Tips Memilih Domain untuk SEO Website, Blog atau Branding Bisnis

Bagi yang baru mulai belajar tentang website khususnya wordpress alangkah baiknya memahami Apa itu nama domain sebagai dasar pengetahuan di dunia website / Blogger.

Arti Domain

Pengertian Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address.

Agar website / aplikasi onlinenya dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain.

Contoh domain: www.indonesia.com

Syarat Awal sebelum membuat website, blog bisa tayang secara online maka diperlukan domain untuk pengenal / alamat URL sebagai branding bisnis.

Tips memilih domain Yang Bagus, SEO Friendy

Sebelum membeli nama domain baru untuk web bisnis atau blog pastikan telah membaca panduan cara memilih nama domain dibawah, sehingga akan mendapatkan nama domain yang relevan dan bagus untuk jangka panjang.

Syarat utama domain untuk website mendukung SEO adalah nyambung atau relevan dengan topik isi blog / website yang akan dibuat + beberapa syarat item dibawah:

1. Tentukan Ide Nama Domain

Hal pertama Pikirkan tentang nama brand, bisnis, nice konten, nama keluarga atau perusahaan yang ingin ditempatkan di situs anda. Pada intinya nama domain lebih bagus ada unsur branding.

Nama domain menjadi satu hal pertama yang dilihat orang, jadi sebaiknya domain bisa langsung memberikan gambaran yang nyambung atau berhubungan nama / yang sesuai tentang website / blog.

Contoh: jika bisnis saya tentang layanan seo, maka domain nya: seosatu.com

2. Nama domain mudah diingat, simple

Tahap ke-2 Pilih nama domain yang singkat, sederhana karena Jika terlalu panjang dan rumit, orang akan kesulitan mengingatnya.

Kiat: Mudah ditulis, dieja, dihafal/ingat, dilafalkan (baca), di ingat – Awas!! jangan membuat nama domain seperti : nama–bisnis.com / bisnis2343.com, ewe33sdcvx.com pastikan hindari kode penghubung (=/-.) karena akan mempersulit saat di tulis user.

Penting: minimal dan maksimal Jumlah huruf dalam domain minimal: 3 – 8 huruf!

3. Domain Mampu beradaptasi

Artinya nama domain bersifat fleksibel, Jika tujuan memilih nama domain untuk tujuan jangka panjang maka, pilih type nama domain Fresh Green (Selalu Hijau) yang akan tetap bertahan long term, tidak berubah lekang oleh waktu.

Contoh: Infobola.com jangan membuat nama domain musiman seperti: prediksibola2017.net jika sudah lewat tahun 2017 akan usang…dan tidak relevan.

4. Extensi domain yang Poluler LTD

Ini contoh extensi domain yang paling sering dipakai untuk situs indonesia: .com, .ID, co.id, .org, .net

Jika visitor fokus negara indonesia kita sarankan pakai: .id / .co.id / .com — namun jika visitor support glogal maka extensi LTD domain .com / .net .org lebih bagus & mantap dari segi SEO.

NOTE: Banyak blogger pemula yang baru buat blog, bingung masalah extensi domain yang bagus dan SEO, Gak usah bingung ambil saja sesai kebutuhan, contoh:

Web Organisasi: .Org / .Net

Web Comersial / umum : .Com

Blog pribadi: .ID

Web Perusahaan Indonesia : .Co.ID

Dll

Intinya ambil extensi domain yang populer dan sesuikan kebutuhan.

5. Nama Domain Harus Unik

Semakin unik nama domain semakin bagus untuk branding, tentunya harus mengikuti 4 aturan di atasnya, jangan membuat nama domain yang mirip atau domain yang sudah dipakai hanya ganti extensi, ini akan fatal untuk bisnis jangka panjang.

Paket Harga Domain

Tarif harga register atau pendaftaran nama domain di indonesia murah kisaran Rp 120-200 ribu / tahun, jadi setiap user yang ingin mendapatkan nama domain baru bisa register lewat provider biasa layanan web hosting + Nama domain Seperti:

TLD         MIN. YEARS        REGISTER             TRANSFER           RENEW

.com      1              Rp. 130,000         Rp. 150,000         Rp. 150,000

.net        1              Rp. 180,000         Rp. 180,000         Rp. 180,000

.org        1              Rp. 180,000         Rp. 180,000         Rp. 180,000

.info       1              Rp. 190,000         Rp. 190,000         Rp. 190,000

.biz         1              Rp. 200,000         Rp. 200,000         Rp. 200,000

.asia       1              Rp. 200,000         Rp. 200,000         Rp. 200,000

.co          1              Rp. 450,000         Rp. 450,000         Rp. 450,000

Info: data harga hanya sample !

Penutup

OK, Semoga panduan singkat cara memilih nama domain bisa ada manfaat, jika ada pertanyaan bisa isi komen dibawah.

 

Plugin WordPress terbaik untuk Blogger + SEO

Keunggulan cms blog wordpress dibanding lainya terletak pada fitur plugin, dimana semua kebutuhan fitur SEO blogger / web bisnis telah tersedia secara lengkap di direktori wordpress & kebanyakan plugin adalah Gratis.

Plugin WordPress bersifat fleksibel, kamu bisa pakai dengan cara install (aktivkan) / jika tidak suka silahkan uninstall (deaktive) kapanpun hanya dengan klik tombol, sangat mudah bukan.

Jika ingin menjadi Blogger profesional (fulltime), menggunakan platform CMS WordPress adalah pilihan yang sangat tepat, kamu bisa custome fitur berdasarkan selera / maksimalkan blog dengan mudah tanpa batasan.

Rekomendasi Plugin WordPress terbaik yang wajib di install oleh blogger, ini bersifat umum karena setiap blogger memiliki tujuan & keperluan plugin beda2.

