Makalah Man Jadda Wa Jada (Jilid II)


MAN JADDA WA JADA (JILID II)

BERANI  MEMULAI  USAHA

Berbagai macam sifat keberanian ada pada diri seseorang, tapi orang yang bijaksana mempunyai keberanian yang penuh perhitungan. Cinta dengan pekerjaan dan apa yang kita lakuka menjadi dorongan yang sangat kuat yang memberikan kekutan bagi diri kita untuk berani melangkah. Terkadang memang banyak ketakutan yang  menghadang,tetapi dengan cinta, semua persoalan akan lebih mudah dihadapi.

Banyak sekali ketakutan-ketakutan untuk memulai mengerjakan sesuatu dalam hidup. Orang biasanya mempunyai banyak ide untuk melakukan sesuatu. Yang membedakan santara satu orang dengan orang lain adalah berfikir bahwa sebenarnya banyak halyang bisa kita lakukan, atau merasa bahwa sesungguhnya kita bisa melakukan apa yang telah dilakukan oleh orang lain. Yang membedakan adalah dia berani memulainya, dan kita tidak.

Takut gagal adalah sebuah perasaan yang wajar. Tetapi mesti diingat, bahwa semua ketakutan dan kekhawatiran dalamhidup kita kebanyakan ada dalam pikiran. Sekali kita mampu mengalahkan ketakutan dan kekhawatiran kita, yang terjadi kemudian tidaklah seseram apa yang kita bayangkan sebelumnya. Apalagi, masing-masing kita sebenarnya dilimpahiberbagai kelebihan unik yang bisa menjadi keunggulan bersaing. Karena itu, jika kita menjalaninya dengan penuh cinta dan kesungguhan, kelebihan itu akan melekat dan akan memeberi nilai tambah. Perlu ada rasa percaya diri yang kuat untuk memulai sesuatu, karena hanya dengan cara itu kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.

Tanpa memulai, kita akan selalu jalan di tempat. Jangan sampai ketakutan dan kekhawatiran kita menjadi terbelenggu untuk melangkah maju ke depan. Saatnya menghilangkan berbagai ketakutan dan kekhawatiran, dan yakinlah bahwa semua persoalan akan bisa kita atasi.

Adapun beberapa tips di bawah ini agar kita berani memulai sesuatu:

Rencanakan apa ang akan kita lakukan dengan baik. Perencanaan yang baik akan memudahkan kita memeulai sesuatu

Hindari berbagi rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan. Biasanya hanya ada di awal, setelah itu yang terjadi bisanya tidak seseram apayang kita bayangkan

Percaya penuh dengan kemampuan diri sendiri, bahwa kita akan berhasildalam pekerjaan yang akan kitalakukan

MODAL NEKAT DAN KESUNGGUHAN

Terjagalah saat orang tertidur di malam hari, bangun dan kerja keraslah mengejar kemuliaan dan ketinggian. Menjadi pengusaha bukanlagi monopoli kaum tua. Salah satunya addalah Toni Hadi Putra. Anak muda kelahiran Tembilahan 31 januari 1979 adalah pemilik kelompok usaha Jamitra Inkaru. Produk utamanya minuman bandrek dan bajugur yang memang terkenalsebagai minuman daerah jawa barat. Dengan keberanian yang berasaal dari kenekatan itu ditekuninya terus menus dan dengan kejujuran, kerja keras, dan pantang menyerah, Toni menjadi salah satu contoh yang baik bagaimana mengelola kenekatan menjadi sebuah keberanian sikap untuk memulai usaha. Pada mulanya akan ada keraguan apakah usaha yang dirintis akan berhasil atau tidak, tetapi mestinya kita yakin, bahwa semua kesulitan akan menemukan jalan keluarnya sendiri.

