Integrasi Dalam Bhineka Tunggal Ika

 

INTEGRASI DALAM BHINEKA TUNGGAL IKA

 

 

 

 

 

 

logo_smkn_4_mtr_2018.jpg

 

 

 

Nama: Ni Made Putri Gayatri

No.a    : 19

Kelas/jurusan : X /Busana 1

 

 

 

 

 

SMKN 4 MATARAM

 

 

 

 

KATA PENGANTAR


            Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan saya kesehatan dan kesempatan waktu sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

            Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang turut terlibat dalam pembuatan makalah ini, yang telah memberikan dukungan kepada saya berupa dukungan moral dan materi sehingga kami mampu menyelesaikan makalah ini dengan baik.

     DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR...............................................................................  i

DAFTAR ISI.............................................................................................   ii

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah..........................................................................    1

B.     Rumusan Masalah.................................................................................     2

C.     Tujuan....................................................................................................    3

D.    Ruang Lingkup.......................................................................................    3

BAB II KAJIAN TEORI

A.    Pengertian Ke-Bhinekatuggal Ika-An Dalam Konteks Keragman

Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia.................................................   4

B.     Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia.............................    5

C.     Memahami Keberagaman Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.........    11       

D.    Perilaku Toleran Terhadap Keberagaman Di Indonesia.......................     15       

E.     Fungsi Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Alat Pemersatu Bangsa............     17

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan..........................................................................................   20

B.     Saran....................................................................................................   20

DAFTAR PUSTAKA............................................................................  31


 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan serta keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, bahasa daerah, dan masih banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keragaman budaya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyan nya, Bhineka Tunggal Ika yang artinya "meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua". Keragaman budaya turut serta didukung oleh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terpisah wilayah-wilayahnya oleh lautan.

Keragaman merupakan suatu kondisi pada kehidupan masyarakat. Perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa, agama, ras, serta budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa indonesia. Pemerintah harus bisa mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional menuju indonesia yang lebih baik.

Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk. Hal ini tercermin dari semboyan “Bhinneka tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa.

Adat istiadat, kesenian, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik yang dimiliki oleh suku-suku bangsa yang ada di Indonesia memang berbeda, namun selain perbedaan suku-suku itu juga memiliki persamaan antara lain hukum, hak milik tanah, persekutuan, dan kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.

Adanya keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia tercinta ini terkadang menjadi pemicu timbulnya kesalahpahaman dan berakhir konflik antar suku misalnya yang telah kita ketahui bersama hal ini sering terjadi di tanah Papua.

Konflik antar suku ini tentunya akan menimbulkan dampak yang negatif bagi kerukunan rakyat berbudaya kita dimana kita rakyat Indonesia yang memiliki begitu banyak keragaman tidak merasa damai dalam menjalankan budaya yang terdapat di dalam masing-masing suku.

Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia ini seharusnya menjadi penyemarak keindahan Indonesia sebagaimana kata bijak mengatakan “Pelangi itu tak akan indah jika hanya memiliki satu warna” yang harus menghasilkan kedamaian berdasarkan toleransi dan kesejahteraan antar suku yang telah hidup dan berkembang sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Dewasa ini, kita memiliki banyak pekerjaan rumah sebagai rakyat Indonesia yang berbudaya antara lain adalah menjaga, melestarikan serta mewariskan keragaman tersebut agar kelak tidak punah dari Indonesia sehingga Indonesia akan terus tetap dikenang sebagai sebuah negara yang memiliki keragaman suku bangsa dan budaya sampai ke anak cucu. Selain menjaga, melestarikan dan mewariskan yang menjadi pekerjaan kita juga sekarang ini adalah bagaimana kita tetap menjaga kerukunan dalam menjalankan budaya-budaya pada masing-masing suku.

Berhubungan dengan masalah-masalah ini, saya berkesempatan untuk mengemukakan argumen saya tentang ke-bhineka tunggal ika-an dalam suku bangsa dan budaya di Indonesia.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa saja keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia ?