Secara umum keperluan plugin untuk Blog:

-          Optimasi SEO

-          Speed Loading

-          Security Blog

-          Backup Data

-          Sosial Signal

-          Advertising / Adsense

-          Schema Structure

Plugin SEO

Siapa yang tidak ingin blog memiliki traffik berlimpah, sehingga Rp dari hasil adsense semakin banyak & berkah. Tentunya syarat utama postingan / blog tayang di halaman #1 Google untuk keyword potensial, ini harus dioptimalkan secara khusus & serius lewat teknik SEO.

Plugin SEO WordPress terbaik yang bisa kamu pilih:

-          Yoast SEO

-          All in One SEO pack

-          Rank Math.

Manfaat utama plugin seo wordpress, menjadikan mudah setup / optimasi seo dari sisi onpage sehingga menjadi automatis & cepat.

Plugin Speed cache / Image size

Saat ini google sangat mengutamakan blog wordpress yang memiliki speed loading time super cepat dibawah 5 detik, ingat pengunjung akan senang jika buka blog itu cepat & ringan, plugin yang membantu meningkatkan performa speed:

-          WP fastest cache

-          Compress JPEG & PNG

Catatan: Untuk mendapatkan hasil speed loading blog yang cepat dan ringan harus di dukung hosting terbaik.

Plugin Security WordPress

Ini yang menjadi wordpress dipercaya oleh blogger dunia karena memiliki sistem dan tingkat security TOP, tentunya harus dimaksimalkan lewat tambahan plugin.

Security / sistem keamanan menjadi pokok penting dalam dunia online blogger, karena akan sia2 jika akhirnya blog diretas / hack.

Install plugin security wordpress menjadi sangat wajib, berikut rekomendasi pluginnya:

-          Ninja firewall

-          Ninja Scanner

Plugin WordPress Backup Data

Data / konten menjadi pilar utama blogger, jadi sudah semestinya harus selalu diamankan atau dibackup untuk menjaga jika ada masalah yang tidak diinginkan seperti: kehapus (reset), error server, terinveksi virus, file rusak, dll.

Dengan adanya backup data maka kamu memiliki data cadangan yang siap dipakai kapanpun, plugin backup data wordpress terbaik dan gratis:

-          UpdraftPlus

Plugin Sosial Signal

Jaman sekarang siapa yang tidak main media sosial seperti facebook, instagram & twitter ? jadi sosial signal sangat bagus untuk menghubungkan visitor & konten blog hanya dengan tombol: share / like.

Plugin sosial share terbaik:

-          Sassy Social Share

Plugin iklan adsense

Kebanyakan blogger indonesia menggunakan google adsense sebagai sumber penghasilan, karena nilai rupiah yang didapatkan cukup bayak, kisaran: Rp 5 – 25 jt / bulan.

WordPress memiliki plugin slot iklan google adsense yang bisa kamu install secara gratis, namun memiliki fitur lengkap & maksimal, rekomendasi plugin advertising adsense:

-          WP Quads

Plugin rating bintang

Update Google mulai tahun 2019 memaksa blogger untuk bekerja lebih keras karena google telah memaksimalkan Google ads secara total, dimana konten hasil pencarian Organik / SEO semakin terpojok dibawah konten iklan.

Hadirnya fitur schema kode strukture (rating bintang) menjadi titik terang, dimana blog akan terlihat lebih menonjol dan akan lebih dapat perhatian user –> akhirnya jumlah klik meningkat.

Rekomendasi plugin rating wordpress terbaik:

-          Multi rating

Semoga informasi plugin wordpress untuk blogger ini bisa ada manfaat untuk kamu & pembaca pada umum nya. Ada pertanyaan ? bisa kirim di kolom komentar.

 

Tips Mudah Menulis Konten Blog yang SEO Friendly

Format Menulis Blog, Website itu tidak sama dengan menulis buku / majalah, Tips dan langkah mulai menulis artikel berkualitas  yang di dalamnya terkandung unsur SEO Friendly.

Konten berkualitas, pondasi dasar SEO, Artikel menentukan blogger akan kesuksesanya, pastikan semua kontan di buat dengan baik dan benar.

Artikel Berkualitas itu Seperti Apa?

Sebuah konten, artikel bisa dikategorikan berkualitas, jika:

-          Memberikan jawaban – solusi yang tepat, benar, lengkap atas pertanyaan?, masalah kebanyakan user di internet

-          Konten Dapat menjadi rukukan yang dapat memecahkan dan menyelesaikan masalah user

-          Disampaikan secara ringan, simple dan mudah dipahami user, ini mencakup bahasa dan format penulisan konten

-          User puas atas isi konten yang disampaikan sehingga tidak pindah ke website lain untuk mencari  informasi yang sama. Sebagai indikator berikan fitur rating, reviews dan share ke sosial media.

-          Isi konten atau artikel mengupas secara rinci, jelas, lengkap berdasarkan topik yang disampaikan.

Persiapan Sebelum Menulis

Tips persiapan sebelum kamu mulai menulis:

-          Tentukan topik konten, haruslah spesifik dan semakin spesifik semakin on-target untuk pembaca

-          Riset keyword utama dan keyword turunan dengan topik diatas, tool riset: keyword everywhare, Google keyword planner.

-          Tentukan tujuan penulisan, goal kamu membuat artikel untuk apa ?

-          Rumuskan ide pokok / masalah, secara umum konten untuk menjawab suatu pertanyaan ? atau hanya sekedar info (news).

-          Buatlah kesimpulan atau penutup.

Mencari Referensi Artikel

Referensi merupakan link rujukan / referensi bacaan yang sudah tersedia sebelumnya, ini menjadi Ide suatu artikel yang akan dituangkan dalam isi konten.

Supaya artikel miliki bobot, kamu perlu membaca lebih banyak referensi yang sesuai dengan konten artikel yang akan di create.

