KISI-KISI
UJIAN MADRASAH (UM)
MATA PELAJARAN
PAI DAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH TP. 2020/2021
Mata pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam Jenjang:
Madrasah Aliyah (MA)
Peminatan : MIPA/IPS/Bahasa/Keagamaan
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi |
Kelas/ Semester |
Indikator
Soal |
Level Kognitif |
1 |
3.1. Menganalisis
Kebudayaan masyarakat Mekah sebelum Islam |
Menentukan salah satu bentuk kebudayaan masyarakat Mekah sebelum Islam |
Kebudayaan
masyarakat Mekah sebelum Islam |
X/1 |
Disajikan pernyataan tentang kehidupan masyarakat Mekah
sebelum Islam, peserta didik dapat menentukan bentuk kebudayaan masyarakat
Mekah sebelum Islam dengan tepat |
L1 |
2 |
|
Menerapkan prilaku positif masyarakat Mekah sebelum Islam dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
Disajikan ilustrasi tentang salah satu prilaku positif
masyarakat Mekah sebelum Islam, peserta didik dapat menentukan prilaku
positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada masa sekarang dengan tepat |
L2 |
3 |
|
Menganalisis
kebudayaan masyarakat Mekah sebelum
Islam |
|
|
Disajikan contoh budaya
negarif masyarakat Mekah sebelum Islam, peserta didik dapat
menganalisis budaya negatif yang
tidak relevan dengan
budaya Islam dengan tepat. |
L3 |
4 |
3.2 Menganalisis substansi
dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah |
Menentukan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah |
Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah |
X/1 |
Disajikan sebuah cerita tentang dakwah Rasulullah Saw. di
Mekah peserta didik dapat menentukan salah
satu strategi dakwah
Rasulullah Saw. periode Mekah dengan tepat |
L1 |
5 |
|
Menentukan substansi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah |
|
|
Disajikan sebuah kisah dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah, peserta didik dapat menentukan substansi dakwah Rasulullah Saw.
periode Mekah dengan tepat |
|
6 |
|
Mencontoh perilaku Rasulullah Saw. dalam berdakwah periode Mekah |
|
|
Disajikan sebuah Ilustrasi tentang salah satu
contoh dakwah Rasulullah Saw. pada periode Mekah, peserta didik dapat
meneladani dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat |
L2 |
7 |
|
Menerapkan strategi dakwah Rasulullah Saw. dalam kehidupan masa kini |
|
|
Disajikan kisah tentang strategi dakwah Rasulullah Saw.
pada periode Mekah, peserta didik dapat menerapkan strategi dakwah yang
sesuai untuk dilakukan pada masa sekarang dengan tepat |
L2 |
8 |
|
Menganalisis perilaku yang mencerminkan dakwah Rasulullah Saw di
Mekah |
|
|
Disajikan sebuah narasi
tentang fenomena dakwah masa kini, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar dalam memahami keberagaman(keanekaragaman)
dalam kehidupan dengan tepat. |
L3 |
9 |
|
Mengkonstruksi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah |
|
|
Disajikan analisis strategi
dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah, peserta
didik dapat mengkonstruksi srategi dakwah Rasulullah
Saw. periode Mekah dalam kehidupan keberagamaan( keanekaragaman) sekarang dengan tepat |
L3 |
10 |
3.5 Menganalisis strategi dakwah Rasulullah Saw pada
periode Madinah |
Mejelaskan cara dakwah
Rasulullah Saw periode Madinah |
Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah |
X/1 |
Disajikan cerita tentang dakwah Rasulullah Saw. di Madinah, peserta
didik dapat menjelaskan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Madinah dengan
tepat |
L1 |
11 |
|
Mencontoh perilaku dakwah |
|
|
Disajikan sebuah narasi
tentang dakwah Rasulullah Saw. Yang
menggalang perdamaian di Madinah, |
L2 |
|
|
Rasulullah
Saw di Madinah |
|
|
peserta didik
dapat meneladani cara dakwah Rasulullah Saw. di Madinah tersebut dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat |
|
12 |
|
Menganalisis perilaku yang mencerminkan dakwah Rasulullah Saw. di
Madinah |
|
|
Disajikan sebuah contoh dakwah melalui media sosial
,peserta didik dapat menentukan sikap yang benar yang seharusnya dilakukan
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat |
L3 |
13 |
3.9 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin |
Menjelaskan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin |
|
X/2 |
Disajikan narasi tentang strategi dakwah Khulafaur
Rasyidin, peserta didik dapat menjelaskan strategi dakwah salah
satu Khulafaur Rasyidin dengan tepat |
L1 |
14 |
|
Meneladani
keberhasilan- keberhasilan yang dicapai salah satu khalifah pada masa
pemerintahan Khulafaur Rasyidin |
|
|
Disajikan
sebuah cerita tentang keberhasilan Khulafaur rasyidin, peserta didik dapat
meneladani keberhasilan-keberhasilan dari salah satu khalifah dengan tepat |
L2 |
15 |
|
Menganalisis prilaku yang mencerminkan dakwah Khulafaur Rasyidin |
|
|
Disajikan sebuah narasi tentang strategi dakwah Khulafaur Rasyidin peserta didik dapat
menerapkan prilaku yang sesuai dengan dakwah Khulafaur Rasyidin di
Madrasah dengan tepat |
L3 |
16 |
3.11 Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan |
Menentukan
keberhasilan- keberhasilan yang dicapai
pada masa |
Perkembangan peradaban dan Ilmu pengetahuan |
X/2 |
Disajikan sebuah cerita, tentang keberhasilan Daulah
Umayyah, peserta didik dapat menentukan kemajuan-kemajuan yang dicapai
pemerintahan |
L1 |
|
ilmu pengetahuan pada masa Daulah
Umayyah di Damaskus |
Daulah Umayyah di Damaskus dalam bidang
pemerintahan |
Daulah Umayyah di Damaskus |
|
Daulah Umayyah dalam bidang pemerintahan dengan tepat |
|
17 |
|
Mengidentifikasi perkembangan peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayah di Damaskus |
|
|
Disajikan sebuah cerita tentang perkembangan peradaban dan
ilmu pengetahuan Daulah Umayyah, peserta didik dapat menentukan tokoh
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayah di
Damaskus dengan tepat |
L2 |
18 |
|
Menentukan ibrah dari keberhasilan khalifah
berprestasi masa Daulah
Umayyah di Damaskus |
|
|
Disajikan beberapa narasi tentang keistimewaan khalifah
berprestasi masa Daulah Umayyah, peserta didik dapat menentukan ibrah dari keberhasilan yang dicapai
khalifah berprestasi dengan tepat |
L3 |
19 |
3.2 Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah |
Menentukan perbedaan tokoh- tokoh ilmuwan muslim dan karyanya dalam perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani |
Perkembangan peradaban dan Ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah |
XI/2 |
Disajikan beberapa pernyataan tentang karya ilmuwan muslim,
peserta didik dapat membedakan beberapa ilmuwan muslim dan karyanya dalam
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan masa Daulah Abbasiyah dengan
tepat. |
L1 |
20 |
|
Menentukan ibrah dari keberhasilan- keberhasilan salah |
|
X/2 |
Disajikan
narasi jasa-jasa salah seorang khalifah Daulah Abbasiyah, peserta didik
dapat menentukan ibrah dari keberhasilan-keberhasilan/ jasa-jasa |
L2 |
|
|
seorang
khalifah terkenal Daulah Abbasiyah di Baghdad jika dihubungkan dengan kondisi
sekarang |
|
|
salah seorang khalifah terkenal Daulah Abbasiyah jika
dihubungkan dengan kondisi sekarang dengan tepat |
|
21 |
|
Meneladani
perkembangan Ilmu pengetahuan Daulah
Umayyah |
|
|
Disajikan cerita tentang kemajuan Ilmu pengetahuan pada
masa Daulah Abbasiyah, peserta didik dapat meneladani dalam kehidupan sehari-hari di madrasah dengan tepat |
L3 |
22 |
3.3 Mengevaluasi proses lahirnya
Daulah Usmani |
Menganalisis lahirnya Daulah Usmani |
Sejarah
lahirnya Daulah Usmani |
XI/1 |
Disajikan sebuah cerita awal mula berdirinya Daulah Usmani,
peserta didik dapat menganalisis lahirnya Daulah Usmani di Turki dengan tepat |