2.      Bagaimana Memahami Keberagaman dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika?

3.      Bagaimana Perilaku Toleran terhadap Keberagaman di Indonesia ?

4.      Apa fungsi Bhineka Tunggal Ika ?

C.    Ruang Lingkup Pembahasan

Ruang lingkup pembahasan dalam makalah ini adalah mengenai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, memahami makna keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, sikap kita dalam menghadapi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, dan fungsi Bhineka Tunggal Ika.


 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian Ke-Bhinekatuggal Ika-An Dalam Konteks Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia

a.       Pengertian Bhineka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beranekaragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Begitu juga bendera kebangsaan merah putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila. 

b.      Pengertian Suku Bangsa dan Budaya

Suku bangsa adalah golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan kesatuan kebudayaan. Orang-orang yang tergolong dalam satu suku bangsa tertentu, pastilah mempunyai kesadaran dan identitas diri terhadap kebudayaan suku bangsanya, misalnya dalam penggunaan bahasa daerah serta mencintai kesenian dan adat istiadat.

Suku-suku bangsa yang tersebar di Indonesia merupakan warisan sejarah bangsa, persebaran suku bangsa dipengaruhi oleh factor geografis, perdagangan laut, dan kedatangan para penjajah di Indonesia. Masyarakat Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa. DiIndonesia terdapat kurang lebih 300 suku bangsa. Setiap suku bangsa hidup dalam kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaan berbeda-beda satu sama lain. Jumlah suku bangsa di Indonesia ratusan jumlahnya.

B.     Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia

1.      Keragaman suku bangsa

Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk. Hal ini tercermin dari semboyan “Bhinneka tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa.

Adat istiadat, kesenian, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik yang dimiliki oleh suku-suku bangsa yang ada di Indonesia memang berbeda, namun selain perbedaan suku-suku itu juga memiliki persamaan antara lain hukum, hak milik tanah, persekutuan, dan kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.

Suku-suku bangsa yang tersebar di Indonesia merupakan warisan sejarah bangsa, persebaran suku bangsa dipengaruhi oleh factor geografis, perdagangan laut, dan kedatangan para penjajah di Indonesia. perbedaan suku bangsa satu dengan suku bangsa yang lain di suatu daerah dapat terlihat dari ciri-ciri berikut ini :

a. Tipe fisik, seperti warna kulit, rambut, dan lain-lain.

b. Bahasa yang dipergunakan, misalnya Bahasa Batak, Bahasa Jawa, Bahasa Madura, dan lain-lain.

c. Adat istiadat, misalnya pakaian adat, upacara perkawinan, dan upacara kematian.

d. Kesenian daerah, misalnya Tari Janger, Tari Serimpi, Tari Cakalele, dan Tari Saudati.

e. Kekerabatan, misalnya patrilineal(sistem keturunan menurut garis ayah) dan matrilineal(sistem keturunan menurut garis ibu).

f. Batasan fisik lingkungan, misalnya Badui dalam dan Badui luar.

Masyarakat Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa. Di Indonesia terdapat kurang lebih 300 suku bangsa. Setiap suku bangsa hidup dalam kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaan berbeda-beda satu sama lain. Jumlah suku bangsa di Indonesia ratusan jumlahnya.

2.      Keanekaragaman Budaya Bangsa di Indonesia

Bangsa Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya. Tiap daerah atau masyarakat mempunyai corak dan budaya masing-masing yang memperlihatkan ciri khasnya. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai bentuk kegiatan sehari-hari, misalnya upacara ritual, pakaian adat, bentuk rumah, kesenian, bahasa, dan tradisi lainnya. Contohnya adalah pemakaman daerah Toraja, mayat tidak dikubur dalam tanah tetapi diletakkan dalam goa. Di daerah Bali, mayat dibakar(ngaben).