Caranya:

-          Ambil 5 – 7 sample artikel sejenis yang telah tayang dihalaman 1 google berdasarkan keyword ditarget

-          Bandingkan isi konten masing-masing web, cek kelebihan dan kekurangan

-          Ambil semua point penting didalam web referensi, rangkum untuk jadikan kerangka artikel

-          Tambahkan ide baru kamu untuk menjadikan konten itu unik dan sempurna.

-          Harap dipastikan Info sumber referensi adalah valid, update, dan terpercaya.

Tentukan Konsep Penulisan

Struktur Konten Pilar, dapat diartikan sebagai Artikel pokok yang membahas topik / keyword utama dan sub-sub pokok dalam artikel.

Konstruksi Konten SEO

-          Susun Daftar Isi (kerangka konten) untuk setiap Heading / sub judul, tulis format tag (H2, H3, H4)

-          Membuat Navigasi Links yang jelas pada konten lainya yang membahas sub-sub pokok atau yang masih berhubungan

-          Sampaikan semua pembahasan topik konten secara lengkap dan mendalam.

Membuat konten yang SEO itu komplek tentunya harus melihat konten persaing yang sudah ada di google, serta harus memahami apa yang di inginkan / cari oleh pembaca.

Tidak berhenti disini titik berat adalah apa perbedaan atau keunggulan konten / artikel yang akan di buat dengan konten yang sudah ada di google, sehingga konten memiliki informasi sudut pandang beda + lengkap, berbeda namun memberikan info secara lengkap + detail.

Format Penulisan

-          Gunakan font yang mudah dibaca: Font-font seperti Arial, Helvetica, Open Sans, Roboto, Georgia

-          Ukuran huruf antara 13 – 16px

-          Lebar horizontal antara 480 – 720px

-          Line-height antara 1.5 – 2em

-          Margin di bawah paragraf antara 1.5 – 2em.

Mulai Menulis

Judul Post atau artikel SEO friendly dan menarik, menjadi faktor penting untuk Optimasi SEO, dimana yang pertama kali dilihat calon pengunjung adalah judulnya.

1.) Judul Konten

Menarik, lengkap dan harus mengandung kata yang membuat tertarik dalam 5 detik

Panjang karakter  5-7 (berdasarkan jumlah karakter pada hasil penelusuran google)

mengandung 1 keyword (kata kunci) untuk keperluan SEO.

Rumus

Rahasia Judul Post SEO: kata depan + keyword + long tail keyword + kata pemanis

Contoh

A: Cara membuat donat [ salah ]

B: 3 Cara membuat donat yang enak & desain menarik [ benar ]

Keterangan

[A] isi judul sangat standar dan biasa + tidak lengkap atau kurang menarik, [B] memiliki kalimat lengkap, menarik dan mengandung kata yang menimbulkan penasaran (Enak | Terbaru).

Note: Jangan pernah membuat judul dengan metode “klik bait”, ini akan membuat user kecewa, pastikan judul relevan dengan isi konten.

2.) Meta deskripsi

Meta deskripsi merupakan ringkasan singkat yang mewakili semua isi konten, di dalam menilis artikel meta deskripsi akan muncul dari 150 kata di paragraf pertama.

Jika kamu membuat blog lewat WordPress bisa menggunakan plugin SEO [ All in SEO One ], untuk edit (custome) meta deskripsi.

Syarat:

-          Panjang karakter maximal 160

-          Mengandung 1 keyword [kata kunci]

-          Kalimat meta deskripsi harus mewaliki semua dari semua isi konten.

3.) URL Artikel

Buat URL Links pada post atau Artikel konten yang SEO, seperi contoh:

www.mydomain.com/cara-menulis-konten (benar)

www.mydomain.com/cara_menulis-konten34 (salah)

Tips: Bisa gunakan (www) atau non-www, edit Permalink URL menjadi pendek dan mudah ditulis / baca, rekomendasi samakan dengan keywords utama konten.

4.) Isi Konten

Menulis isi artikel Berkualitas itu gampang-gampang sulit, dimana konten dari isi artikel harus berupa informasi pokok yang dapat menyelesaikan permasalahan atau pembahasan dengan sumber terpercaya, tentunya ini harus ada riset atau rujukan dari pakar dibidangnya.

Pastikan website / blog yang kamu bangun harus relevan dengan Hobi atau ahli dibidangnya, sehingga akan mudah membuat sebuah konten berkualitas atas jawaban jadi user.

Guna keperluan SEO secara teknis: Tambahkan atribut pelengkap berupa Gambar atau vidio, Jangan lupa optimasi gambar dengan menambahkan tag: ALT=”keyword”.

Berapa Jumlah kata dalam 1 artikel ?

Jumlah minimal untuk seo format artikel = 300 – 2000 kata, namun bisa disesuaikan topik yang dibahas (bersifat kondisional). Pada intinya tulis saja semua isi konten secara lengkap, detail dan jelaskan secara mendalam.

Susun isi artikel menjadi beberapa paragraf dan 1 paragraf maximal maksimal 3-4 baris, dengan panjang horizontal tidak lebih dari 20 kata.

5.) Sub-heading

Sub-heading / sub judul dalam konten sangat penting dimana ini berfungsi untuk membagi konten dalam topik turunanan, format sub judul:

<h1> untuk judul artikel, ini bisanya sudah automatis jadi tidak perlu seting lagi

<p> judul tagline bawah gambar utama, awal paragraf pertama (Optional untuk gambar)

<h3> sub-heading dalam konten

<h4> turunan sub-heading

Contoh Paragraf:

A: “Apakah anda akan membuka website yang isinya berkualitas, menarik, dan bermanfaat bagi anda…atau website yang cuma berisi artikel asal tulis? Pasti yang pertama. Ya kan? Jadi anda HARUS bisa membuat konten blog yang lebih bagus daripada blog-blog lainnya. Itu kuncinya. Nah, untuk bisa membuat konten yang bagus, maka anda wajib memilih topik yang anda minati/kuasai dan dianggap menarik oleh banyak orang.”