Namun demikian Rozi berpesan agar jangan sekedar nekat. Nekat boleh, tapi jangan ngawur. Dengan demikian walaupun kita bermodal nekat, tetapi kita tetap menjalankan dengan penuh perhitungan dan kreativitas yang matang. Hal itu untuk menjaga agar usaha yang kita bangun tidak berhenti di tengah jalan karena salah perhitungan. Adapu nekat bagi Toni ada dua sisi. Sisi yang pertama adalah mengumpulkan semua keberanian yang kita miliki untuk memeulai sesuatu. Dengan segala kepercayaan diri, kita padukan menjadi sebuah tekad yang kuat dengan komitmen yang tinggi. Sedangkan sisi yang ke dua adalah nekat berani usaha keras menghilangkan semua kekhawatiran dan ketakutan yang mungkin timbul saat kita kan mulai melakukan sesuatu. Pada akhirnya, dua sisi ini menjadi tenaga yang luar biasa untuk mulai menghasilkan sesuatu. Jadi, untuk memulai sebuah usaha, bukan modal finansial yang dibutuhkan, bukan juga ide-ide usah. Banyak ide yang berserakan di sekitar kita, banyak juga orang-orang yang kebingungan dalam menyalurkan uang yang mereka miliki. Untuk memulai usaha, yang dibutuhkan pertamakali adalah kemauan.

Kemaauan inilah yang akan membawa kita pada ide-ide yang ingn kita jalankan. Kemauan inilah yang juga akan membawa kita untuk mencari berbagai modal awal yang diperlukan dan menjadi dasar utama untuk melangkah. Kemauan yang kuat, disertai kesungguhan akan membawa kita menemukan jalan dari semua keterbatasan yang kita miliki. Akan banyak masalah yang timbul, tetapi kreativitas akan mengajarkan kita bagaimana mencari jalan keluarnya. Jadi, bukan sekedar ngawur, itulah makna dari sebuah kenekatan yang sesungguhnya.

Adapun tipsnya untuk berani nekat adalah:

Kumpulkan semua keberanaian kita, mulailah melakukan pekerjaan yang kita inginkan.

Mulailah dengan kreativias dan inovasi, sehingga muncul ide-ide baru yang segar.

Kenekatan harus disertai dengan perhitungan yang mateng, agar kita tidak terjebak pada asal nekat.

MULAI DENGAN IDE KREATIF

Orang yang mempnyai pengetahuan adalah orang besar walaupun masih muda, dan orang yang tidak mempunyai pengetahuan adalah orang kecil walaupun sudah tua”. Dluwang , dalam bahasa jawa berarti kertas. Kertas adalah bahan yang mudah robek, dan jika terkena air,lansung rusak. Tetapi, krativitas dan ilmu menjadikan kertas koran ini tidak aja kuat, tetapi bisa menjadi bahan bakuuntuk brbagai produk sehari-hari. Seperti, sandal, tas kerja, tas sekolah, dompet, bungkus kado, vas bunga, tempat pensil dn lain sebagainya.

Dengan produk-produk yang unik semacam ini, Dluwang Art berhasil memasarkan berbagai produknya baik kepada instansi maupun peroangan ke seluruh tanah air. Diharapkan pula ke depan bisa mempunyai potensi ekspor ke luar negeri.

Dluwang Art memberikan pelajaran berharga kepada kita, bahwa hampir semua barang disekitar kitabisa bermanfaat, asalkita bisa sedikit kreatif dan inovatif untuk memberikan sentuhan ilmu dan teknologi. Kreativitas dan inovasiinilah yang akan membuat produk-produk yang tidak mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, menjadi produk yang bernilai tambah besar.

Selain itu, pola kemitraan yang dikembangkan Dluwang Art juga memberikan pelajaran berharga bahwa bisnis tidak hanya sekedar menghasilkan keuntungan bagi personal atau perusahaan, tetapi juga perlu untuk memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

Beberapa tips menjadi kreatif:

Yakinlah bahwa setiap sesuatu di dunia ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Latihlah kreativias dan inovasi dengan membuat sesuatu yang baru.

Jangan pernah meremehkan hal-hal kecildi sekitar kita, karena bisa jadi manfaatnya jauh lebih besar.