Untuk mengetahui kebudayaan daerah Indonesia dapat dilihat dari ciri-ciri tiap budaya daerah. Ciri khas kebudayaan daerah terdiri atas bahasa, adat istiadat, sisem kekerabatan, kesenian daerah dan ciri badaniah (fisik) Lingkungan tempat tinggal mempengaruhi bentuk rumah tiap suku bangsa.  Rumah adat di Jawa dan di Bali biasanya dibangun langsung di atas tanah. Sementara rumah-rumah adat di luar Jawa dan Bali dibangun di atas tiang atau disebut rumah panggung. Alasan orang membuat rumah panggungantara lain untuk meghindari banjir dan menghindari binatang buas. Kolong rumah biasanya dimanfaatkan untuk memelihara ternak dan menyimpan barang. Keanekaragaman budaya dapat dilihat dari bermacam-macam bentuk rumah adat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Prinsip Dasar Estetika

PRINSIP DASAR ESTETIKA

A.    Pengertian estetika

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahwa yang dinamakan estetika adalah suatu keindahan yang nampak. Sedangkan pengertian estetika menurut filsafat adalah nilai-nilai yang berkaitan dengan kreasi seni dengan pengalaman-pengalaman kita yang berhubungan dengan seni. Hasil-hasil ciptaan seni berdasarkan atas prinsip-prinsip yang dapat dikelompokkan sebagai rekayasa, pola dan bentuk.

Estetika merupakan bagian aksiologi yang membicarakan permasalahan (Russel), pertanyaan (Langer), atau issues (Farber) mengenai keindahan, menyangkut ruang lingkup, nilai, pengalaman, perilaku dan pemikiran seniman, seni serta persoalan estetika dan seni dalam kehidupan manusia (The Liang Gie, 1976).

B.     Prinsip estetika

Prinsip estetik atau prinsip disain:

1.       Kesatuan (Unity)

dalam berkarya prinsip utama yang harus dipenuhi ialah prinsip kesatuan, untuk itu dalam merancang secara sempurna perlu dipikirkan keutuhan dan kesatuan antara semua unsur senirupa disamping keutuhan antara unsur seni dan gagasan (idea) sebagai landasan mencipta. Sebagai contoh penampilan prinsip kesatuan dalam karya senirupa; disain dalam arsitektur mencerminkan prinsip kesatuan apabila ada kesatuan antara bagian-bagian bentuk dari struktur bangunan, ada kesatuan antara ruang-ruang dan penggunaan warna, ada kesatuan antara bentuk bangunan dengan lingkungan, ada kesatuan antara bentuk dan fungsi bangunan sesuai dengan ide dasar.

2.       Keseimbangan (Balance)

keseimbangan merupakan prinsip dan penciptaan karya untuk menjamin tampilnya nilai-nilai keselarasan dan keserasian yang mendukung prinsip kesatuan dengan menggunakan unsur-unsur seni. Karena fungsinya yang menampilkan nilai-nilai keserasian dan keselarasan maka prinsip ini juga sering disebut prinsip harmoni.

Ada tiga prinsip keseimbangan:

a.       keseimbangan formal;

pada karya menampilkan nilai keindahan yang bersifat formal atau resmi. Prinsip ini sering dipakai dalam karya seni yang berlandaskan agama atau kepercayaan dan dalam lingkungan tertentu untuk mendukung nilai-nilai kejiwaan seperti keagungan, kekhidmatan, kekhusukan dan sebagainya. Contoh penampilan prinsip keseimbangan formal dalam karya senirupa ialah dalam pembuatan disain yang simetris dan statis. Disain grafis untuk piagam atau ijazah yang simetris memberikan kesan resmi dan formal. Disain simetris ini juga dapat dipakai untuk mendirikan bangunan gereja seperti bagian atap, penempatan jendela dan tiang dan lain sebagainya. Demikian pula dalam menyusun komposisi garis, bidang, bentuk dan warna untuk karya-karya senirupa yang sifatnya resmi didasarkan pada komposisi yang simetris dan statis.

b.      keseimbangan informal;

pada karya menampilkan nilai kebalikan dari keseimbangan formal yaitu menghendaki sifat lincah, hidup, penuh dengan dinamika dan pada prinsip keseimbangan informal ini

menghasilkan disain asimetris.

c.       Keseimbangan radial;