B: “Apakah anda akan membuka website yang isinya berkualitas, menarik, dan bermanfaat bagi anda…atau website yang cuma berisi artikel asal tulis? Pasti yang pertama.

Ya kan? Jadi anda HARUS bisa membuat konten blog yang lebih bagus daripada blog-blog lainnya.

Itu kuncinya. Nah, untuk bisa membuat konten yang bagus, maka anda wajib memilih topik yang anda minati/kuasai dan dianggap menarik oleh banyak orang.”

Menurut kamu dari contoh paragraf diatas mana yang lebih nyaman di lihat / baca ?: [ B ] YA ! benar sekali.

6.) Keyword dalam Konten

Tuliskan keyword di dalam konten dengan konsep penempatan di:

-          Awal Judul

-          Meta deskripsi

-          100 kata paragraf pertama

-          Tengah konten

-          Akhir konten

Kamu harus merangkai keyword dengan kalimat sehingga enak dibaca dan relevan.

7.) Link di Konten

Manfaat link aktif dalam konten bisa dimanfaatkan sebagai rujukan konten atau koneksi dengan konten lainya (internalink), jumlah maksimal 3 link aktif atau bisa disesuikan berdasarkan kebutuhan.

8.) Media Konten

Saat ini media menjadi 1 hal penting sebagai pelengkap konten yang berupa format: gambar, video atau MP3, direkomendasikan menambahkan 1 gambar utama yang menarik pada bagian atas artikel dibawah judul, jika memang perlu bisa tambahkan video / mp3.

media konten bertujuan untuk memperjelas sebuah artikel / konten sehingga user dapat mendapatkan informasi secara lengkap.

Disclaimer

Pada dasarnya menulis artikel blog harus fokus berisi sebuah jawaban terbaik atas pertayaan user dan mengutamakan kenyamanan pengunjung.

 

Cara Mengatasi Pembatasan Penayangan iklan Google Adsense

Kadang ada waktunya akun adsense sobat mendapatkan permasalahan pembatasan penayangan iklan google adsense sehingga akan mengakibatkan pendapatan menurun bahkan tidak bisa di payout / gagal bayar.

Penyebab ?

-          Invalid Traffic tidak organik bukan dari google

-          Sumber traffic lewat iklan Facebook / pinterest atau lainya

-          Konten malanggar kebijakan konten

-          Traffic sedikit karena blog tidak dioptimasi SEO secara maksimal

-          Share ke grup sosial media yang tidak relevan dengan konten (sebaiknya traffic dari sosmed di hindari saja) sehingga dapat invalid klik / traffic.

Kasus paling banyak yang di alami oleh publisher / blogger indonesia adalah karena traffic yang tidak valid yaitu Facebook Ads to Adsense atau Ads lainya ke adsense dengan tujuan traffic instan.

Secara khusus google membolehkan untuk membeli sumber traffic:

Anda dipersilakan untuk mempromosikan situs Anda dengan cara apa pun yang sesuai dengan kebijakan program kami. Namun, penayang AdSense pada akhirnya bertanggung jawab atas semua traffic ke iklan mereka, Jika Anda memilih untuk bermitra dengan layanan pihak ketiga untuk meningkatkan traffic ke situs, Anda harus memantau laporan secara cermat untuk mengukur dampak dari setiap sumber pada traffic iklan Anda.”

Bagian yg melanggar TOS Adsense

-          Menggunakan layanan pihak ketiga yang menghasilkan klik atau tayangan seperti program paid-to-click, paid-to-surf, jelajah otomatis, dan pertukaran klik, info lengkap: Baca disini.

-          Topik dan isi konten melanggar pedoman kualitas konten google adsense, baca lengkap.

Solusinya ?

Langkah awal perbaiki penyebab pelanggaran akun akan ada email pemberitahuan dari google adsense atau bisa cek pada menu dashboard adsense: akun > kebijakan konten.

Setelah memahami dengan jelas penyabab penayangan iklan adsense dibatasi, maka lengkah pertama:

-          Perbaiki dan hapus konten yang melanggar kebijakan kualitas adsense

-          Hentikan sumber traffic / pengunjung yang tidak valid seperti dari Facebook Ads atau PPC lainya, perbanyak traffic organik dari google dengan cara SEO.

Catatan

Setelah semua berhasil diperbaiki, langkah terakhir adalah meminta: peninjauan ulang oleh tim adsense, fitur ini ada pada pesan pelanggaran, klik pada menu : akun > kebijakan konten > lihat pelanggaran.

Proses waktu peninjauan ulang memerlukan waktu 1 minggu atau lebih lama tergantung antrian , jika lulus maka iklan adsense akan kembali tayang secara normal.

Pajak Adsense: Ketentuan, Tarif dan Lainnya

Beberapa hari lalu, muncul pemberitahuan resmi dari Google bahwa salah satu layanan jasa iklan mereka, Google Adsense, akan menerapkan pajak dalam pendapatan publisher. Hal ini kemudian membawa kegaduhan tersendiri diantara publisher, karena memang sebelumnya tidak ada aturan terkait pajak dalam penghasilan yang mereka dapatkan, namun kemudian tiba-tiba ada kabar seperti itu.

Sebenarnya, pajak yang dicanangkan terhadap Google Adsense sudah mulai tersebar sejak tahun 2019, namun memang bukan untuk pendapatan, melainkan PPN atau Pajak Pertambahan Nilai dari iklan yang mereka tawarkan. Berbeda dengan pemberitaan terbaru kemarin, bahwa pajak kali ini akan diterapkan pada publisher/Creators pada pendapatan hasil iklan yang mereka tayangkan, pajak tersebut bahkan akan ditarif hingga sebesar 30%.

Tidak sedikit para publisher yang kemudian bingung terkait penerapan pajak terhadap pendapatan oleh Google Adsense, mulai dari aturan yang diberlakukan, ketentuan-ketentuan yang mengikat seperti syarat-syarat, tarif, dan yang lainnya.

