Disajikan sebuah kisah dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah, peserta didik dapat menentukan substansi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

dengan tepat

 

6

 

Mencontoh perilaku Rasulullah Saw.                        dalam berdakwah periode

Mekah

 

 

Disajikan sebuah Ilustrasi tentang salah satu contoh dakwah Rasulullah Saw. pada periode Mekah, peserta didik dapat meneladani dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat

L2

7

 

Menerapkan strategi                   dakwah Rasulullah                   Saw. dalam                kehidupan

masa kini

 

 

Disajikan kisah tentang strategi dakwah Rasulullah Saw. pada periode Mekah, peserta didik dapat menerapkan strategi dakwah yang sesuai untuk dilakukan pada masa sekarang dengan tepat

L2

8

 

Menganalisis perilaku                          yang mencerminkan dakwah Rasulullah

Saw di Mekah

 

 

Disajikan sebuah narasi tentang fenomena dakwah masa kini, peserta didik dapat menentukan sikap yang              benar              dalam                       memahami keberagaman(keanekaragaman) dalam kehidupan

dengan tepat.

L3

9

 

Mengkonstruksi strategi                     dakwah Rasulullah                                          Saw. periode Mekah

 

 

Disajikan analisis strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah, peserta didik dapat mengkonstruksi srategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah dalam                 kehidupan                            keberagamaan(

keanekaragaman) sekarang dengan tepat

L3

10

3.5 Menganalisis strategi dakwah Rasulullah Saw pada periode

Madinah

Mejelaskan cara dakwah Rasulullah Saw                     periode Madinah

Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode

Madinah

X/1

Disajikan cerita tentang dakwah Rasulullah Saw. di Madinah, peserta didik dapat menjelaskan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Madinah dengan tepat

L1

11

 

Mencontoh

perilaku                     dakwah

 

 

Disajikan sebuah narasi tentang dakwah Rasulullah

Saw.  Yang  menggalang  perdamaian  di Madinah,

L2


 

 

 

Rasulullah Saw di Madinah

 

 

peserta    didik   dapat                 meneladani             cara           dakwah Rasulullah   Saw.    di                               Madinah   tersebut        dalam

kehidupan sehari-hari dengan tepat

 

12

 

Menganalisis perilaku                          yang mencerminkan dakwah Rasulullah

Saw. di Madinah

 

 

Disajikan sebuah contoh dakwah melalui media sosial ,peserta didik dapat menentukan sikap yang benar yang seharusnya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat

L3

13

3.9 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Khulafaur

Rasyidin

Menjelaskan strategi                     dakwah Khulafaur Rasyidin

 

X/2

Disajikan narasi tentang strategi dakwah Khulafaur Rasyidin, peserta didik dapat menjelaskan strategi dakwah salah satu Khulafaur Rasyidin dengan tepat

L1

14

 

Meneladani keberhasilan- keberhasilan yang dicapai salah satu khalifah pada masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin

 

 

Disajikan sebuah cerita tentang keberhasilan Khulafaur rasyidin, peserta didik dapat meneladani keberhasilan-keberhasilan dari salah satu khalifah dengan tepat

L2

15

 

Menganalisis prilaku                          yang mencerminkan dakwah Khulafaur

Rasyidin

 

 

Disajikan sebuah narasi tentang strategi dakwah Khulafaur Rasyidin peserta didik dapat menerapkan prilaku yang sesuai dengan dakwah Khulafaur Rasyidin di Madrasah dengan tepat

L3

16

3.11

Mengevaluasi perkembangan

peradaban    dan

Menentukan keberhasilan- keberhasilan  yang

dicapai pada masa

Perkembangan peradaban                       dan Ilmu

pengetahuan

X/2

Disajikan sebuah cerita, tentang keberhasilan Daulah Umayyah, peserta didik dapat menentukan kemajuan-kemajuan yang dicapai pemerintahan

L1


 

 

ilmu pengetahuan pada                     masa Daulah Umayyah          di

Damaskus

Daulah Umayyah di Damaskus                        dalam bidang pemerintahan

Daulah Umayyah                          di Damaskus

 