L3 |
23 |
|
Mengidentifikasi khalifah berprestasi pada masa Daulah Usmani |
Kemajuan peradaban Islam masa Daulah Usmani |
|
Disajikan narasi kemajuan peradaban Daulah Usmani, peserta
didik dapat mengidentifikasi khalifah berprestasi masa Daulah Usmani dengan
tepat |
L2 |
24 |
|
Menentukan ibrah dari keruntuhan Daulah Usmani |
Kemunduran Islam masa Daulah Usmani |
|
Disajikan
sebuah narasi sebab-sebab kemunduran Daulah
Usmani, peserta didik
dapat menentukan ibrah dari keruntuhan Daulah Usmani dengan tepat |
L3 |
25 |
3.6 Mengevaluasi
perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban |
Menganalisis
lahirnya Daulah Mughal |
Sejarah
lahirnya Daulah Mughal |
XI/1 |
Disajikan sebuah narasi awal mula berdirinya Daulah Mughal,
peserta didik dapat, menganalisis lahirnya Daulah Mughal di India dengan
tepat |
L3 |
|
pada masa Daulah
Mughal |
|
|
|
|
|
26 |
|
Mengidentifikasi
khalifah berprestasi pada masa Daulah Mughal |
Kemajuan peradaban Islam masa Daulah Mughal |
|
Disajikan narasi kemajuan peradaban Daulah Mughal, peserta
didik dapat mengidentifikasi khalifah berprestasi masa Daulah Mughal dengan
tepat |
L2 |
27 |
|
Menentukan ibrah dari keruntuhan Daulah Mughal |
Kemunduran Islam masa Daulah
Mughal |
|
Disajikan sebuah narasi kemunduran Daulah Mughal, peserta didik dapat menentukan ibrah runtuhnya
Daulah Mughal dengan tepat |
L3 |
28 |
3.9
Menganalisis kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid |
Mengidentifikasi penyebab runtuhnya dunia Islam |
Penjajahan
barat atas dunia Islam |
XI/2 |
Disajikan sebuah fakta
sejarah tentang kebangkitan bangsa barat, peserta didik
dapat mengidentifikasi penyebab kemunduran umat Islam dengan tepat |
L1 |
29 |
|
Memberikan
argumentasi sebab munculnya gerakan tajdid |
Munculnya
gerakan pembaharuan dalam Islam |
|
Disajikan tentang awal munculnya gerakan pembaharuan dalam
Islam, peserta didik memberikan argumentasi sebab munculnya gerakan tajdid
dalam dunia Islam dengan tepat |
L2 |
30 |
|
Menilai ibrah dari munculnya gerakan tajdid |
|
|
Disajikan tentang fakta sejarah tentang munculnya gerakan tajdid, peserta didik dapat menilai ibrah dari munculnya gerakan tajdid dan relevansinya dengan perkembangan Islam masa sekarang dengan tepat |
L3 |
31 |
3.10 Menganalisis
tokoh-tokoh pembaharuan dalam Islam dan ide-ide pembaharuan |
Mengidentifikasi
nilai positif gerakan pembaharuan dalam Islam |
Gerakan
pembaharuan dalam Islam |
XI/2 |
Disajikan narasi tentang kemajuan Islam setelah munculnya
gerakan pembaharuan, peserta didik dapat mengidentifikasi nilai positif
gerakan pembaharuan dalam Islam dengan tepat |
L1 |
|
(Ali Pasha, Jamaluddin Al- Afghani,
Muhammad Rasyid Ridha) |
|
|
|
|
|
32 |
|
Menganalisis ide- ide pembaharuan para mujaddid |
|
|
Disajikan narasi tentang ide-ide pembaharuan dari beberapa mujaddid, peserta didik dapat
menganalisis ide pembaharuan dari salah satu mujaddid dengan tepat |
L2 |
33 |
|
Mengevaluasi ide- ide pembaharuan dari para mujaddid |
|
|
Disajikan tentang ide pembaharuan dari beberapa mujaddid, peserta didik dapat
mengevaluasi atau mengkritik ide pembaharuan dari salah satu mujaddid dengan tepat |
L3 |
34 |
3.12 Menganalisis pengaruh gerakan pembaharuan terhadap
perkembangan Islam di Indonesia |
Menunjukkan
pengaruh gerakan pembaharuan terhadap perkembangan Islam di Indonesia |
Pengaruh gerakan pembaharauan Islam di Indonesia |
XI/2 |
Disajikan narasi tentang gerakan pembaharuan di Indonesia, peserta
didik dapat menunjukan pengaruh gerakan pembaharuan terhadap perkembangan
dakwah Islam di Indonesia dengan tepat |
L1 |
35 |
|
Mengaitkan
hubungan antara gerakan
pembaharuan dengan lahirnya organisasi Islam di Indonesia |
|
|
Disajikan narasi tentang ide-ide tokoh mujaddid, peserta didik dapat mengaitkan antara munculnya gerakan