Disamping prinsip keseimbangan formal dan prinsip keseimbangan informal pada karya masih dapat ditemukan ciptaan yang berdasarkan prinsip keseimbangan yang lain, seperti keseimbangan radial yaitu keseimbangan yang memberikan kesan memusat atau sentral. Dalam prinsip keseimbangan radial terdapat unsur penting yang diletakkan di pusat pada rancangan disainnya. Pada karya senirupa dapat dikemukakan contoh yang banyak dijumpai pada arsitektur. Penempatan bagian-bagaian dari tiap jenjang yang tampak pada denah Candi Borobudur terasa adanya unsur utama dalam keseluruhan bangunan yang dipentingkan, yaitu induk stupa di puncak candi. Secara keseimbangan radial semua unsur dari candi itu secara fisik terpusatkan pada induk stupa di puncak.

3.       Irama (Rhythm)

Dalam penciptaan karya seni untuk menekankan keseimbangan yang mendukung gerak (movement) atau arah (direction) dengan menggunakan unsur-unsur seni. Irama dapat dihayati secara visual atau auditif jika ada gerak seperti yang dapat kita hayati pula di alam, misalnya irama dari gelombang laut, gerakkan gumpalan awan, gelombang suara dari angin dan lain sebagainya. Gerak atau arah tersebut dapat menggugah perasaan tertentu seperti keberaturan, berkelanjutan, dinamika dan sebagainya. Sesuai dengan kehadiran gerak dan arah tersebut maka irama yang tampil dalam karya meliputi:

a.       Irama berulang (repetitif)

dapat dijumpai pada penempatan jendela atau pintu pada sebuah bangunan dengan jarak yang sama serta ukuran yang sama pula. Hal serupa dapat kita jumpai pada susunan bagian-bagian dari suatu taman yang serba berulang dan teratur sehingga menimbulkan kesan irama yang berulang.

b.      Irama silih berganti (alternatif)

Dipakai dalam penciptaan karya senirupa untuk tidak sekedar mengulang-ulang unsur-unsur seni dalam bentuk dan warna yang sama, tetapi mencari kemungkinan lain dalam usaha untuk menimbulkan kesan irama.

c.       Irama laju/ membesar atau mengecil (progresif)

lebih mudah dapat dihayati dalam seni gerak. Dalam penempatan unsur-unsur garis, bentuk dan warna pada komposisi prinsip irama laju (progresif) dapat dicapai dengan jarak dan arah tertentu.

d.      irama lamban atau beralun/ mengalir atau bergelombang:

Prinsip ini kebalikkan dari irama laju yang dapat dicapai dalam karya seni.

4.       Proporsi
Adalah prinsip dalam penciptaan karya untuk menekankan hubungan satu bagian dengan bagian lain dalam usaha memperoleh kesatuan melalui penggunaan unsur-unsur seni. Proporsi sebagai prinsip dalam penentuan nilai estetik, oleh seniman dipakai untuk memberikan kesan kesatuan bentuk ekspresi. Hal ini dapat dilaksanakan berdasarkan perhitungan matetamtis dan ilmiah seperti pada seni patung Yunani dn arsitektur Mesir, tapi juga berdasarkan emosi dan intusi sesuai dengan kebebasan seniman.
Hukum proporsi yang dikenal adalah golden section dari orang Yunani yang juga dipakai kembali oleh pematung dan pelukis pada masa Rennaissance. Sejak awal masa filsafat Yunani orang telah berusaha untuk menemukan hukum-hukum geometris didalam seni, karena apabila seni (yang menurut mereka identik dengan keindahan) adalah harmoni, sedangkan harmoni adalah proporsi yang cocok dari hasil pengamatan, tentulah masuk akal untuk menganggap bahwa proporsi-proporsi tersebut sudah tertentu. Maka proporsi geometris yang terkenal dengan nama golden section itu selama berabad-abad dipandang sebagai jawaban dari misteri seni ini dan ternyata pemakaiannya amat universal, tidak sekedar didalam seni tetapi juga di alam, yang pada suatu saat diperlakukan dengan menggunakan pandangan keagamaan.