Daulah                Umayyah              dalam                bidang                pemerintahan dengan tepat

 

17

 

Mengidentifikasi perkembangan peradaban           dan ilmu           pengetahuan pada masa Daulah Umayah             di

Damaskus

 

 

Disajikan sebuah cerita tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan Daulah Umayyah, peserta didik dapat menentukan tokoh perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayah di Damaskus dengan tepat

L2

18

 

Menentukan ibrah dari            keberhasilan khalifah berprestasi            masa Daulah Umayyah di

Damaskus

 

 

Disajikan beberapa narasi tentang keistimewaan khalifah berprestasi masa Daulah Umayyah, peserta didik dapat menentukan ibrah dari keberhasilan yang dicapai khalifah berprestasi dengan tepat

L3

19

3.2 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah

Menentukan perbedaan                     tokoh- tokoh                    ilmuwan

muslim                      dan karyanya           dalam perkembangan peradaban               dan ilmu           pengetahuan

pada masa bani

Perkembangan peradaban                     dan Ilmu pengetahuan pada                    masa Daulah Abbasiyah

XI/2

Disajikan beberapa pernyataan tentang karya ilmuwan muslim, peserta didik dapat membedakan beberapa ilmuwan muslim dan karyanya dalam perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan masa Daulah Abbasiyah dengan tepat.

L1

20

 

Menentukan ibrah

dari keberhasilan- keberhasilan salah

 

X/2

Disajikan narasi jasa-jasa salah seorang khalifah Daulah Abbasiyah, peserta didik dapat menentukan

ibrah    dari             keberhasilan-keberhasilan/             jasa-jasa

L2


 

 

 

seorang khalifah terkenal Daulah Abbasiyah di Baghdad jika dihubungkan dengan kondisi sekarang

 

 

salah seorang khalifah terkenal Daulah Abbasiyah jika dihubungkan dengan kondisi sekarang dengan tepat

 

21

 

Meneladani perkembangan Ilmu pengetahuan

Daulah Umayyah

 

 

Disajikan cerita tentang kemajuan Ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah, peserta didik dapat meneladani dalam kehidupan

sehari-hari di madrasah dengan tepat

L3

22

3.3

Mengevaluasi

proses    lahirnya Daulah Usmani

Menganalisis lahirnya                      Daulah Usmani

Sejarah lahirnya Daulah Usmani

XI/1

Disajikan sebuah cerita awal mula berdirinya Daulah Usmani, peserta didik dapat menganalisis lahirnya Daulah Usmani di Turki dengan tepat

L3

23

 

Mengidentifikasi khalifah berprestasi                        pada masa                      Daulah

Usmani

Kemajuan peradaban Islam                    masa Daulah Usmani

 

Disajikan narasi kemajuan peradaban Daulah Usmani, peserta didik dapat mengidentifikasi khalifah berprestasi masa Daulah Usmani dengan tepat

L2

24

 

Menentukan ibrah

dari              keruntuhan Daulah Usmani

Kemunduran Islam                    masa

Daulah Usmani

 

Disajikan sebuah narasi sebab-sebab kemunduran Daulah  Usmani,  peserta  didik  dapat menentukan

ibrah dari keruntuhan Daulah Usmani dengan tepat

L3

25

3.6

Mengevaluasi perkembangan ilmu pengetahuan

dan    peradaban

Menganalisis lahirnya                      Daulah Mughal

Sejarah lahirnya Daulah Mughal

XI/1

Disajikan sebuah narasi awal mula berdirinya Daulah Mughal, peserta didik dapat, menganalisis lahirnya Daulah Mughal di India dengan tepat

L3


 

 

pada                     masa

Daulah Mughal

 

 

 

 

 

26

 

Mengidentifikasi khalifah berprestasi                        pada masa                      Daulah

Mughal

Kemajuan peradaban Islam          masa Daulah Mughal

 

Disajikan narasi kemajuan peradaban Daulah Mughal, peserta didik dapat mengidentifikasi khalifah berprestasi masa Daulah Mughal dengan tepat