Apa yang terjadi?

Google telah diharuskan untuk mengumpulkan informasi pajak dari pembuat di Program Mitra YouTube (YPP). Jika ada pengurangan pajak, Google akan memotong pajak atas penghasilan YouTube dari penonton di AS dari penayangan iklan, YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers, dan Channel Membership.

YouTube sendiri telah memberi tahu para Content Creator tentang pembaruan ini, dan telah meminta mereka untuk memberikan informasi pajak pada akun AdSense mereka sesegera mungkin. Jika Kalian selaku Content Creator tidak memberikan informasi pajak hingga 31 Mei, pihak Youtube mengatakan bahwa mereka mungkin perlu mengurangi hingga 24 persen dari total pendapatan mereka di seluruh dunia.

Namun, jika para Content Creator telah memberikan informasi pajaknya, akan ada pemotongan antara 0 hingga 30 persen dari total penghasilan yang mereka peroleh khusus penonton dari AS atau Amerika Serikat. Tarif pemotongan terutama bergantung pada apakah negara pembuatnya memiliki hubungan perjanjian pajak dengan AS. Artinya, akan ada variasi pemotongan pajak untuk kreator di berbagai negara.

Mengapa pajak Adsense diberlakukan?

Melansir dari media Gadget 360, sebuah situs pemberitaan di India, bahwa Youtube telah mengkonfirmasi kepada mereka lewat email jika pemberlakuan pajak Adsense kali ini, tidak lain dan tidak bukan adalah karena payung hukum yang mengikat di Amerika.

Under US tax law, Google is required to withhold taxes when non-US creators earn income from viewers in the US. We are asking creators to submit relevant tax information to determine whether any US withholding taxes apply and where applicable, we will withhold US taxes from creators' earnings beginning later this year,”

Pernyataan tersebut dikirimkan berkenaan dengan banyaknya kritik dari para Creator di India, salah satunya kritik oleh seorang pengguna twitter dengan username @janglike13

Apa pengaruh kebijakan pajak Adsense terhadap Creator?

Semua pembuat konten memiliki faktor-faktor yang berbeda untuk menentukan apakah pendapatan Kalian terdampak atau tidak seperti yang sudah penulis singgung di awal artikel ini, lebih rinci lagi beberapa faktor tersebut meliputi,

1.       Pendapatan bulanan yang dihasilkan dari penonton di AS (Amerika Serikat)

2.       Jika Kalian memberikan informasi pajak, tarif pemotongan yang diberlakukan antara 0 hingga 30 persen

3.       Jika Kalian tidak memberikan informasi pajak, maka pemberlakuan pemotongan akan lebih besar lagi, yakni secara default akan menggunakan tarif pemotongan sebesar 24% dari total penghasilan di seluruh dunia

Untuk tarif pendapatan melalui penonton dari AS, Kalian bisa melihat pendapatan yang dihasilkan di saluran Youtube dari pemirsa AS di YouTube Analytics, Kalian juga bisa meninjau Laporan Pendapatan dan menerapkan filter geografi.

Kemudian, tarif pemotongan pajak bergantung pada apakah negara tempat Kalian berasal memiliki perjanjian pajak dengan Amerika Serikat. Untuk mengklaim manfaat perjanjian, Kalian harus memberikan nomor identifikasi wajib pajak atau di Indonesia lebih dikenal dengan NPWP.

Copywriter dan Copywriting: Pengertian, Contoh, Karier dan Peluang

Bisakah kita sebut era yang sedang kita tempati sekarang sebagai eranya informasi? Seiring dengan kemajuan teknologi dalam bidang jaringan, informasi digital berkembang begitu pesat. Informasi dari ujung barat sekarang dapat diterima hingga ke ujung timur dalam hitungan detik, tidak lagi butuh waktu pengiriman berhari-hari maupun berbulan-bulan. Setiap harinya, tanpa kita sadari informasi berlalu-lalang tanpa ada henti, entah itu secara langsung, maupun tidak langsung. Benar sekali, iklan salah satunya.

Nonton Youtube, jeda iklan. Main game, di-spam iklan, scroll Facebook, Instagram lagi-lagi nongol iklan. Bahkan ke pasar atau mall, sales teriak-teriak bukannya iklan? Tanpa kita sadari, berapa jumlah iklan yang sudah kita tonton, dengar, dan rasakan baik secara langsung maupun tidak? bahkan, kita sampai jenuh dengan iklan, benar? Apalagi yang kesannya spamming, sampai mengganggu.

Iklan yang awalnya bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk maupun jasa dan mendorong audiens untuk melakukan pembelian berakhir terbalik. Audiens kemudian ber-evolusi, cara pandang mereka terhadap iklan telah berubah, mereka mulai memilah. Audiens tidak ingin merasa dipaksa untuk melihat ataupun mendengar sebuah iklan. Audiens ingin diri mereka sendiri menikmati iklan tersebut, Bagaimana caranya? "Tentu dengan iklan yang menarik".

Ketatnya persaingan iklan, membuat pengiklan harus benar-benar menerapkan strategi yang bagus untuk meningkatkan brand awareness mereka, baik secara visual, maupun pesan yang disampaikan. Secara visual, itu bidang designer grafis, secara pesan itu bidangnya copywriter. Meski kebanyakan, baik diantara designer grafis maupun copywriter mengerjakan keduanya sekaligus.

Apa itu Copywriter dan Copywriting?

Dalam kesempatan ini, penulis fokus untuk menjelaskan profesi copywriter. Apa itu copywriter? Karir dan peluang copywriter? Copywriter adalah sebuah profesi (part-time maupun fulltime) yang berkaitan dengan kalimat untuk menarik perhatian audiens, baik dengan tujuan promosi produk, promosi kegiatan, promosi jasa, ataupun hal lainnya selain iklan. Kegiatan dari seorang copywriter disebut dengan copywriting.

