Isim Mu'rob


DEFINISI ISIM MU’ROB



Menurut kitab Audhoh al-Manahij, isim mu’rob adalah‘berubahnya keadaan huruf akhir dari suatu kata disebabkan amil (faktor-faktor) yang mempengaruhinya baik secara eksplisit (lafdzon) atau implisit (taqdiron)’.



Isim mu’rob adalah isim yang dapat berubah keadaan akhirnya disebabkan oleh adanya perbedaan letak (posisi) dalam suatu kalimat.



Menurut ibn Aqil, isim mu’rob didefinisikan sebagai isim yang terbebas dari keserupaan dengan huruf.



Sejenis dengan istilah ini, adalah I’rob yaitu perubahan harokat huruf akhir suatu kata (isim, f’il, harf) karena pengaruh dari suatu amil tertentu.



Contoh:

جَدِيْدٌ الْكِتَابُ            (Buku itu baru)

الكِتَاب قَرَأْتُ            (Aku membaca buku itu)

قِِصَصٌ فِي الكِتَابِ    (Di dalam buku itu terdapat kisah-kisah)



KLASIFIKASI ISIM MU’ROB



Sebelum masuk pada klasifikasi isim mu’rob, perlu diketahui tentang tanda-tanda (‘alamat) yang menyertainya:



1. Tanda Asli (dengan harokat)

a. Dhommah : untuk I’rob rafa’

b. Fathah : untuk I’rob nashob

c. Kasroh : untuk I’rob jar

d. Sukun : untuk I’rob jazm



2. Tanda Pengganti (dengan huruf)

a. Alif : untuk I’rob rafa’

b. Wawu : untuk I’rob rafa’

c. Ya : untuk I’rob nashob dan jar

d. Tetapnya Nun (tsubut) : untuk I’rob rofa’

e. Terbuangnya (hadzf) nun : untuk I’rob nashob dan jazm



Secara global, klasifikasi I’rob ada empat macam, yaitu:



1. I’rob rofa’

2. I’rob nashob

3. I’rob jar

4. I’rob jazm



Lebih lanjut, i’rob rofa’ dan nashob dapat masuk pada fiil dan isim (i’rob musytarok) sedang jer dan jazm adalah i’rob mukhtas (jer khusus pada isim dan jazm khusus pada fiil).



Secara khusus, yang akan dibicarakan adalah I’robnya isim, yang mencakup: rofa’, nashob, dan jar.



1. Rofa’



Tanda-tanda khususnya meliputi:



a. Dhommah, terdapat dalam:

Isim mufrod:                                جاء رسولٌ

Jamak taksir :                                  قام القوم

Jamak muannats salim :                    جلستْ المسلماتُ



b. Alif, terdapat dalam:

    Isim mutsanna/ tatsniyah :                   هذانِ كتابَان               



c. Wawu, terdapat dalam:

    Jamak mudzakkar salim:                     هُمْ المسلموْن

    Asma khomsah :                 وَحَضَرَ ذو مالٍ جاء أبوك وأخوك و حموك وهذه فوك



2. Nashob



Tanda-tanda khususnya meliputi:



a. Fathah [tanda asli], terdapat dalam:

    Isim mufrod :                                           رأيتُ بكراً

    Jamak taksir:                                            أكلتُ الرزَّ             



b. Ya, terdapat dalam:

    Isim mutsanna:                                رأيتُ المسلمينِْ              

    Jamak mudzakkar salim:                   رأيتُ المسلميْنَ



c. Alif, terdapat dalam:

    Asma khomsah (isim lima): إنَّ أباك وأخاك وحماك ماهر في كرة القدم وإن فاك                                                            صغيرةُ و إنّ ذامالٍمسرورٌ



d. Kasroh, terdapat dalam:

    Jamak muannats salim:                        رأيتُ المسلماتِ                       



3. Jar



Tanda-tanda khususnya meliputi:



a. Kasroh (tanda asli), terdapat dalam:

    Isim mufrod :                                           مررتُ بزيدٍ

    Jamak muannats salim :                    مررتُ بالمسلماتِ



b. Ya, terdapat dalam:

    Isim mutsanna :                                    مررتُ بالمسلميْنِ

    Jamak mudzakkar salim                    : مررتُ بالمسلميْنَ

    Asma khomsah : مررتُ بأبيك وأخيك و حميك و نظرت إلى فيك وإلى ذي مالٍ                                                     أمامه سيارة



c. Fathah, terdapat dalam:

    Isim ghoir munshorif :                     مررتُ بفاطمةَ, أَماَمَ إبراهيمَ كلبٌ كبيرٌ



MACAM-MACAM MU’ROB



1.  Mu’rob dengan harokat



a. Isim Mufrod Munshorif

Isim mufrod adalah kalimah isim yang menunjukkan arti tunggal dan menerima tanwin. Ketika tingkah rafa’ dialamati dengan  harokat dhomah, seperti جاء محمد , ketika tingkah nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti محمد رايت dan ketika tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti بمحمد مررت.

         

b. Jama’ Taktsir Munshorif

Jama’ taktsir adalah kalimah isim yang bermakna jama’ atau banyak dan berubah dari asal mufrodnya. Ketika tingkah rafa’ dialamati dengan  harokat dhomah,seperti الاساتذ  جاء ketika tingkah nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti الاساتذ رايت dan ketika tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti الكرسي علي جلسنا.



c. Jama’ Muannas Salim

Jama’ muannas salim adalah kalimat isim yang menunjukkan arti banyak dan selamat dari perubahan asal mufrodnya. Ketika tingkah rafa’ dialamati dengan  harokat dhomah,seperti المسلمات جاء, ketika tingkah nashob dialamati dengan harokat fathah, seperti المسلمات رايت dan ketika tingkah jer dialamati dengan harokat kasroh, seperti بالمسلمات مررت.



d. Isim Ghoiru Munshorif

Isim ghoiru munshorif adalah kalimah isim yang tidak menerima tanwin. Ketika tingkah jar dialamati dengan harokat fathah, seperti باحمد. مررت



2. Mu’rob dengan Huruf



a. Isim Tasniyah

Adalah isim yang menunjukkan arti dua, dengan tambahan huruf  alif dan nun ketika rafa’, atau ya’ nun ketika nasob/jar. Yang mencukupi dari huruf athaf dan lafadz yang diatafkan, tambahan tersebut pantas dihilangkan dan mengathofkan sesamanya lafadz pada lafadz tersebut.



Contoh                 

جاء التلميذان الى المدرسة (رفع) , نظرت المرئتَينِ الجميلتينِ (نصب), ذهبت الى المكتبة مع الرجلينِ(جر)

Ada beberapa kalimah yang disebut dengan mulhq isim tasniyyah, ada yang tanpa syarat seperti lafadz  اثنان,اثنتان,ابوان,  dan ada pula yang harus memenuhi persyaratan harus harus dimudlofkan pada isim dlomir yaitu lafadz كلا,كلتا



b. Jama’ mudzakkar salim                              

Adalah isim yang menunjukkan arti lebih dari dua, dengan tambahan waw dan nun ketika rafa’, atau ya’ nun ketika nasob dan jar.



Contoh                           

يصلى المسلمون فى المسجد (رفع), ان المجاههدينَ يجاهدون في سبيل الله (نصب), القران شفاء للمسلمينَ (جر)

Ada beberapa lafadz yang dikatakan sebagai mulhaq jama’ mudzakar salim, I’robnya disamakan persis dengan jama’ mudzakar salim, yaitu rafa’ ditandai wawu, nashob dan jar ditandai ya’ .



c. Asma’ sitta

Asma’ sittah adalah lafadz abun, akhun, chamun, fu, dzu, dan hanu. Dirafa’kan dengan wawu, nasob dengan alif, dan jar dengan ya’. Asma’ sittah harus memenuhi 4 syarat yaitu: Harus Dimudlofkan, Dimudlofkan Pada Selain Ya’ Mutakallim, Lafadznya Tidak Ditashghir (Wazan Fu’ailun), Harus Berbentuk Mufrod.








Related Posts