L2

27

 

Menentukan ibrah

dari              keruntuhan Daulah Mughal

Kemunduran Islam          masa

Daulah Mughal

 

Disajikan                    sebuah                  narasi                    kemunduran                    Daulah Mughal, peserta didik dapat menentukan ibrah

runtuhnya Daulah Mughal dengan tepat

L3

28

3.9 Menganalisis kemunduran Islam dan latar belakang munculnya

gerakan tajdid

Mengidentifikasi penyebab runtuhnya                         dunia Islam

Penjajahan barat atas dunia Islam

XI/2

Disajikan sebuah fakta sejarah tentang kebangkitan bangsa barat, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab kemunduran umat Islam dengan tepat

L1

29

 

Memberikan argumentasi sebab munculnya

gerakan tajdid

Munculnya gerakan pembaharuan

dalam Islam

 

Disajikan tentang awal munculnya gerakan pembaharuan dalam Islam, peserta didik memberikan argumentasi sebab munculnya

gerakan tajdid dalam dunia Islam dengan tepat

L2

30

 

Menilai ibrah dari munculnya gerakan tajdid

 

 

Disajikan tentang fakta sejarah tentang munculnya gerakan tajdid, peserta didik dapat menilai ibrah dari munculnya gerakan tajdid dan relevansinya dengan

perkembangan Islam masa sekarang dengan tepat

L3

31

3.10

Menganalisis tokoh-tokoh pembaharuan dalam Islam dan ide-ide

pembaharuan

Mengidentifikasi nilai positif gerakan pembaharuan dalam Islam

Gerakan pembaharuan dalam Islam

XI/2

Disajikan narasi tentang kemajuan Islam setelah munculnya gerakan pembaharuan, peserta didik dapat mengidentifikasi nilai positif gerakan pembaharuan dalam Islam dengan tepat

L1


 

 

(Ali                  Pasha, Jamaluddin                  Al- Afghani, Muhammad

Rasyid Ridha)

 

 

 

 

 

32

 

Menganalisis ide- ide pembaharuan para mujaddid

 

 

Disajikan narasi tentang ide-ide pembaharuan dari beberapa mujaddid, peserta didik dapat menganalisis ide pembaharuan dari salah satu

mujaddid dengan tepat

L2

33

 

Mengevaluasi ide- ide pembaharuan dari para mujaddid

 

 

Disajikan tentang ide pembaharuan dari beberapa mujaddid, peserta didik dapat mengevaluasi atau mengkritik ide pembaharuan dari salah satu

mujaddid dengan tepat

L3

34

3.12

Menganalisis pengaruh gerakan pembaharuan terhadap perkembangan Islam                  di

Indonesia

Menunjukkan pengaruh gerakan pembaharuan terhadap perkembangan Islam di Indonesia

Pengaruh gerakan pembaharauan Islam                          di

Indonesia

XI/2

Disajikan narasi tentang gerakan pembaharuan di Indonesia, peserta didik dapat menunjukan pengaruh gerakan pembaharuan terhadap perkembangan dakwah Islam di Indonesia dengan tepat

L1

35

 

Mengaitkan hubungan                      antara gerakan pembaharuan dengan                    lahirnya organisasi Islam di

Indonesia

 

 

Disajikan narasi tentang ide-ide tokoh mujaddid, peserta didik dapat mengaitkan antara munculnya gerakan pembaharuan dengan lahirnya organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam di Indonesia dengan tepat

L2

36

 

Merumuskan ibrah

lahirnya                    gerakan

 

 

Disajikan narasi tentang perkembangan organisasi

Islam di Indonesia, peserta didik dapat merumuskan

L3


 

 

 

pembaharuan terhadap perkembangan

Islam di Indonesia

 

 

ibrah lahirnya gerakan pembaharuan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia dengan tepat

 

37

3.13

Menganalisis munculnya organisasi Islam sebagai dampak dari adanya gerakan pembaharuan

Menentukan peran organisasi Islam dalam memperkuat kesatuan bangsa dalam konteks kebhinekaan

Peran Organisasi Islam                     di

Indonesia

XI/2

Disajikan ilustrasi tentang Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, peserta didik dapat menentukan peran organisasi Islam dalam memperkuat kehidupan berbangsa dan bernegara dalam konteks kebhinekaan.

