Mengenal Ilmu Ekonomi (Definisi dan Sejarah Lahirnya Ilmu Ekonomi)


Mengenal Ilmu Ekonomi

Manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berbagai kegiatan sehari-hari yang dilakukan manusia secara langsung dan tidak langsung menerapkan ilmu ekonomi. Tidak hanya itu, ilmu ekonomi membahas kelangkaan, kebutuhan manusia, tindakan ekonomi, dan motif ekonomi.

1. Pengertian Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi merupakan cabang Ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku ekonomi terkait pengambilan keputusan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Ilmu ekonomi diperlukan sebagai kerangka berpikr untuk menentukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas.

Definisi Ilmu ekonomi menurut para pakar sebagai berikut :

a. Paul A. Samuelson
Paul A. Samuelson, ekonom Amerika Serikat, menyatakan Ilmu ekonomi adalah studi mengenai individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan dengan atau tanpa menggunakan uang, dengan menggunakan sumber daya yang tebatas untuk menghasilkan barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi.

b. J. M. Keynes
Menurut  J. M. Keynes, pakar ekonomi asal Inggris, ilmu ekonomi merupakan suatu teknik berpikir yang berguna untuk mempertimbangkan sejumlah biaya serta bagian dari keuntungannya.

Ilmu ekonomi yang dipelajari manusia memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan. Manfaat mempelajari ilmu ekonomi sebagai berikut :
a. Ilmu ekonomi sangat berperan penting untuk mengatur kebutuhan manusia.
b. Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup.
c. Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial/masyarakat.
d. Ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa sosial dan bersifat teliti (cermat) serta ekonomis.
e. Ilmu ekonomi dapat melatih seseorang mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.

2. Lahirnya Ilmu Ekonomi
Ekonomi atau economic berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos atau oiku dan nomos yang berarti peraturan rumah tangga. Ekonomi adalah semua yang menyangkut dan berhubungan dengan kehidupan rumah tangga. Rumah tangga yang dimaksud tidak hanya merujuk pada satu keluarga (ayah, ibu, anak), tetapi rumah tangga yang lebih luas yaitu rumah tangga bangsa, negara, dan dunia.

Dalam perkembangannya istilah ekonomi identik dengan terjangkau, hemat, dan sederhana. Tidak heran, istilah ekonomi sering kita jumpai pada barang-barang yang dijual murah, misalnya paket ekonomi, kemasan ekonomi, dan kelas ekonomi. Pemikiran Adam Smith membawa pengaruh besar terhadap perkembangan ilmu ekonomi hingga sekarang. Pada perkembangannya teori ekonomi tidak terbatas pada definisi, tetapi pada tujuan penerapan ilmu ekonomi. 

Wonnacot, seorang ekonom Amerika, menjelaskan tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi sebagai berikut :
a. Membantu mengatasi masalah ketenagakerjaan, pengangguran, tingkat upah, kesempatan kerja, dan hubungan kerja.
b. Membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah tingkat harga dan inflasi.
c. Membantu pelaku ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi secara menguntungkan.
d. Distribusi pendapatan secara adil diupayakan pemerintah dan masyarakat dalam rangka mencapai tingkat kesejahteraan hidup.
e. Pertumbuhan ekonomi yang mengarah pada penyelenggaraan pembangunan secara adil dan merata.

Related Posts

There is no other posts in this category.