Dalam pekerjaannya, seorang copywriter memang tidak berhubungan langsung dengan para konsumen ataupun calon konsumen, namun seorang copywriter bisa memengaruhi tindakan akhir mereka (konsumen atau calon konsumen). Sudah bisa membayangkan bagaimana suasana saat menjadi seorang copywriter? Apakah seperti content creator? Hampir, namun tujuannya bukan hanya untuk pengikut, likes, views, maupun shares, tapi brand awareness dari seluruh audiens yang ditargetkan.

Apa yang dikerjakan oleh seorang copywriter juga harus berhati-hati, salah kalimat dalam penyusunan bisa saja menjadi bumerang, karena kalimat yang digunakan biasanya cukup singkat agar mudah diingat, sehingga informasi terkadang kurang lengkap untuk bisa diterima sepenuhnya oleh pembaca atau pendengar atau penonton. Oleh karenanya, pekerjaan ini sekarang sedang ramai dicari oleh perusahaan dan tidak bisa dianggap remeh, keberadaannya juga cukup penting untuk menggaet konsumen dalam range millenial dan setelahnya.

Apa yang Dikerjakan oleh Seorang Copywriter?

Ya, Kalimat! Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, seorang copywriter menjual tulisan mereka, tidak hanya kreativitas namun juga originalitas. Umumnya, pada tiap brand yang sudah terkenal (maupun sedang mencoba untuk terkenal xixi..) memiliki tagline untuk meningkatkan brand awareness mereka, nah itu bisa disebut sebagai hasil dari seorang copywriter.

Contoh hasil dari Copywriter

Pertama, kita akan bahas tentang ricola, tau kan? Sedikit penulis jelaskan tentang produk ini, ricola merupakan permen herbal untuk penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan seperti batuk, 11 12 lah sama strepsils. Kalau pembaca saya ini banyak yang tidak tau tentang ricola, berarti Ricola Ltd. belum cukup sukses dalam meningkatkan brand awareness mereka di pasar Indonesia (haha).

Sedikit mengutip dari situs Active Campaign, yang menuliskan dalam dinding artikel mereka seperti ini,

“Make sure good news sounds like good news” is a much better tagline for a cough drop brand than something like “cough less.”

Artinya kurang lebih seperti, "Make sure good news sounds like good news" merupakan tagline yang lebih baik daripada "cough less.", tagline tersebut mendapat ilustrasi lebih lanjut dalam kalimat "She's (cough) just a friend" dimana seharusnya berita yang seharusnya baik tersebut bisa jadi sebaliknya hanya karena batuk.

Tagline tersebut memiliki nilai-nilai seperti kreatif, karena cukup relateable dengan kehidupan sehari-hari, sehingga banyak orang dengan mudah memahami pesan yang ingin disampaikan dalam iklan poster tersebut. Selain itu kalimatnya cukup singkat dan mudah diingat.

Copywriter dan Pekerjaan Serupa

Copywriter tidak sama dengan pekerjaan kepenulisan lainnya, seperti yang sudah dijelaskan dalam salah satu artikel di Jalan Tikus, Perbedaan Blogger, Copywriter dan Kontributor dan juga Whello.id, Perbedaan Copywriter dan UX Writer. Ditinjau dari tujuannya saja sudah berbeda, metode, dan hasilnya juga berbeda.

Perbedaan Blogger, Kontributor, UX Writer dan Content Writer

Blogger, merupakan sebutan untuk seorang penulis blog, contohnya penulis sendiri, dan artikel yang sedang kamu baca ini adalah hasilnya.

Kontributor, coba cek IDN Times, banyak sekali kontributornya (Penulis artikel namun bukan pemilik situs).

UX Writer, biasanya berpasangan dengan UI, jadi UI/UX Designer, mau tau contohnya? buka app Gojek, semua di dalamnya sudah berbasis UI/UX modern, cirinya mudah, tidak lagi menggunakan kata/kalimat baku di dalamnya

Content Writer, tugasnya adalah membuat sebuah artikel bisa dalam sebuah site, blog, ataupun microblog (Instagram dan sebagainya).

Copywriter: Deskripsi, Contoh, Karier dan Peluang

Bagaimana Karir dan Peluang Copywriter?

Melansir dari Glints.com, dalam forum dan QnA, seseorang bertanya tentang career-path seorang copywriter, banyak sekali responnya, salah satunya yang mengaku sebagai Content Writer di BukaLapak menjelaskan bahwa career-path seorang content/copywriter dimulai dari writer, editor, managing editor, sampai editor in chief.

Peluangnya cukup bagus, tidak semua orang kreatif, tidak semua orang juga punya kredibilitas atas keorisinilan karya mereka. Apalagi pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah untuk digantikan dengan robot, banyak aspek yang membatasinya, seperti kosa-kata, perasaan dalam kalimat, keelokan pelafalan, sampai trend yang dinamis.

Untuk requirements-nya, seperti kata mbak Winny Witra Maharani dalam wawancara yang di narasikan oleh RuangPegawai.com, biasanya ada yang butuh minimal S1, tapi bagi kalian yang belum atau hanya lulusan SMA/SMK sederajat bisa saja, asalkan Creative.

Cara Memperbesar Payudara Secara Alami

Payudara merupakan salah satu mahkota bagi wanita selain rambut. Memiliki ukuran payudara yang besar biasanya menjadi idaman para perempuan. Padahal ukuran payudara tidak menjadi masalah selama payudara dalam keadaan sehat.

Akibat banyaknya perempuan yang ingin memiliki payudara dengan ukuran besar, banyak upaya yang dilakukan. Mulai dari upaya medis hingga upaya alami. Untuk upaya medis, tentu akan memakan biaya. Di samping itu resiko dari kesehatan tentu juga lebih tinggi.

