DEFINISI ISIM MU’ROB
Menurut
kitab Audhoh al-Manahij, isim mu’rob adalah‘berubahnya keadaan huruf
akhir dari suatu kata disebabkan amil (faktor-faktor) yang mempengaruhinya baik
secara eksplisit (lafdzon) atau implisit (taqdiron)’.
Isim
mu’rob adalah isim yang dapat berubah keadaan akhirnya disebabkan oleh adanya
perbedaan letak (posisi) dalam suatu kalimat.
Menurut
ibn Aqil, isim mu’rob didefinisikan sebagai isim yang terbebas dari keserupaan
dengan huruf.
Sejenis
dengan istilah ini, adalah I’rob yaitu perubahan harokat huruf akhir
suatu kata (isim, f’il, harf) karena pengaruh dari suatu amil tertentu.
Contoh:
جَدِيْدٌ الْكِتَابُ (Buku itu baru)
الكِتَاب قَرَأْتُ (Aku membaca buku itu)
قِِصَصٌ فِي الكِتَابِ (Di dalam buku itu terdapat kisah-kisah)
KLASIFIKASI ISIM
MU’ROB
Sebelum
masuk pada klasifikasi isim mu’rob, perlu diketahui tentang tanda-tanda (‘alamat)
yang menyertainya:
1. Tanda Asli (dengan
harokat)
a.
Dhommah : untuk I’rob rafa’
b. Fathah
: untuk I’rob nashob
c.
Kasroh : untuk I’rob jar
d. Sukun
: untuk I’rob jazm
2. Tanda Pengganti (dengan huruf)
a. Alif :
untuk I’rob rafa’
b. Wawu :
untuk I’rob rafa’
c. Ya :
untuk I’rob nashob dan jar
d.
Tetapnya Nun (tsubut) : untuk I’rob rofa’
e.
Terbuangnya (hadzf) nun : untuk I’rob nashob dan jazm
Secara
global, klasifikasi I’rob ada empat macam, yaitu:
1. I’rob
rofa’
2. I’rob
nashob
3. I’rob
jar
4. I’rob
jazm
Lebih
lanjut, i’rob rofa’ dan nashob dapat masuk pada fiil dan isim (i’rob
musytarok) sedang jer dan jazm adalah i’rob mukhtas (jer khusus pada
isim dan jazm khusus pada fiil).
Secara
khusus, yang akan dibicarakan adalah I’robnya isim, yang mencakup: rofa’,
nashob, dan jar.
1. Rofa’
Tanda-tanda
khususnya meliputi:
a. Dhommah,
terdapat dalam:
Isim
mufrod: جاء رسولٌ
Jamak
taksir
: قام القوم
Jamak
muannats salim
: جلستْ المسلماتُ
b. Alif,
terdapat dalam:
Isim mutsanna/ tatsniyah : هذانِ كتابَان
c. Wawu,
terdapat dalam:
Jamak mudzakkar salim: هُمْ المسلموْن
Asma khomsah : وَحَضَرَ ذو مالٍ جاء أبوك وأخوك و حموك وهذه فوك
2. Nashob
Tanda-tanda
khususnya meliputi:
a. Fathah
[tanda asli], terdapat dalam:
Isim mufrod : رأيتُ بكراً
Jamak taksir: أكلتُ الرزَّ
b. Ya,
terdapat dalam:
Isim mutsanna: رأيتُ المسلمينِْ
Jamak mudzakkar salim: رأيتُ المسلميْنَ
c. Alif,
terdapat dalam:
Asma khomsah (isim lima): إنَّ أباك وأخاك وحماك ماهر في كرة القدم وإن فاك
صغيرةُ و إنّ ذامالٍمسرورٌ
d. Kasroh,
terdapat dalam:
Jamak muannats salim: رأيتُ المسلماتِ
3. Jar
Tanda-tanda
khususnya meliputi:
a. Kasroh
(tanda asli), terdapat dalam:
Isim mufrod : مررتُ بزيدٍ
Jamak muannats salim : مررتُ بالمسلماتِ
b. Ya, terdapat
dalam:
Isim mutsanna : مررتُ بالمسلميْنِ
Jamak mudzakkar salim :
مررتُ بالمسلميْنَ
Asma khomsah : مررتُ بأبيك وأخيك و حميك
و نظرت إلى فيك وإلى ذي مالٍ أمامه سيارة
c.