L3

38

 

Menganalisis kedudukan organisasi      Islam dalam mewujudkan persatuan         dan

kesatuan bangsa

 

 

Disajikan infografis tentang budaya masyarakat Indonesia, peserta didik dapat menganalisis kedudukan organisasi Islam di Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa

L2

39

 

Menentuakan nilai- nilai                  yang

dikembangkan organisasi Islam di Indonesia        yang memiliki

kemajemukan

 

 

Disajikan narasi tentang kemajemukan bangsa Indonesia, peserta didik dapat menentukan nilai- nilai yang dikembangkan organisasi Islam di Indonesia dengan tepat

L3

40

3.1.

Menganalisis jalur dan proses awal            masuknya

Menjelaskan teori- teori dari sejarah masuknya Islam di Indonesia

Jalur masuknya Islam                     di

Indonesia

XII / I

Disajikan sebuah narasi tentang jalur dan proses awal masuknya Islam di Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan salah satu teori jalur masuknya Islam di Indonesia dengan tepat

L1


 

 

Islam                  di

Indonesia

 

 

 

 

 

41

 

Menentukan teori- teori dari sejarah masuknya Islam di Indonesia

 

 

Disajikan stimulus (narasi, info grafis, cerita) tentang jalur masuknya Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan teori masuknya Islam di Indonesia dengan tepat

L2

42

 

Menyimpulkan jalur masuknya Islam di Indonesia

 

 

Disajikan sebuah cerita tentang jalur masuknya Islam di Indonesia, peserta didik dapat menyimpulkan teori masuknya Islam di Indonesia

dengan tepat

L3

43

3.2 Menganalisis sejarah kerajaan Islam di Indonesia

Mengetahui Kerajaan Islam di Indonesia

Kerajaan    Islam di Indonesia

XII/1

Disajikan sebuah narasi sejarah berdirinya kerajaan Islam awal di Indonesia, peserta didik dapat mengetahui salah satu Kerajaan Islam awal yang berdiri di Indonesia dengan tepat

L1

44

 

Menentukan awal mula berdirinya Kerajaan Islam di

Indonesia

 

 

Disajikan beberapa pernyataan tentang asal usul berdirinya kerajaan Islam awal di Indonesia, peserta didik dapat menentukan proses berdirinya

Kerajaan Islam di Indonesia dengan tepat

L2

45

 

Menentukan ibrah dari berdirinya Kerajaan Islam di

Indonesia

 

 

Disajikan sebuah cerita tentang berdirinya kerajaan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan ibrah dari proses berdirinya Kerajaan Islam masa

lalau di Indonesia dengan tepat

L3

46

3.3 Menganalisis biografi Walisanga          dan perannya dalam mengembangka n       Islam              di

Indonesia

Mengetahui                        salah satu                        nama

Walisanga                          yang

pertama              kali menyebarkan Islam di Indonesia

Sejarah Walisanga

XII/1

Disajikan narasi tentang sejarah walisanga, peserta didik dapat mengetahui salah satu nama Walisanga yang pertama kali menyebarkan Islam di Pulau Jawa dengan tepat

L1


 

47

 

Menunjukkan salah satu             karya             dari

Walisanga

 

 

Disajikan narasi tentang karya Walisanga, peserta didik dapat menunjukan salah satu karya dari

Walisanga dimaksud dengan tepat

L1

48

 

Menentukan strategi dakwah

yang dilakukan oleh salah seorang Walisanga            di Indonesia

 

 

Disajikan stimulus (Cerita, tabel, narasi, info grafis), tentang strategi dakwah Walisanga peserta didik dapat menentukan strategi dakwah yang dilakukan oleh salah satu Walisanga dengan tepat

L2

49

 

Menerapkan strategi                  dakwaah Walisanga                  dalam kehidupan                      masa

sekarang

 

 