pembaharuan dengan lahirnya organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam di
Indonesia dengan tepat |
L2 |
36 |
|
Merumuskan ibrah lahirnya gerakan |
|
|
Disajikan narasi tentang perkembangan organisasi Islam di Indonesia, peserta didik dapat merumuskan |
L3 |
|
|
pembaharuan
terhadap perkembangan Islam di Indonesia |
|
|
ibrah lahirnya
gerakan pembaharuan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia dengan tepat |
|
37 |
3.13 Menganalisis munculnya organisasi Islam sebagai
dampak dari adanya gerakan pembaharuan |
Menentukan peran organisasi Islam dalam memperkuat kesatuan
bangsa dalam konteks kebhinekaan |
Peran Organisasi Islam di Indonesia |
XI/2 |
Disajikan ilustrasi tentang Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, peserta didik
dapat menentukan peran organisasi Islam dalam memperkuat kehidupan berbangsa
dan bernegara dalam konteks kebhinekaan. |
L3 |
38 |
|
Menganalisis kedudukan organisasi Islam
dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa |
|
|
Disajikan infografis tentang budaya masyarakat Indonesia,
peserta didik dapat menganalisis kedudukan organisasi Islam di Indonesia
dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa |
L2 |
39 |
|
Menentuakan nilai- nilai yang dikembangkan
organisasi Islam di Indonesia yang
memiliki kemajemukan |
|
|
Disajikan narasi tentang kemajemukan bangsa Indonesia,
peserta didik dapat menentukan nilai- nilai yang dikembangkan organisasi
Islam di Indonesia dengan tepat |
L3 |
40 |
3.1. Menganalisis jalur dan proses
awal masuknya |
Menjelaskan teori- teori dari sejarah masuknya Islam di
Indonesia |
Jalur masuknya Islam di Indonesia |
XII / I |
Disajikan sebuah narasi tentang jalur dan proses awal
masuknya Islam di Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan salah satu teori
jalur masuknya Islam di Indonesia dengan tepat |
L1 |
|
Islam di Indonesia |
|
|
|
|
|
41 |
|
Menentukan teori- teori dari sejarah masuknya Islam di Indonesia |
|
|
Disajikan stimulus (narasi, info grafis, cerita) tentang jalur
masuknya Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan teori masuknya
Islam di Indonesia dengan tepat |
L2 |
42 |
|
Menyimpulkan jalur masuknya
Islam di Indonesia |
|
|
Disajikan sebuah cerita tentang jalur masuknya Islam di
Indonesia, peserta didik dapat menyimpulkan teori masuknya Islam di Indonesia dengan tepat |
L3 |
43 |
3.2 Menganalisis sejarah
kerajaan Islam di Indonesia |
Mengetahui
Kerajaan Islam di Indonesia |
Kerajaan Islam di
Indonesia |
XII/1 |
Disajikan sebuah narasi
sejarah berdirinya kerajaan Islam awal di Indonesia,
peserta didik dapat mengetahui salah satu Kerajaan Islam awal yang berdiri di
Indonesia dengan tepat |
L1 |
44 |
|
Menentukan awal mula
berdirinya Kerajaan Islam di Indonesia |
|
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang asal usul berdirinya
kerajaan Islam awal di Indonesia, peserta didik dapat menentukan proses
berdirinya Kerajaan Islam di Indonesia dengan tepat |
L2 |
45 |
|
Menentukan ibrah dari berdirinya Kerajaan Islam di Indonesia |
|
|
Disajikan sebuah cerita tentang berdirinya kerajaan Islam di Indonesia, peserta
didik dapat menentukan ibrah dari proses
berdirinya Kerajaan Islam
masa lalau di Indonesia dengan tepat |
L3 |
46 |
3.3 Menganalisis biografi
Walisanga dan perannya dalam
mengembangka n Islam di Indonesia |
Mengetahui salah satu nama Walisanga yang pertama kali menyebarkan Islam di Indonesia |
Sejarah
Walisanga |
XII/1 |
Disajikan narasi tentang sejarah walisanga, peserta didik dapat mengetahui salah
satu nama Walisanga yang pertama kali menyebarkan
Islam di Pulau Jawa dengan tepat |
L1 |
47 |
|
Menunjukkan salah
satu karya dari Walisanga |
|
|
Disajikan
narasi tentang karya Walisanga, peserta didik dapat menunjukan salah satu