Seringkali golden section dipergunakan untuk menentukan proporsi yang tepat antara panjang dan lebar pada empat persegi panjang pada jendela dan pintu-pintu, pigura-pigura serta buku atau majalah. Di Bali kita kenal Hasta Kosala-Kosali yang berasal dari unit tubuh manusia untuk mengukur proporsi bangunan.

5.       Aksentuasi/Dominasi (Emphasis)

Merupakan prinsip dalam penciptaan karya yang mengikat unsur-unsur seni dalam kesatuan. Prinsip aksentuasi menampilkan pusat perhatian dari seluruh kesatuan karya. Ada beberapa cara dalam menempatkan aksentuasi, yaitu:

1.      pengelompokan yaitu dengan mengelompokkan unsur-unsur yang sejenis. Misalnya mengelompokkan unsur yang sewarna, sebentuk dan sebagainya.

2.      Pengecualian yaitu dengan cara menghadirkan suatu unsur yang berbeda dari lainnya.

3.      Arah yaitu dengan menempatkan aksentuasi sedemikian rupa sehingga unsur yang lain mengarah kepadanya.

4.      Kontras yaitu perbedaan yang mencolok dari suatu unsur di antara unsur yang lain. Misalnya menempatkan warna kuning di antara warna-warna teduh.

 

Buku Sakti Hacker - Review dan Link Download

*Buku Sakti Hacker* - adalah buku dari salah seorang penulis yaitu Efvy Zam yang menceritakan betapa rumitnya menjadi seorang hacker. Pada awal saya membaca buku ini memiliki bacaan yang menurut saya berat. Kenapa berat? karena dibutuhkan ketelitian tentang hal apapun. Ada sebuah quote yang mungkin dapat membangkitkan semangat seorang hacker berikut manifestonya :

Ini adalah dunia kami sekarang.

dunianya electron dan switch, keindahan sebuah baud.

Kami mendayagunakan sebuah sistem yang telah ada tanpa membayar,

Yang bisa jadi biaya tersebut sangatlah murah

Jika tidak dijalankan dengan nafsu tamak mencari keuntungan.

Dan kalian sebut kami kriminal

Kami menjelajah, dan kalian sebut kami kriminal

Kami mengejar pengetahuan, dan kalian sebut kami kriminal.

Kami hadir tanpa perbedaan warna kulit,

Kebangsaan ataupun prasangka agama, dan kalian sebut kami kriminal.

Kalian membuat bom atom,

Kalian mengejar peperangan,

Kalian membunuh dan berperilaku curang.

Membohongi kami, dan menyakinkan kami,

bahwa semua itu demi kebaikan kami, tetap saja kami yang disebut kriminal

Yaaa..aku memang kriminal,

Kejahatanku adalah rasa keingintahuanku

Kejahatanku adalah menilai orang lain dari apa yang mereka katakan dan pikirkan.

Bukan pada penampilan mereka

Kejahatanku adalah menjadi lebih pintar dari kalian,

Dan itu merupakan sesuatu yang tak akan kalian maafkan.

Yaaa..aku memang seorang hacker, dan inilah manifesto saya.

Kalian bisa saja menghentikan aku, tetapi kalian tidak mungkin menghentikan kami semua.

Bagaimanapun kami senasib dan seperjuangan.

Banyak cara untuk “menyusup” sebuah situs. Gagal dengan satu cara, bisa menggunakan cara lain, baik secara tradisional maupun yang lebih modern dan profesional. Untuk itulah, buku ini dibuat. Berbagai teknik terbaru meng-hack sebuah situs, dibahas di buku ini. Tentu saja disertai contoh pada setiap teknik. Mulai dari mencari pemilik situs, menemukan alamat IP Address, mencari informasi username dan password, sampai menyampaikan sebuah “pesan” bahwa situs tersebut ada celah keamanan.