Besar payudara sebenarnya dipengaruhi oleh usia, berat badan, distribusi lemak tubuh, keturunan, dan lain-lain. Menurut dr. Jati Satriyo dilansir dari situs alodokter, sebenarnya tidak ada ukuran pasti untuk ukuran payudara ideal bagi perempuan.

Sebenarnya cukup sulit untuk memperbesar payudara secara alami tanpa bantuan implant. Namun begitu, beberapa cara dapat digunakan untuk memperkuat otot dada sehingga payudara terlihat lebih bervolume. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Friction Massage

Pijatan ini dimulai dengan menggosokkan kedua tangan sampai terasa hangat. Setelah tangan terasa hangat, pijat payudara dengan lembut.

Anda dapat melakukan pijatan ini selama 20-30 menit. Gerakan memijat payudara dengan teknik ini dimulai dengan mengangkat payudara. Anda dapat mengangkat payudara dengan gerakan memutar ke atas.

Rasa hangat yang timbul dari gosokan telapak tangan dapat membantu untuk melebarkan pembuluh darah di sekitar payudara. Sehingga darah di sekitar payudara dapat mengalir dengan lancar.

2. Chi Massage

Pijatan yang kedua ini lebih menitik beratkan pada tekanan jari jemari untuk memperbesar payudara. Nama lain dari pijatan ini adalah acupressure.

Langkah untuk menjalankan pijatan ini sangat mudah. Anda hanya perlu menekan area payudara dengan ujung jemari dengan tekanan lembut.

Pijatan ini dilakukan melingkar ke seluruh payudara. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan sebanyak dua kali sehari.

3. Pemijatan Satu Persatu Kemudian Pijat Keduanya

Untuk memperbesar payudara, Anda bisa melakukan pemijatan dengan teknik di bawah ini. Mula-mula pijat payudara Anda satu persatu seperti langkah-langkah di bawah ini:

Pilih salah satu payudara yang akan dipijat terlebih dahulu.

Putar ke arah berlawanan dengan menggunakan dua tangan.

Pijat lingkar luar payudara dengan gerakan memutar.

Letakkan tangan kananmu di bagian bawah sebagai penyangga, lalu tangan kiri dengan menggunakan tiga. Kemudian buat gaya memutar. Gerakan dimulai dari bagian putting hingga turun ke sisi luar. Ulangi pada beberapa sisi yang berbeda.

Ulang lagi gerakan memijat ke arah berlawanan dengan menggunakan dua tangan.

Goyang-goyangkan sejenak dari atas ke bawah dengan menggunakan tangan untuk melancarkan aliran darah dan meregangkan otot.

Pijat dari lingkar luar payudara kemudian tarik ke arah puting hingga beberapa kali untuk bentuk payudara yang maju.

Ulangi gerakan menggoyang-goyangkan payudara seperti sebelumnya

Setelah selesai pijat payudara bergantian dengan cara di atas. Jika sudah, Anda bisa melakukan pijatan selanjutnya seperti dalam langkah di bawah ini:

Letakkan kedua tangan di bagian atas payudara, lalu lakukan pijatan memutar mengikuti bentuk payudara.

Arahkan dari luar payudara menuju ke dalam. Ulangi sebanyak sepuluh kali.

Setiap Anda melakukan putaran dua kali, balik arah putaran.

Terakhir, goyangkan payudara dengan menempatkan kedua tangan di bawah payudara sebagai penyangga.

4. Berenang

Tidak hanya dapat memperbaiki postur tubuh, berenang juga dapat memperlancar pernafasan. Di samping itu berenang ternyata dapat membantu Anda untuk memperbesar payudara.

Untuk memperbesar payudara dengan cara berenang, Anda dapat memulainya dengan gaya dada. Berenang menggunakan gaya dada akan melatih otot lengan, pundak, dan tentunya dada. Berenang menggunakan gaya ini juga dapat menarik payudara sehingga lebih terlihat bervolume.

Selain gaya dada, Anda juga dapat berenang menggunakan gaya kupu-kupu. Gaya kupu-kupu juga dapat melatih otot sekitar dada.

Semakin rutin anda melakukan olahraga, maka masa otot dada anda akan semakin terlihat kencang dan bervolume. Jadi tunggu apa lagi?

Bank Mandiri Buka Lowongan untuk Lulusan SMA, D3, S1 dan S2

Melansir laman bankmandiri.co.id, Selasa (23/2/2021) Bank Mandiri membuka kesempatan bagi lulusan SMK sederajat, Diploma maupun Sarjana lulusan baru untuk mengajukan lamaran untuk kategori "Banking Staff" dan "Kriya Mandiri".

1. Banking Staff

Untuk posisi ini gambaran pekerjaannya:

- Memberikan layanan prima kepada nasabah dalam melakukan transaksi perbankan.

- Mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan klien atau calon klien dan menganalisis kebutuhan mereka.

- Memberikan penjelasan produk perbankan sesuai kebutuhan nasabah.

- Menanggapi keluhan pelanggan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

- Menjalankan manajemen kantor harian.

- Mengerjakan tugas-tugas administratif seperti pengarsipan dan pemrosesan dokumen.

- Melakukan fungsi pendukung administrasi ad-hoc/ tugas manajemen kantor.

- Melakukan pengelolaan data untuk mendukung operasional unit bisnis.

Syarat:

- Minimal Diploma 3 atau lulusan (S1) dengan IPK minimal 2,75 dari bidang studi terkait.

- Usia maksimal 24 tahun untuk “fresh graduate” dan 26 tahun dengan pengalaman relevan 2 tahun.

- Belum menikah.

-Keterampilan komunikasi yang baik.

Terbuka untuk wilayah:

Head Office Jakarta

Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua.

2. Officer Development Program General

Program ini mempersiapkan pekerja untuk menempati posisi kepemimpinan di berbagai tingkatan di Bank Mandiri. Dengan mengikuti program ini, peserta akan dilatih oleh para bankir, profesional, dan pemimpin yang sangat berpengalaman dalam berbagai aaspek perbankan dan kepemimpinan.