Selalu berfikir menambahkan sesuatu yang berbeda dari setiap produk atau barang yang kita temui.

BUATLAH NILAI TAMBAH

 Katakanlah kepada para pengangguran.”Jika dirimu terasa sempit, berjalanlah mencari sesuatu yang baru di tempat berbeda”. Membuat nilai tambah inilah yang semestinya menjadi pemikran bagi kita semua. Dengan memberi nilai tambah, maka persaingan dan keunggulan bersaing tidak hanya sekedar harga murah bagi produk-produk yang kita produksi, tetapi memberikan layanan produk yang berkualitas sehingga kita bisa menjualnya dengan harga lebih mahal.

Yang dibutuhkan untuk memberikan nilai tambah sudah tersedia dalam diri kita: yaitu akal pikiran kita. Tinggal kita memeras otak semaksimal dan sekereatif mungkin, merenung setiap hari, apa yang bisa kita berikan sebagai nilai tambah untuk produk kita, jasa yang kita berkan, dan juga termasuk diri kita, sehingga menjadi keunggulan bersaing dibandingkan dengan yang lain.

Dan dalam menciptakan nilai tambah ini juga tidak perlu muluk-muluk dan aneh-aneh, yang bisa jadi mlah tidak dibutuhkan konsumen. Yang paling penting adalah kreativitas dan inovasi di kembangkan berdasarkan kebutuhan konsumen. Modal membangun kreativitas dan inovasi juga tidak mahal. Semua sudah diberikan Tuhan, tinggal kita mampu atau tidak memanfaatkannya secara maksimalsehingga memberikan nilai tambah yang baik bagi konsumen. Adalah akal pikiran kita yang menjadi sumber inovasi dan kreativitas pada apa saja yang akan kita bangun. Membuat nilai tambah tidak hanya berlaku bagi produk, tetapi juga bagi diri kita sendiri. Jik kita idak mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan orang-orang di sekeliling kita, maka nilai diri kita akan sama dengan mereka. Perlu dicari nili tambah apa yang membuat diri kita ebih baik dibandingkan dengan orang lain.

Buat kita, nilai tambah biasa pada pengetahuan dan keterampilan yang lebih banyak, atau keterampilan khusus yang kita dalami dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian, orang melihat bahwa kita mempunyai kelebihan yang berbeda di bandingkan dengan orang lain. Selain itu, nilai tambah juga dikembangkan melalui sikap mental, semangat, dan antusiasme yang kita miliki.jika ada dua orang dengan kemampuan dan pengetahuan yang kurang lebih sma, tentu orang akan lebih memilih yang lebih semangat, punya integritas dan kejujuran, serta bekerja secara lebih antusias.

Saatnya merenung, nilai tambah apa yang akan kita sematkan pada diri kita. Dan berikut tips untuk membuat nilai tambah:

Lihatlah dri kita, apa yang bisa kita jadikan sebagai keunggulan bersaing dibandingkan dengan orang lain.

Jangan biarkan diri kita sama dengan orang lain, buatlah berbeda yang memberi nilai tambah pada diri kita masing-masing

Nilai tambah bisa dikembangkan dari apapun yang kita miliki, bisa  juga kita carikan yang ada di sekitar kita.

HIDUP PENUH DENGAN TANTANGAN DAN RINTANGA

Roda kehidupan silih berganti bahwa setiap fase didalamnya memiliki tantangan dan rintangan tersendiri. Berkaca dari banyaknya permasalahan, rintangan, dan tantangan di sekitar kita, semestinya sudah tumbuh kesadaran bahwa masalah, rintangan, dan tantangan itu akan selalu ada.

Memahami bahwa rintagan dan masalah akan selalu ada pada setiap fase kehidupan akan membuat kita menjadi lebih tenang menghadapi setiap permasalahan yang timbul. Tidaak perlu takut berlebihan karena sesuai pengaaman, hampir pasti akan ada jalan keluar dari apa yang pernah kita hadapi. Dengan pengalaman, akan tumbuh percaya diri bahwa kita akan mampu mengatasi berbagai permasalahan tersebut dengan baik.