Disajikan narasi tentang strategi dakwah Walisanga, peserta didik dapat menerapkan srategi dakwah walisongo yang masih relevan untuk dilakukan pada masa sekarang dengan tepat

 

50

 

Membandingkan metode                     dakwah Walisanga                      yang satu                     dengan

lainnya

 

 

Disajikan beberapa metode dakwah yang dilakukan oleh Walisanga, peserta didik dapat membandingkan metode dakwah salah satu Walisanga dengan tepat

L3

51

 

Mengambil ibrah dari                     strategi dakwah Walisanga di Indonesia

 

 

Disajikan narasi tentang strategi dakwah Walisanga, peserta didik dapat mengambil ibrah dari strategi dakwah yang dilakukan Walisanga dalam pergaulan sehari-hari di madrasah dengan

tepat

L3

52

3.4 Menganalisis peranan kerajaan- kerajaan awal Islam terhadap

perkembangan

Mengidentifikasi peranan                  Kerajaan Islam

Kerajaan                    Islam di Indonesia

 

Disajikan sebuah cerita tentang peranan Kerajaan Islam di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi peranan kerajaan Islam di Indonesia dengan tepat

L1


 

 

Islam di Indonesia

 

 

 

 

 

53

 

Menentukan peranan                   kerajaan Islam di Indonesia

 

 

Disajikan stimulus (cerita, narasi, infografis, pernyataan) tentang peranan kerajaan Islam, peserta didik dapat menentukan peranan Kerajaan

Islam awal di Indonesia dengan tepat

L2

54

 

Mengambil ibrah dari                    peranan Kerajaan Islam di

Indonesia

 

 

Disajikan sebuah cerita tentang peranan Kerajaan Islam, peserta didik dapat mengambil ibrah dari peranan Kerajaan Islam awal di Indonesia dalam

kehidupan sehari-hari dengan tepat

L3

55

3.5 Menganalisis peran umat Islam pada masa penjajahan dan

kemerdekaan

Menjelaskan peran umat Islam pada masa penjajahan

Perjuangan umat Islam pada massa penjajahan

XII/1

Disajikan sebuah narasi tentang peran umat Islam pada masa penjajahan, peserta didik dapat menjelaskan peran umat Islam pada masa penjajahan dengan tepat

L1

56

 

Menentukan peranan                         tokoh Islam pada masa

penjajahan

 

 

Disajikan stimulus (cerita, narasi, table), tentang peranan tokoh Islam pada masa penjajahan, peserta didik dapat menentukan peranan salah satu

tokoh Islam pada masa penjajahan dengan tepat

L2

57

 

Mengambil ibrah dari peranan umat islam pada masa penjajahan dan

kemerdekaan

 

 

Disajikan sebuah Stimulus (kisah,narasi,cerita) peranan Umat Islam pada masa penjajahan, peserta didik dapat meneladani peranan umat Islam pada masa penjajahan dan kemerdekaan dalam

kehidupan di Madrasah dengan tepat

L3

58

3.6 Menganalisis peran umat Islam pada masa pasca

kemerdekaan

Mencontohkan peranan                          umat Islam pada masa pasca

kemerdekaan

Peran                     umat

Islam                   pasca kemerdekaan

XII/1

Disajikan sebuah cerita tentang peranan umat Islam pada masa pasca kemerdekaan, peserta didik dapat mencontohkan salah satu peranan tokoh umat Islam paca Kemerdekaan dengan tepat

L1


 

59

 

Menentukan peranan                          umat Islam pada masa pasca

kemerdekaan

 

 

Disajikan stimulus (cerita, narasi, infografis), tentang peranan umat Islam pada masa pasca kemerdekaan peserta didik dapat menentukan peranan umat Islam pasca kemerdekaan dengan

tepat

L2

60

 

Menyimpulkan peranan                          umat Islam pada masa pasca

kemerdekaan

 

 

Disajikan sebuah cerita tentang peranan umat Islam pada masa pasca kemerdekaan peserta didik dapat menyimpulkan peranan umat Islam pada masa pasca Kemerdekaan dengan tepat.

L3

 

Related Posts