Program ini dimulai dengan pendidikan intensif di kelas yang diikuti dengan pelatihan di tempat kerja dan rotasi di berbagai bagian Bank Mandiri.

Kriteria:

- Lulusan lokal/ internasional (S1) dan pascasarjana (S2) dari bidang studi terkait.

- Nilai rata-rata Lulusan (S1) minimal 3,00 atau setara Nilai rata-rata Pascasarjana (S2) minimal 3,20 atau setara

- Usia maksimal untuk seleksi: 25 tahun untuk Lulusan (S1) dan 27 tahun untuk Pascasarjana (S2)

- Lancar berbahasa Inggris baik untuk komunikasi tertulis maupun lisan

- Tidak menikah selama Program

- Bersedia direlokasi ke seluruh Indonesia

Kriya Mandiri

Mandiri Kriya merupakan program dimana Bank Mandiri mengundang lulusan SMA untuk menjadi pekerja magang di Bank Mandiri.

Sebagai pekerja magang, Anda akan diberi kesempatan untuk mengumpulkan pengalaman dan keterampilan yang diperlukan untuk tempat kerja.

Setelah berhasil menyelesaikan program Mandiri Kriya, peserta berhak atas Bantuan Pendidikan Mandiri, untuk membantu menyelesaikan studi sarjana.

Kriteria:

- Lulusan Sekolah Menengah Atas dan Diploma

- Lulusan memiliki nilai rata-rata minimal lulusan sekolah menengah, dengan nilai rata-rata ujian nasional minimal 6,5

- Diploma lulusan dengan IPK minimal 2.5

- Usia maksimal untuk seleksi 24 tahun untuk Diploma dan 19 tahun untuk Lulusan Sekolah Menengah Atas

- Tidak menikah selama masa magang

- Keterampilan komunikasi yang baik.

Terbuka untuk wilayah:

Aceh, Sumatera Utara dan Riau, Jambi, Lampung, Sumatera Barat dan Selatan, Tangerang, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Bekasi Jakarta Selatan, Depok dan Bogor Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Adapun info resmi seputar lowongan dan ketentuan lowongan dapat dilihat melalui laman https://www.bankmandiri.co.id/career

Bank Mandiri tidak memungut biaya apapun dan/atau menggunakan jasa travel agent dalam proses rekrutmen.

Sebagaimana diketahui, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau Bank Mandiri merupakan perusahaan BUMN di peringkat ketiga dalam jumlah aset terbesar.

Selama beberapa tahun, Bank Mandiri menjadi bank dengan aset terbesar di Indonesia sebelum digantikan oleh Bank BRI.

Tertarik berkarir di Bank ini?



LOWONGAN KERJA CV. Global Ocean Norie

 

CV. GLOBAL OCEAN NORIE

Machine Industri, Seaweed Trading

dan Community Empowerment

 


OPEN RECRUITMENT / LOWONGAN KERJA

CV. Global Ocean Norie

Adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan mesin lokal bertechnologi tepat guna / TTG (Machine Industry),  Penjualan Rumput Laut kualitas ekspor (Seaweed Trading) dan Pemberdayaan Masyarakat kawasan Desa potensial (Community Empowerment).

       Dibutuhkan segera...!!!

Wilayah Nusa Tenggara Barat

Dibutuhkan Tiga Spesifikasi Kerja (Desain Grafis (DG), Admin (AD) dan Tenaga Pemberdayaan (TP). Pendaftaran dilakukan melalui G-Form yang sudah disediakan gg.gg/FormulirGONorie2019. Pendaftaran dimulai tanggal 20 – 30 September 2019

1. DESAIN GRAFIS (DG)

Ø  KUALIFIKASI:

  - Pria / Wanita max 30 tahun

  - Pendidikan minimal SMA / Sederajat

  - Belum Menikah

  - Minimal pernah bekerja 1 tahun di bidang yang sama

  - Kehlian memotret adalah nilai tambah

  - Memiliki Sifat Jujur dan Bertanggung Jawab

  - Bersedia bekerja sesuai dengan aturan perusahaan / kantor

Ø  KEAHLIAN:

 - Adobe Photoshop

 - Adobe Illustrator / Corel Draw

 

 

 

2. ADMIN (AD)

Ø  KUALIFIKASI

  - Wanita max 30 tahun

  - Pendidikan minimal S1 (Semua Jurusan)

  - Belum Menikah

  - Teliti, Komunikatif, mampu bersosialisasi dan bisa membangun tim kerja

  - Memiliki Pengalaman Kerja

  - Memiliki Sifat Jujur dan Bertanggung Jawab

  - Bersedia bekerja sesuai dengan aturan perusahaan / kantor

Ø  KEAHLIAN

  - Bahasa Inggris

  - Komputer (MS Word, Excel dan Power Point)

 

3. TENAGA PEMBERDAYAAN (TP)

Ø  KUALIFIKASI

  - Pria / Wanita max 30 tahun

  - Pendidikan minimal S1 (Jurusan Pertanian)

  - Teliti, Komunikatif, mampu bersosialisasi dan bisa membangun tim kerja

  - Belum Menikah

  - Memiliki Sifat Jujur dan Bertanggung Jawab

  - Bersedia bekerja sesuai dengan aturan perusahaan / kantor

Ø  KEAHLIAN

  - Bahasa Inggris

  - Komputer (MS Word, Excel dan Power Point)

CAUTION

·         Silahkan lengkapi persyaratannya dan langsung di SUBMIT

·         Setelah data anda kami terima tunggu pemanggilan selanjutnya untuk INTERVIEW

 

Featured Post

Tinjauan Tentang Siklamat

Tinjauan Tentang Siklamat Siklamat memiliki nama dagang yang dikenal sebagai assugrin, sucarly, sugar twin, atau weight watchers. Siklamat...