Pengalaman hidup tersebut akan akan memberikan kekuatan bahwa berbagai masalah pada akhirnya akan bisa kita selesaikan jika kita bersungguh-sungguh memikirkan jalan keluarnya dan mulai berusaha bekerja dan memulainya. Apa pun yang terjadi, betapa pun berat persoalan, kita harus tetap yakin bahwa setiap  persoalan dan rintangan yang menghadang di depan kita hanyalah bumbu dan variasi kehidupan yang perlu kita hadapi.

Keyakinan akan membuat kita jauh lebih tenang menghadapi berbagai persoalan yang menghadang. Ketenangan inilah yang diperlukan agar bisa berfikir jernih. Dengan pikiran yang jernih, akan lebih mudah memilih jalan keluar dari berbagai permasalahan yang ada. Jangan pernah takut menghadapi tantangan dan rintangan, yakinlah bahwa setiap tantangan akan bisa kita lewati dengan baik.

KESULITAN AKAN MEMBUAT KITA JAUH LEBIH TANGGUH

Jika seseorang tidak pernah mengalami berbagai kesulitan dan tekanan hidup, ia tidak akan pernah belajar mengembangkan diri dan bertahan hidup. Tekanan hidup mengajarkan kita untuk bisa mengeluarkan semua potensi yang kita miliki dengan maksimal. Bahkan, terkadang seseorang mestii dijebloskan terlebih dahulu dalam sebuah tekanan besar, meski dijatuhkan dalam kondisi yang paling terpuruk. Keterpurukan yang mendalam akan menimbulkan energi yang luar biasa untu bangkit.

Seperti orang yang sedang dikejar anjing, ia akan mengeluarkan energi yang luar biasa untuk lari sekencang-kencangnya agar bisa menghindri kejaran anjing tersebut. Mungkin ia akan melompati pagar tinggi yang yang dalam kondisi biasa akan sulit untuk bisa dilakukan. Justru saat seseorang itu terdesak, dihadapkan pada kesulitan yang sangat dalam, biasanya timbul kreativitas untuk keluar dari berbagai kesulitan tersebut.

Bukan perkara mudah untuk bisa keluar dari tekanan yang hebat. Apalagi, tekanan itu terkadang tidak siap dengan kondisi yang ada. Disinilah kita benar-benar diuji. Jika mampu kelur dari tekanan, akan menjadi momentum perubahan yang besar. Tetapi jika tidak mampu keluar dari tekanan, maka bisa terpuruk jauh lebih dalam. Dan pada saat-saat seperti ini, yang di butuhkan justrubukan sekedar pemikiran normal. Dibutukan pemikiran kreatif yang luar biasa agar seseorang mampu membuat berbagai trobosan baru sebagai sarana bisa keluar dari keterpurukan tersebut.

Berbagai tekanan dan cobaan dalam hidup tidak boleh membuat kita lemah dan pasrah dengan keadaan, sehingga menebapkan kehilangan harapan dan berputus asa. Tugas kita bagaimana membuat semua keterpurukan dan tekanan itu sebagai energi yang kuat untuk segera membalikkan keadaan menuju hal yang lebih baik. Orang yang sedang jatuh atau terpuruk justru harus berfikir dan bekerja jauh lebih keras dibandingkan dengan orang-orang dalam kondisi normal. Tidak perlu putus hrapan, biasanya orang-orang yang dalam kondisi tertekan, akan mampu mengeluarkan potensi yang tidak terduga yang sebelumnya tidak terlihat. Keterpurukan dan kejatuhan, memakasa kita untuk berfikir lebih kreatif. Syukuri itu, dan manfaatkan menjadi batu loncatan dan momentum untuk meleset jauh lebih maju di masa mendatang.