Fathah, terdapat dalam:
Isim ghoir munshorif : مررتُ بفاطمةَ, أَماَمَ إبراهيمَ كلبٌ كبيرٌ
MACAM-MACAM MU’ROB
1. Mu’rob dengan harokat
a. Isim Mufrod Munshorif
Isim mufrod adalah kalimah isim yang
menunjukkan arti tunggal dan menerima tanwin. Ketika tingkah rafa’ dialamati
dengan harokat dhomah, seperti جاء محمد , ketika tingkah
nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti محمد رايت dan ketika
tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti بمحمد مررت.
b. Jama’
Taktsir Munshorif
Jama’ taktsir adalah kalimah isim yang
bermakna jama’ atau banyak dan berubah dari asal mufrodnya. Ketika tingkah
rafa’ dialamati dengan harokat
dhomah,seperti الاساتذ جاء ketika tingkah
nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti الاساتذ رايت dan ketika
tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti الكرسي علي جلسنا.
c. Jama’ Muannas Salim
Jama’ muannas salim adalah kalimat isim
yang menunjukkan arti banyak dan selamat dari perubahan asal mufrodnya. Ketika
tingkah rafa’ dialamati dengan harokat
dhomah,seperti المسلمات جاء, ketika tingkah
nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti المسلمات رايت dan ketika
tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti بالمسلمات مررت.
d. Isim Ghoiru Munshorif
Isim ghoiru munshorif adalah kalimah
isim yang tidak menerima tanwin. Ketika tingkah jar dialamati dengan harokat
fathah, seperti باحمد. مررت
2. Mu’rob dengan Huruf
a. Isim
Tasniyah
Adalah isim
yang menunjukkan arti dua, dengan tambahan huruf alif dan nun ketika
rafa’, atau ya’ nun ketika nasob/jar.
Yang mencukupi dari huruf athaf dan lafadz yang diatafkan, tambahan tersebut
pantas dihilangkan dan mengathofkan sesamanya lafadz pada lafadz tersebut.
Contoh
جاء التلميذان الى
المدرسة (رفع) , نظرت المرئتَينِ الجميلتينِ (نصب), ذهبت الى المكتبة مع
الرجلينِ(جر)
Ada beberapa
kalimah yang disebut dengan mulhq isim tasniyyah, ada yang tanpa syarat seperti
lafadz اثنان,اثنتان,ابوان, dan ada pula yang harus memenuhi persyaratan harus
harus dimudlofkan pada isim dlomir yaitu lafadz
كلا,كلتا
b. Jama’
mudzakkar salim
Adalah isim
yang menunjukkan arti lebih dari dua, dengan tambahan waw dan nun ketika rafa’,
atau ya’ nun ketika nasob dan jar.
Contoh
يصلى المسلمون فى المسجد (رفع), ان المجاههدينَ يجاهدون
في سبيل الله (نصب), القران شفاء للمسلمينَ (جر)
Ada beberapa
lafadz yang dikatakan sebagai mulhaq jama’ mudzakar salim, I’robnya disamakan
persis dengan jama’ mudzakar salim, yaitu rafa’ ditandai wawu, nashob dan jar
ditandai ya’ .
c. Asma’ sitta
Asma’ sittah
adalah lafadz abun, akhun, chamun, fu, dzu, dan hanu. Dirafa’kan dengan wawu,
nasob dengan alif, dan jar dengan ya’. Asma’ sittah harus memenuhi 4 syarat
yaitu: Harus Dimudlofkan,
Dimudlofkan Pada Selain Ya’ Mutakallim, Lafadznya Tidak Ditashghir (Wazan
Fu’ailun), Harus Berbentuk Mufrod.