Tips Mudah Menulis Konten Blog yang SEO Friendly

Format Menulis Blog, Website itu tidak sama dengan menulis buku / majalah, Tips dan langkah mulai menulis artikel berkualitas  yang di dalamnya terkandung unsur SEO Friendly.

Konten berkualitas, pondasi dasar SEO, Artikel menentukan blogger akan kesuksesanya, pastikan semua kontan di buat dengan baik dan benar.

Artikel Berkualitas itu Seperti Apa?

Sebuah konten, artikel bisa dikategorikan berkualitas, jika:

-          Memberikan jawaban – solusi yang tepat, benar, lengkap atas pertanyaan?, masalah kebanyakan user di internet

-          Konten Dapat menjadi rukukan yang dapat memecahkan dan menyelesaikan masalah user

-          Disampaikan secara ringan, simple dan mudah dipahami user, ini mencakup bahasa dan format penulisan konten

-          User puas atas isi konten yang disampaikan sehingga tidak pindah ke website lain untuk mencari  informasi yang sama. Sebagai indikator berikan fitur rating, reviews dan share ke sosial media.

-          Isi konten atau artikel mengupas secara rinci, jelas, lengkap berdasarkan topik yang disampaikan.

Persiapan Sebelum Menulis

Tips persiapan sebelum kamu mulai menulis:

-          Tentukan topik konten, haruslah spesifik dan semakin spesifik semakin on-target untuk pembaca

-          Riset keyword utama dan keyword turunan dengan topik diatas, tool riset: keyword everywhare, Google keyword planner.

-          Tentukan tujuan penulisan, goal kamu membuat artikel untuk apa ?

-          Rumuskan ide pokok / masalah, secara umum konten untuk menjawab suatu pertanyaan ? atau hanya sekedar info (news).

-          Buatlah kesimpulan atau penutup.

Mencari Referensi Artikel

Referensi merupakan link rujukan / referensi bacaan yang sudah tersedia sebelumnya, ini menjadi Ide suatu artikel yang akan dituangkan dalam isi konten.

Supaya artikel miliki bobot, kamu perlu membaca lebih banyak referensi yang sesuai dengan konten artikel yang akan di create.

Caranya:

-          Ambil 5 – 7 sample artikel sejenis yang telah tayang dihalaman 1 google berdasarkan keyword ditarget

-          Bandingkan isi konten masing-masing web, cek kelebihan dan kekurangan

-          Ambil semua point penting didalam web referensi, rangkum untuk jadikan kerangka artikel

-          Tambahkan ide baru kamu untuk menjadikan konten itu unik dan sempurna.

-          Harap dipastikan Info sumber referensi adalah valid, update, dan terpercaya.

Tentukan Konsep Penulisan

Struktur Konten Pilar, dapat diartikan sebagai Artikel pokok yang membahas topik / keyword utama dan sub-sub pokok dalam artikel.

Konstruksi Konten SEO

-          Susun Daftar Isi (kerangka konten) untuk setiap Heading / sub judul, tulis format tag (H2, H3, H4)

-          Membuat Navigasi Links yang jelas pada konten lainya yang membahas sub-sub pokok atau yang masih berhubungan

-          Sampaikan semua pembahasan topik konten secara lengkap dan mendalam.

Membuat konten yang SEO itu komplek tentunya harus melihat konten persaing yang sudah ada di google, serta harus memahami apa yang di inginkan / cari oleh pembaca.

Tidak berhenti disini titik berat adalah apa perbedaan atau keunggulan konten / artikel yang akan di buat dengan konten yang sudah ada di google, sehingga konten memiliki informasi sudut pandang beda + lengkap, berbeda namun memberikan info secara lengkap + detail.

Format Penulisan

-          Gunakan font yang mudah dibaca: Font-font seperti Arial, Helvetica, Open Sans, Roboto, Georgia

-          Ukuran huruf antara 13 – 16px

-          Lebar horizontal antara 480 – 720px

-          Line-height antara 1.5 – 2em

-          Margin di bawah paragraf antara 1.5 – 2em.

Mulai Menulis

Judul Post atau artikel SEO friendly dan menarik, menjadi faktor penting untuk Optimasi SEO, dimana yang pertama kali dilihat calon pengunjung adalah judulnya.

1.) Judul Konten

Menarik, lengkap dan harus mengandung kata yang membuat tertarik dalam 5 detik

Panjang karakter  5-7 (berdasarkan jumlah karakter pada hasil penelusuran google)

mengandung 1 keyword (kata kunci) untuk keperluan SEO.

Rumus

Rahasia Judul Post SEO: kata depan + keyword + long tail keyword + kata pemanis

Contoh

A: Cara membuat donat [ salah ]

B: 3 Cara membuat donat yang enak & desain menarik [ benar ]

Keterangan

[A] isi judul sangat standar dan biasa + tidak lengkap atau kurang menarik, [B] memiliki kalimat lengkap, menarik dan mengandung kata yang menimbulkan penasaran (Enak | Terbaru).