PERCAYALAH DENGAN KEMAMPUAN ANDA

Percaya diri akan terbangun saat kita mendapatkan perestasi aau penghargaan dari apa yang kita kerjakan. Karena itulah, jika kita mempunyai target dan impian yang besar, buatlah target dan impian itu menjadi target yang lebih kecil lagi. Target-target kecil yang menjadi lebih mudah dicapai. Sehingga setiap kali target kecil itu tercapai, kita akan merasa senang dan menambah kepercayaan diri kita mengerjakan hal-hal yang lebih besar. Dengan selau memberikan penghargaan atas target-target kecil yang kita raih, lambat laun secara sadar atau tidak, kita telah membangun mentalitas yang kuat bahwa kit mampu mengejakan sesuatu. Kita menyadari bahwa kita mempunyai kelemahan dan kelebihan, tetapi itu tidak menghalangi kita mencapai apa yang kita targetkan.

Seperti halnya Drogba yang membutuhkan pelatihnya Carlo Ancolatti, kita juga kadang membuthkan orang lain. Mendengar orang lain menasehati, mungkin juga bukan hal baruyang diberikan orang tersebut, tetapi percayalah, hal itu kita butuhkan sebagai penyulut kesadaran bahwa kitamesti berbuat sesuatu.

Buka mata hati, hilangkan ego dan kesombongan diri, saatnya mendengarkan dari orang-orang sekitar kita tentang apa pun yang ingin mereka sampaikan; kritik, review, dan juga kata-kata pengobar semangat. Karena bagaimanapun, dengan kepercayaan diri yang tinggi itulah, kita bisa memaksimalkan apa pun yang kita miliki. Tanpa ada kepercayaan diri, sulit meyakinkan diri sendiri bahwa kita mampu menerjakan sesuatu yang lebih besar. Jika kita tidak mampu meykinkan diri sendiri, apalagi meyakinkan orang lain.

Jangan juga ketidakpercayaan diri muncul karena banyak kekurangan. Kekurangan adalah manusiawi, selama kita bisa mengembangkan kelebiahan yang dimiliki. Apalagi pada zaman moderen sekarang, setiap sesutu tidak harus sempurna saat ini juga. Melalui kerja sama, loaborasi, dan perkembangan teknologi, berbagai kekurangan itu bisa ditutupi dengan kelebihan- kelebihan yang lain. Jadi, percayalah, kita adalah orang yang paling tepat menjalankan itu semua. Percayalah bahwa tantangan di depan bisa kita taklukkan. Bahwa semua permasalahan yang akan terjadi, dengan kemampuan, kemauan, kerja keras untuk belajar, akan bisa kita tangani dan selesaikan.   

FOKUS PADA KEKUATAN

Saat kita ingin mengangkat beban di punggung misalnya, tidak bisa kita lakukan jika energi kita terpencar ke berbagai anggota tubuh yang lain. Tetapi jika kita bisa memusatkan energi kita pada punggung, maka seluruh kekuatan akan saling bahu membahu menjadi energi besar yang bisa mengangkat beban tersebut. Karena itu, hidup kita memang selalu mencari di mana dan di bidang apa kita akan terlibat di masa depan. Semakin cepat kita mengetahui area apa yang ingin kita gelutidan teibat sepenuuhnya, di situlah kita akan semakin cepat belajar dan mempokuskan diri.

Bagaimana meyakinkan diri kita bahwa bidang yang kita geluti sekarang ini tepat dengan kita sangat tegantung pada masing-masing orang. Yang penting, jika orang mengajarkan kita akan sesuatu dan ia merasa senag dengan pekerjaan itu, dan ia merasa bahwa disitulah ia bisa bekerja secara maksimal serta bisa mengeluarkan potensinya, di bidang itulah ia mesti mempokuskan diri untuk berkembang.

Tekuni bidang tersebut sampai kita betul-betul menguasai. Orang-orang yang bekerja secara profesional sangat memahami detail setiap pekerjaan dengan baik. Buatlah diri kita sebagai orang yang ahlisecara mendalam, dengan demikian, apa pun permasalahan yang terjadi pada bidang garapan profesional ita, akan lebih mudah kita tangani.

