PENGANTAR
Ilmu ekonomi mikro pada dasarnya mempelajari
perilaku ekonomi dari satuan penqambilan keputusan individu, seperti konsumen,
pemilik sumber daya, dan perusahaan-perusahaan dalam perekonomian bebas usaha.
Jadi, pengertian ilmu ekonomi mikro (micro economics) adalah ilmu ekonomi yang
mengkhususkan untuk mempelajari perilaku individu manusia dalam rangka memenuhi
kebutuhannya.
PEMBAHASAN
Pengertian
Ekonomi Mikro
Pernahkah melihat kegiatan di pasar? Perhatikan
perilaku pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi. Ya, mereka saling
menawar harga untuk mendapatkan kesepakatan harga atas barang atau jasa yang
mereka butuhkan. Dari transaksi yang terjadi di pasar itulah sesungguhnya
kita telah belajar tentang ekonomi
mikro. Pengertian ilmu ekonomi mikro (micro economics) adalah ilmu ekonomi yang
mengkhususkan untuk mempelajari perilaku individu manusia dalam rangka memenuhi
kebutuhannya.
Ekonomi mikro pada dasarnya mempelajari
aktivitas-aktivitas perekonomian yang bersifat bagian kecil, yang memusatkan
perhatiannya pada masalah bagaimana konsumen akan mengalokasikan pendapatannya
yang terbatas terhadap berbagai macam barang dan jasa yang dibutuhkan, untuk
memperoleh kepuasan maksimum. Ekonomi Mikro juga mempelajari variabel-variabel
ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan, rumah tangga. Ekonomi mikro
juga mempelajari bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi
penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan
bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang
dan jasa selanjutnya.
Ruang
Lingkup Kajian Ekonomi Mikro
Ruang lingkup kajian ekonomi mikro adalah produsen
dan konsumen. Tradisi berlandaskan teori Adam Smith. Ekonomi mikro dengan
demikian memiliki ruang lingkup pada produsen dan konsumen. Produsen dan
konsumen tersebut dalam dunia ekonomi yang nyata adalah individu-individu pada
rumah tangga keluarga, masyarakat, atau perusahaan.
Aktivitas
Unit-Unit Ekonomi
Aktivitas unit-unit ekonomi yang dikaji dalam ekonomi
mikro di antaranya sebagai berikut.
a.
Mempelajari
bagaimana perilaku seseorang sebagai konsumen, sebagai pemilik sumber-sumber
ekonomi dan sebagai produsen.
b.
Mempelajari
bagaimana arus perputaran barang dan jasa mulai dari produsen sampai pada
konsumen.
c.
Mempelajari
bagaimana harga-harga barang dan jasa itu dapat terbentuk.
d.
Mempelajari
bagaimana produsen dalam menentukan tingkat produksi agar tercapai keuntungan
yang maksimum.
e.
Mempelajari
bagaimana konsumen atau rumah tangga mengalokasikan pendapatannya yang sangat
terbatas untuk barang dan jasa yang dibutuhkan sehingga tercapai kepuasan
maksimum.
Unit-unit ekonomi skala mikro tersebut harus
berusaha mengalokasikan sumberdaya ekonomi yang terbatas untuk mampu
mengoiptimalkan tingkat pemuasan kebutuhannya. Jadi melalui kajian/analisis
ekonomi mikro dapat diperoleh kejelasan mengapa orangtua kamu harus mengatur
dan membuat alokasi yang tepat dari pendapatan yang diperoleh untuk memenuhi
kebutuhan hidup keluargamu, termasuk mengalokasikannya untuk keperluan
pembelian peralatan sekolah, kuliah, dan sebagainya.
Masalah Yang
Dianalisis Dalam Ekonomi Mikro
Masalah yang dianalisis dalam ekonomi mikro adalah:
a. Interaksi
di pasar barang.
b. Tingkah
laku penjual dan pembeli
c. Interaksi
di pasar faktor-faktor produksi
Teori ekonomi mikro menganggap bahwa faktor produksi
(alam, tenaga kerja, modal, dan Tengusaha) yang dimiliki oleh masyarakat
sifatnya terbatas, sedangkan keinginan manusia tidak terbatas. Untuk itu
masyarakat harus dapat memilih kegiatan ekonomi, yang meliputi kegiatan dalam
memproduksi, menyalurkan, dan menggunakan barang maupun jasa.