Siapapun anda pasti menyangka bahwa seorang hacker adalah Perusak, ya perusak. Bukan karena seorang hacker adalah seorang yang bekerja sebagai yang memperbaiki system bukan seorang perusak. Apakah anda salah satu dari Hacker? Dan tertarik pula menjadi seorang hacker mungkin buku ini bisa saya sarankan sebagai buku yang tepat bagi anda. 

Buat kalian yang mau download filenya, silahkan buka link di bawah ini :

https://drive.google.com/file/d/1UmgJKr8cT14J1Q4A3BXwVKo6_2sF5qLl/view?usp=drivesdk

Semoga ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kalian!

Cara Mudah Melihat Username atau ID Youtube

Sudah punya channel YouTube dan mau melihat ID atau username channel YouTube sendiri? caranya sangat gampang sekali. namun sebelum menuju ke cara melihat username atau mengetahui II channel sendiri perlu teman – teman ketahui terlebih dahulu apa fungsi dari ID atau username YouTube channel kita.

Ada dua alasan atau keperluan yang paling sering membuat seseorang ingin mengetahui ID atau username YouTube miliknya sendiri, yaitu:

Alasan pertama: Ingin pasang tombol subscribe di blog atau di video yang ada di channelnya sendiri.

Alasan kedua: Untuk keperluan promosi channel agar lebih terlihat keren, simple dan mudah di ingat kalau usernamenya pendek dan sudah di edit menjadi url unik khusus.

Kalo versi YouTube support, Setiap saluran YouTube memiliki ID pengguna dan ID saluran yang unik. ID tersebut digunakan untuk merujuk pada saluran dalam aplikasi dan layanan tertentu.

Alasan yang lain tergantung kebutuhan masing – masing kita ya…

Oke, langsung saja mari kita menuju ke cara melihat ID YouTube channel pribadi kita sendiri. Sebelumnya seperti biasa silahkan Login ke channel kamu dulu:

Langkah pertama: Klik Saluran Saya/My Channel di bagian pojok kiri atas.

Langkah kedua: setelah berada dihalaman depan channel kita – klik roda gigi disamping tombol langganan.

Langkah ketiga: akan muncul jendela pop up – Pilih dan klik setelan akun/account setting

Langkah keempat: Pada bagian Kiri pilih Ikhtisar

Langkah Kelima: kemudian klik tulisan lanjutkan ada disamping foto channel

Langkah keenam: Done – kamu akan menemukan ID channel berupa kode angka dan huruf unik.

Itulah langkah singkat cara melihat ataupun mengetahui ID youtube channel sendiri. dan untuk lebih jelasnya silahkan tonton di video tutorial cara melihat id youtube berikut dan bisa sambil praktek langsung.

Semoga Panduan singkat cara mengetahui ID Username Channel Youtube ini bisa bermanfaat dan ilmu tentang youtube semakin bertambah dengan adanya panduan ini.

Source : https://www.bangtohir.com/2-cara-mengetahui-id-username-youtube-channel-sendiri/

Cara Mudah Blokir WhatsApp Orang/Mantan/Teman Kamu

Malas rasanya jika mantan pacar yang jelas-jelas sering melukai hati masih sering mengganggu dengan chatting di WhatsApp. Menghapus nomornya dari daftar kontak tentu bukan solusi yang tepat.

Walau sudah dihapus dari daftar kontak, mantan pacarmu bakal tetap bisa menghubungi alias chating kamu di WhatsApp, lho! Karena menghapus kontak gak serta merta bikin hubungan komunikasimu terutama di WhatsApp sama si dia jadi terputus.

Nah, cara paling ampuh untuk memutus jalinan komunikasi dengan mantan di WhatsApp adalah dengan memblokir nomor kontaknya. Caranya adalah seperti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp-mu dan langsung akses ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas tampilan layar smartphone

2. Kalau sudah, akan muncul pop-up seperti dalam gambar di bawah ini. Nah, untuk melanjutkan ke proses setelahnya pilihlah menu Settings

3. Setelah itu, kamu bakal diarahkan ke tampilan pengaturan seperti dalam gambar di bawah ini. Kamu perlu memilih menu Account yang ada di bagian atas sendiri untuk melanjutkan proses selanjutnya