karya dari Walisanga
dimaksud dengan tepat |
L1 |
48 |
|
Menentukan strategi dakwah yang dilakukan oleh
salah seorang Walisanga di
Indonesia |
|
|
Disajikan stimulus (Cerita, tabel, narasi, info grafis), tentang strategi dakwah
Walisanga peserta didik dapat menentukan strategi dakwah yang dilakukan oleh
salah satu Walisanga dengan tepat |
L2 |
49 |
|
Menerapkan strategi dakwaah Walisanga dalam kehidupan masa sekarang |
|
|
Disajikan narasi tentang strategi dakwah Walisanga, peserta
didik dapat menerapkan srategi
dakwah walisongo yang masih relevan untuk dilakukan pada masa sekarang dengan tepat |
|
50 |
|
Membandingkan metode dakwah Walisanga yang satu dengan lainnya |
|
|
Disajikan beberapa metode
dakwah yang dilakukan oleh Walisanga, peserta didik
dapat membandingkan metode dakwah salah satu Walisanga dengan tepat |
L3 |
51 |
|
Mengambil ibrah dari strategi dakwah
Walisanga di Indonesia |
|
|
Disajikan narasi tentang strategi dakwah Walisanga, peserta
didik dapat mengambil ibrah dari
strategi dakwah yang dilakukan Walisanga dalam pergaulan sehari-hari di
madrasah dengan tepat |
L3 |
52 |
3.4 Menganalisis peranan
kerajaan- kerajaan awal Islam terhadap perkembangan |
Mengidentifikasi
peranan Kerajaan Islam |
Kerajaan Islam di
Indonesia |
|
Disajikan sebuah cerita tentang peranan Kerajaan Islam di Indonesia,
peserta didik dapat mengidentifikasi peranan kerajaan Islam di Indonesia
dengan tepat |
L1 |
|
Islam di Indonesia |
|
|
|
|
|
53 |
|
Menentukan peranan kerajaan Islam di Indonesia |
|
|
Disajikan stimulus (cerita, narasi, infografis, pernyataan)
tentang peranan kerajaan Islam, peserta didik dapat menentukan peranan
Kerajaan Islam awal di Indonesia dengan tepat |
L2 |
54 |
|
Mengambil ibrah dari peranan Kerajaan
Islam di Indonesia |
|
|
Disajikan sebuah cerita tentang peranan Kerajaan Islam,
peserta didik dapat mengambil ibrah dari
peranan Kerajaan Islam awal di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat |
L3 |
55 |
3.5 Menganalisis peran umat
Islam pada masa penjajahan dan kemerdekaan |
Menjelaskan peran umat Islam pada masa penjajahan |
Perjuangan
umat Islam pada massa penjajahan |
XII/1 |
Disajikan sebuah narasi tentang peran umat Islam pada masa penjajahan,
peserta didik dapat menjelaskan peran umat Islam pada masa penjajahan dengan
tepat |
L1 |
56 |
|
Menentukan peranan tokoh Islam pada masa penjajahan |
|
|
Disajikan stimulus (cerita, narasi, table), tentang peranan
tokoh Islam pada masa penjajahan, peserta didik dapat
menentukan peranan salah
satu tokoh Islam pada masa penjajahan dengan tepat |
L2 |
57 |
|
Mengambil ibrah dari
peranan umat islam pada masa penjajahan dan kemerdekaan |
|
|
Disajikan sebuah Stimulus (kisah,narasi,cerita) peranan
Umat Islam pada masa penjajahan, peserta didik dapat
meneladani peranan umat
Islam pada masa penjajahan
dan kemerdekaan dalam kehidupan di Madrasah dengan tepat |
L3 |
58 |
3.6 Menganalisis peran umat
Islam pada masa pasca kemerdekaan |
Mencontohkan peranan umat Islam pada masa pasca kemerdekaan |
Peran umat Islam pasca kemerdekaan |
XII/1 |
Disajikan sebuah cerita
tentang peranan umat
Islam pada masa pasca kemerdekaan, peserta didik dapat mencontohkan
salah satu peranan tokoh umat Islam paca Kemerdekaan dengan tepat |
L1 |
59 |
|
Menentukan peranan umat Islam pada masa pasca kemerdekaan |
|
|
Disajikan stimulus (cerita, narasi, infografis), tentang
peranan umat Islam pada masa pasca kemerdekaan peserta didik dapat menentukan
peranan umat Islam pasca kemerdekaan dengan tepat |
L2 |
60 |
|
Menyimpulkan peranan umat Islam pada masa pasca kemerdekaan |
|
|
Disajikan sebuah cerita
tentang peranan umat
Islam pada masa pasca
kemerdekaan peserta didik
dapat menyimpulkan peranan umat Islam pada masa pasca Kemerdekaan dengan tepat. |
L3 |