Godaan untuk meloncat ke bidang lain memang akan sering terjadi. Tetapi jika itu kita lakukan, maka kita akan kembali mulai dari nol. Kuatkan dulu pondasi pengetahuan dan keterampilan di satu bidang, jika kita sudah mapan dan menghasilkan, bolehlah ita lihat bidang yang lain yang bisa kita kembangkan, tentu saja yang kita kuasai dengan baik. Akan jauh lebih baik jika pengembangan itu masih satu “rumpun” atau keluarga dengan bidang yang kita garap, sehingga sekaligus memperkuat apa yang kita kerjakan sekarang.

MENGEREK KUALITAS SETINGGI LANGIT

Kita bangun diri kita dengan berbagai ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang mumpuni, sehingga saat dipelukan, kita bisa meberikan hasil keja secara maksimal. Saat kita mencari ilmu, tidk boleh setengah-setengah apalagi berleha-leha.

Saat kita belajar itulah sesungguhnya akan menentukan seberapa besar diri kita dimasa mendatang. Jika kita bisa mendapatkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang baik, akan jauh lebih mudah meningkatkan diri den membeikan kualias kerja yang sempurna. Tetapi jika kita tidak bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baik, akan sulit bagi kita untuk bekerja secara maksimal.

Karena hanya dengan meningkatkan kualitas kita semaksimal mungin kita bisa memperbesar kemungkinan untuk menggapi apa yang diinginkan. Di tengah-tengah persaingan yang begitu ketat, yang kualitasnya lebih menonjol akan lebih mungkin untuk memenangkan persaingan. Jangan pernah berkompromi dengan kualitas, apalagi kualitas diri kita. Jangan pernah puas dengan apa yang kita miliki karena zaman terus berkembang. Saatnya terus mengembangkan kualitas diri agar hasil kerja yang kita lakukan jauh lebih maksimal.

KEKURANGAN TIDAK BOLEH MENJADIKAN KITA LEMAH

Bekerja memang mesti dilakukan dengan kesunguhandan cinta. Dua hal inilah yang membuat hasil kerja kita tidak hanya sekedar menjadi hasil karya yang biasa-biasa saja, tetapi memberikan nuansa berbeda. Karena bagaimanapun, konsumen kita adalah mnusia yang juga bisa di sentuh dari sisi perasaan mereka.

Berambahnya usia tidak boleh menghentikan kita. Memang secara pisik bertambahnya umur maka kemampuan dan kekuatan berkurang. Tetapi sebaliknya, otak dan kemampuan kita tidak berhenti berkembang. Karenanya, nikmat tuhan berupa akal pikiran selayaknya terus digunakan sebaik-baiknya, agar bisa terus berfungsi walau umur terus mengerogiti. Kekeurangan tidak boleh menjadikan kita lemah.

Lionel Messi, adalah sosok pemain sepak bola yang menjadi perbincangan orang saat ini yang mewakili cerita bahwa kelemahan tidak menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan. Lionel Messi adalah profol pemain bola yang bisa di bilang saah satu palng jenius saat ini. Jika sudah membawa bola, seperti Maradona di masa lalu, sangat sulit untuk menghentikannya. Dan dari setiap gol yang diciptakannya, selalu ada keindahan di balik sebuah kejeniusan yang terlihat.

Tetapi mungkin orang tidak tau, bahwa Messi waktu kecil hampir tidak bisa main bola, kaena terserang penyakit penghambt pertumbuhan. Ia harus berobat dan diberi hrmon pertumbuhan yang biayanya mencapai 500 ribu pound per bulan. Kelubnya di Argentina tidak sanggup membayarnya, dan hebatnya Barcelona, dalam beberpa kesempatan pemandu bakanya mengendus potensi yang di miliki Messi. Akhirnya, Messi di rekrut ke Barcelona B dan hingga sekarang menjadi tulang punggung dan aset yang sangat mahal.