4. Lanjutkan dengan pilih menu Privacy

5. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini dan pilih menu Blocked Contact. Untuk memasukkan nomor kontak seseorang (misalnya mantan pacar) ke daftar Blocked Contact, kamu bisa mengakses ikon tambah kontak yang ada di pojok kanan atas

6. Nantinya kamu akan disuguhkan nomor kontak yang ada di daftar kontak WhatsApp-mu. Pilih nomor mantan pacar yang mengganggu dan nomor kontak si mantan secara otomatis bakal terblokir dan ia tak bisa lagi mengirim pesan lagi ke kamu

Jika semisal kamu kangen lagi sama mantan, bisa loh melepas status blokirnya dengan cara menekan nama kontak mantan di daftar Blocked Contact dan pilih unblock. Secara otomatis kamu bisa lagi berkomunikasi dengan mantan atau malah balikan.

Nah, sudah tahu kan? Selamat mencoba

Source : https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/tech/trend/amp/indra/cara-mudah-block-nomor-orang-dari-whatsapp

Cara Mengetahui WhatsApp Kamu Diblokir Orang.

Bagi pengguna WhatsApp, fitur 'blokir' telah menjadi salah satu fitur yang digunakan untuk menyingkirkan kontak atau nomor yang mengganggu. Salah satu hal terbaik tentang fitur blokir ini adalah WhatsApp tidak memberi tahu siapapun tentang tindakan tersebut.

Sulit untuk membedakan antara diabaikan dan diblokir. WhatsApp memang sengaja membuat penggunanya sulit mengetahui apakah ia diblokir pengguna lain atau tidak.

Namun, ada beberapa indikator untuk mengetahui apakah WhatsApp Anda diblokir pengguna lain. Dengan tanda-tanda ini, seorang pengguna dapat memastikan apakah ia diblokir atau tidak.

Berikut tanda-tanda Anda diblokir teman atau sanak keluarga di WhatsApp:

1.    Anda tidak dapat lagi melihat kontak percakapan terakhir atau tanda online.

2.    Anda tidak dapat melihat pembaruan pada foto profil kontak teman atau sanak keluarga Anda, seperti dilansir laman resmi WhatsApp.

3.    Setiap pesan yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda, akan selalu menampilkan satu tanda centang dan tidak pernah menampilkan tanda centang dua.

4.    Panggilan apapun yang Anda coba lakukan tidak akan berhasil.

Dilansir India Today, jika Anda ingin memeriksa siapa saja kontak yang Anda blokir di WhatsApp, Anda dapat memeriksanya di:

Pengaturan > Akun > Privasi > Kontak yang diblokir

Fase Penyebaran Islam di Indonesia dan Tahapan Terbentuknya Kerajaan Islam dalam Proses Penyebaran Islam di Indonesia

Fase Penyebaran Islam di Indonesia dan Tahapan Terbentuknya Kerajaan Islam dalam Proses Penyebaran Islam di Indonesia.

 

Pada awal masuknya Islam ke Indonesia sejak abad ke-7 atau ke-1 M, di kemukakan oleh Syeikh Syamsudin Abu Abdillah Muhammad bin Talib Ad Dimasyqi menyatakan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia melalui Champa (Kamboja dan Vietnam) sejak zaman khalifah Usman bin Affan yakni sekitar tahun 651 M atau  abad ke-7. Pada abad ke-1 sampai ke-4 H terdapat proses perkawinan antara pedagang muslim dengan penduduk setempat sehingga membuat mereka memeluk agama Islam. Adanya makam Fatimah binti Maimun di Leran Gresik dengan angka tahun 475 H/ 1082 M dengan bentuk batu nisan dan jiratnya menunjukkan pola gaya hias dari abad ke-10 M, lalu terdapat penelitian arkheologi di situs pensucian kecamatan Manyar Leran di masa lampau merupakan permukiman perkotaan dan perdagangan.