Note: Jangan pernah membuat judul dengan metode “klik bait”, ini akan membuat user kecewa, pastikan judul relevan dengan isi konten.

2.) Meta deskripsi

Meta deskripsi merupakan ringkasan singkat yang mewakili semua isi konten, di dalam menilis artikel meta deskripsi akan muncul dari 150 kata di paragraf pertama.

Jika kamu membuat blog lewat WordPress bisa menggunakan plugin SEO [ All in SEO One ], untuk edit (custome) meta deskripsi.

Syarat:

-          Panjang karakter maximal 160

-          Mengandung 1 keyword [kata kunci]

-          Kalimat meta deskripsi harus mewaliki semua dari semua isi konten.

3.) URL Artikel

Buat URL Links pada post atau Artikel konten yang SEO, seperi contoh:

www.mydomain.com/cara-menulis-konten (benar)

www.mydomain.com/cara_menulis-konten34 (salah)

Tips: Bisa gunakan (www) atau non-www, edit Permalink URL menjadi pendek dan mudah ditulis / baca, rekomendasi samakan dengan keywords utama konten.

4.) Isi Konten

Menulis isi artikel Berkualitas itu gampang-gampang sulit, dimana konten dari isi artikel harus berupa informasi pokok yang dapat menyelesaikan permasalahan atau pembahasan dengan sumber terpercaya, tentunya ini harus ada riset atau rujukan dari pakar dibidangnya.

Pastikan website / blog yang kamu bangun harus relevan dengan Hobi atau ahli dibidangnya, sehingga akan mudah membuat sebuah konten berkualitas atas jawaban jadi user.

Guna keperluan SEO secara teknis: Tambahkan atribut pelengkap berupa Gambar atau vidio, Jangan lupa optimasi gambar dengan menambahkan tag: ALT=”keyword”.

Berapa Jumlah kata dalam 1 artikel ?

Jumlah minimal untuk seo format artikel = 300 – 2000 kata, namun bisa disesuaikan topik yang dibahas (bersifat kondisional). Pada intinya tulis saja semua isi konten secara lengkap, detail dan jelaskan secara mendalam.

Susun isi artikel menjadi beberapa paragraf dan 1 paragraf maximal maksimal 3-4 baris, dengan panjang horizontal tidak lebih dari 20 kata.

5.) Sub-heading

Sub-heading / sub judul dalam konten sangat penting dimana ini berfungsi untuk membagi konten dalam topik turunanan, format sub judul:

<h1> untuk judul artikel, ini bisanya sudah automatis jadi tidak perlu seting lagi

<p> judul tagline bawah gambar utama, awal paragraf pertama (Optional untuk gambar)

<h3> sub-heading dalam konten

<h4> turunan sub-heading

Contoh Paragraf:

A: “Apakah anda akan membuka website yang isinya berkualitas, menarik, dan bermanfaat bagi anda…atau website yang cuma berisi artikel asal tulis? Pasti yang pertama. Ya kan? Jadi anda HARUS bisa membuat konten blog yang lebih bagus daripada blog-blog lainnya. Itu kuncinya. Nah, untuk bisa membuat konten yang bagus, maka anda wajib memilih topik yang anda minati/kuasai dan dianggap menarik oleh banyak orang.”

B: “Apakah anda akan membuka website yang isinya berkualitas, menarik, dan bermanfaat bagi anda…atau website yang cuma berisi artikel asal tulis? Pasti yang pertama.

Ya kan? Jadi anda HARUS bisa membuat konten blog yang lebih bagus daripada blog-blog lainnya.

Itu kuncinya. Nah, untuk bisa membuat konten yang bagus, maka anda wajib memilih topik yang anda minati/kuasai dan dianggap menarik oleh banyak orang.”

Menurut kamu dari contoh paragraf diatas mana yang lebih nyaman di lihat / baca ?: [ B ] YA ! benar sekali.

6.) Keyword dalam Konten

Tuliskan keyword di dalam konten dengan konsep penempatan di:

-          Awal Judul

-          Meta deskripsi

-          100 kata paragraf pertama

-          Tengah konten

-          Akhir konten

Kamu harus merangkai keyword dengan kalimat sehingga enak dibaca dan relevan.

7.) Link di Konten

Manfaat link aktif dalam konten bisa dimanfaatkan sebagai rujukan konten atau koneksi dengan konten lainya (internalink), jumlah maksimal 3 link aktif atau bisa disesuikan berdasarkan kebutuhan.

8.) Media Konten

Saat ini media menjadi 1 hal penting sebagai pelengkap konten yang berupa format: gambar, video atau MP3, direkomendasikan menambahkan 1 gambar utama yang menarik pada bagian atas artikel dibawah judul, jika memang perlu bisa tambahkan video / mp3.

media konten bertujuan untuk memperjelas sebuah artikel / konten sehingga user dapat mendapatkan informasi secara lengkap.

Disclaimer

Pada dasarnya menulis artikel blog harus fokus berisi sebuah jawaban terbaik atas pertayaan user dan mengutamakan kenyamanan pengunjung.

 

Related Posts

There is no other posts in this category.