Di balik kehebatan yang sekarang di miliki Messi, saya melihat satu sisi yang sangat menarik. Messi yang terbilang “pendek” untuk ukuran pesepakbola Eropa yang rata-rata tingginya mencapai 180-190an cm. Tetapi mesi mampu memanfaatkan kelebihannya dalam menglah dan mengiring bola serta memasukkannya kedalam gawang lawan. Ukuran badannya yang “kecil” behasil ditutupi dengan kemampuan lainnya yang luar biasa.

Ia memang berusaha menambah tinggi badan. Tetapi bukan menjadi proritas utama. Prioritasnya adalah meningkatkan kemampuannya dalam mengiring bola, melewati awan, dan memasukkannya ke gawang lawan. Pada akhirnya, kemampuan yang beragam itulah yang membuatnya jauh lebih bermanfaat. Kelemahannya dalam hal tinggi badan tidak lagi menjadi kelemahan yang penting, karena tertutupi oleh kemampuannya memaksimalkan kelebihan yang dimilikinya.

Sama seperti kita, kadang kita sering terpakau dengan bagaimana menambal berbagai kekurangan dan kelemahan kita, hingga terkadang melupakan kelebihan yang kita miliki. Mestiya,yang menjadi prioritas adalah bagaimana meningkatkan kemampuan dan kelebihan kita masing-masing, sedang kelemahan yang kita miliki biarlah menjadi sisi manusiawi agar menjadikan kita tidak sombong, dan selalu ingat, bahwa di balik semua yang kita miliki, ada kelemahan-kelemahan manusiawi yang menjadi penyeimbang.

JADILAH YANG PERTAMA MENGAMBIL INIIATIF

Jangan pernah berhenti bergerak, selalu ambil inisiatif, karena itulah ciri-ciri pemenang. Pemenang adalah orang yang paling utama mengambil inisiatif. Ada  banyak ide di dunia ini yang mungkin bersliweran di pikiran kita. Ide-ide itu berserakan di berbagai media. Ada berita di koran, majalah, televisi, buku-buku, internet, dan berbagai media lain.semuanya tersaji secara lengkap. Begitu banyak ide yang tersebar.

Tidak lain, itu semua bermula dari apa yang disebut dengan inisiatif. Orang yang mampu mengambil inisiatif sejak awal akan mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak di dapat dari para pengekornya. Ia bisa mengerti keadaan di lapangan terlebih dahulu sehingga memudahkan baginya membuat strategi yang sesuai dengan kebutuhan. Karena dengan menganbil inisiatif terlebih dahulu, memungkinkan orang juga mengenalnya terlebih dahulu dengan baik. Dengan demikian, orang yang pertama mengambil inisiatif mendapatkan keuntungan untuk di kenal terlebih dahulu.

Dengan kehidupan dan tantangan yang semkin besar dari hari ke hari, maka  tidak ada cara lain kecuali terus bergerak dan mengambil berbagai inisiatf untuk mengembangkan hal-hal baru. Mengembangkan inisiatif adalah berfikir membuat sesuatu yang baru secara terus menerus. Perjalanan kehidupan yangb begitu cepat menuntut agar kita senantiasa berfikir. Berhenti berfikir akan menyebapkan kita akan  tertinggal  dan inovasi adalah tentang bagaimana terus berfikir dan bergerak. Bagaimana selalu mencoba mencari sesuatu yang baru, memikirkannya, sekaligus memperaktekannya dalam kehidupan. Itulah yang perlu dilakukan agar kita bisa bertahan.

PERSAINGAN MEMBUAT KITA JAUH LEBIH TANGGUH

Persaingan akan menjadikan konsumen semakin besar karena tidak hanya kita sendiri yang mengenalkan jasa atau produk kepada mereka. Setiap lembaga kursus akan melakukan promosi sehingga pengetahuan konsumen semakin luas dan mengenal dengan baik kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Persaingan juga akan menjadikan kita selalu waspada dan swlalu berusah meningkatkan diri dan kemampuan yang kita miliki. Tanpa adanya persaingan, kita akan cenderung berleha-leha, ataupun lebih banyak santai menikmati hidup. Tetapi persaingan membuat girah untuk selalu memberikan yang terbaik, sehingga kita selalu tergerak meningkatkan kemampuan diri terus-menerus.