Terbentuknya kerajaan Islam di tandai dengan banyak munculnya pusat-pusat kerajaan Islam. Ditemukannya makam Malik al-Saleh yang terletak di kecamatan samudra di Aceh Utara dengan angka tahun 696 H/ 1297 M sebagai bukti bahwa adanya kerajaan Islam di Pasai. Historiografi tradisional, hikayat raja-raja Pasai dan sejarah melayu malik menyebutkan bahwa penguasa pertama kerajaan samudra Pasai adalah Malik al-Saleh , akan tetapi di Barus telah di temukan makam seorang perempuan yang bernama Tuhar Amisuri, ha; ini membuktikan bahwa pada permulaan abad ke-13 M sudah ada permukiman masyarakat islam di Barus. Pada akhir abad ke-13 kerajaan Samudrea Pasai sebagai kerajaan Islam pertama di Indonseia yang merebut jakur perdagangan di Selat Malaka yang sebelumn ya di kuasai oleh kerajaan Sriwijaya. Berlanjut pada awal abad ke-14 berdiri kerajaan Malaka di Semenanjung Malaysia. Akhir abad ke-15 M dan awal-awal abad ke-16 M pusat-pusat perdagangan di pesisir utara telah menunjukkan kegiatan keagamaan yang di lakukan oleh para wali di Jawa. Lalu  pada abad ke-16 kegiatan itu muncul sebagai kegiatan politik dengan adanya kerajaan Demak sebagai kerajaan pertama yang menyerang ibukota Majapahit, lalu para wali menyebarkan agama Islam dengan bantuan kerajaan Demak hingga di luar jawa.

Pada tahap pelembagaan Islam para pemangku kejaraan berguru ke pusat pendidikan Islam seperti ternate yang berguru ke Giri Gresik, lalu di Semenanjung  Melayu di temukan bentuk-bentuk nisan yang menyerupai bentuk batu nisan Aceh. Islam masuk ke Lombok dan Sumbawa melalui dua tahap, pertama  dari Jawa dilakukan oleh sunan Prapen sekitar akhir abad ke-17 M dari Gowa. Kesimpulannya adalah agama Islam masuk ke Indonesia sangat berpengaruh dalam hal perdagangan karena itulah awal mula masuk nya islam di Indonesia, lalu secraa perlahan adan dei abad terbentuknya kegiatan seperti kegiatan politik dan kegiatan pendidikan.


Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia - Ulama Arab Lombok Berduka

Pendakwah ternama Syekh Ali Jaber meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta. melalui akun Instagramnya @yusufmansurnew.

"Innaa lillaahi Wa Innaa Ilaihi Raaji'uun. Syaikh Ali Jaber wafat di RS Yarsi, jam 8.30. Mohon do'anya," tulis Yusuf Mansur, Kamis (14/1).

Syekh Ali Jaber dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (29/12). Ia sempat masuk ruang ICU RS Yarsi pada Rabu (30/12).

Kondisi kesehatan Syekh Ali Jaber sempat dilaporkan membaik pada 4 Januari 2021. Sebelumnya, di media sosial sempat juga beredar foto yang menunjukkan Ali sedang tidak sadarkan diri dan sudah menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator.

"Kondisinya pun semakin membaik tim medis menyampaikan apa adanya, bahwa perkembangannya cukup bagus dan terus menunjukkan peningkatan," tulis akun @syekh.alijaber, Senin (4/1).

Dalam akun Instagramnya itu, Ali juga meminta masyarakat, khususnya jemaah Ali, untuk mengirimkan doa. Selain itu, mereka juga mengajak jemaah untuk mengikuti amalan ibadah Ali setiap hari.

"Kami berupaya meneruskan hobi beliau, merutinkan sedekah subuh dan beliau gemar membaca surat Al-Baqarah setiap hari," ujar akun tersebut."

Syekh Ali Jaber kabarnya akan di makamkan di Lombok, sesuai keinginannya pada saat melakukan dakwah.

Featured Post

Tinjauan Tentang Siklamat

Tinjauan Tentang Siklamat Siklamat memiliki nama dagang yang dikenal sebagai assugrin, sucarly, sugar twin, atau weight watchers. Siklamat...