Persaingan tidak akan pernah mematikan kita, tetapi justru akan membuat kita lebih kuat selama kita menyadarinya dan terus berusaha meningkatkan diri. Orang-orang yang takut bersaing biasanya karena tidak percaya diri dengan kemampuan yang ada, atau pun tidak mempunyai kompetensi yang memadai.

Kalu kita mempunyai kualitas yang memadai, persaingan justru akan semakin membuat kita berkembang jauh lebih cepat. Walaupun banyak pesaing, namun mereka yang mengetahui kualitas kita, tentu saja akan memilih kita. Tentu saja, sekali lagi, sangat tergantung apakah kita mempunyai kualitas yang memadai atau tidak. Itulah tugas kita sebenarnya, bagaimana terus selalu meningkatkan kualiat yang kita miliki sepanjang waktu, agar tidak tergilas oleh persaingan yang semakin ketat.

MENGUBAH KEGAGALAN MENJADI ENERGI UNTUK SUKSES

Hampir setiaporang pernah mengalami kegagalan, keterpurukan, dan keadaan yang tidak terduga. Tinggal bagaimana menyikapi keadaan tersebut; larut dalam kesedihan atau bangikit menjadikannyasebagai energi yang menambah semangat dalam mencapai kesuksesan.

Seperti sebuah ketapel, semakin kita jatuh, seperti menarik biji ketepelnya semakin kuat. Saat kita bisa mengelola energi tersebut secara positif, daya lontarnya akan sangat kuat sehingga bisa melambungkan kita jauh lebih tinggi dan lebih dekat ke aah cita-cita kita.

JANGAN SAMPAI KEHILANGAN SEMANGAT

Bagaimana menjaga semangat itu selalu tetap pada diri kita? Maka bahwa motivasi dan semangat hidup itu sering berjalan seperti roda, naik turun dan tidak bisa mereka kontrol. Dan juga motivasi itu datang dari dua hal, motivasi yang datang dari internal diri kita, dan motivasi yang datang dari faktor-faktoreksternaldi luar diri kita. Saat kita merasa terpuruk dan kehilangan semangat, saat itulah butuh tekad dan kemauan kuat untuk mampu keluar dan menemukan kembali semangat yang telah hilang.

Mulailah dari melihat apa yang menjadi visi da target kita kedepan. Salah satu hal yang membuat hidup terkadang jatuh dan kehilangan semangat karena kita tidak tahu arah dan tujuan kita. Kalu niat dan impian kita tidak kuat, akan mudah di patahkan oleh berbagai hambatan dan rintangan yang menghadang. Karena itu, kuatkanlah impian dan niat sehingga rintangan yang menghalangilangkah kita tidak mudah menjatuhkan semangat hidup yang kita miliki.

Mungkin juga semangat hidup itu hilang karena banyaknya beban dan rutinitas yang harus dijalankan. Beban yang berat menyebapkan kita selalu dalam tekanan dan cenderung menjadi  “stres”. Ada baiknya secara berkala melakuakan refreshing di tempat-tempat rekreasi ataupun melakukan berbagai hal yang sebelmnya tidak pernah di lakukan. Di harapkan setelah itu, pikiran dan perasaan kita menjadi segar kembali karena motivasi baru yang terus tumbuh.

Sedangkan secara eksternal, ada beberapa hal yang bisa di lakukan agar semangat yang hilang itu bisa kita raih kembali. Pertama, ngbrol dengan orang-orang yang kita percayai. Bahasa gaulnya, curhat. Lakukan komunikasi apa saja gar perasaan dan motivasi kita tumbuhkembali. Akan jauh lebih bermanfaat kalu kita ngobroldengan orang-orang yang memang mengerti dengan baik oersoalan yang sedang di hadapi, sehingga mereka bisa memberikan solusi secara lebih kongkrit.

Bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi. Persoalan dengan siapa kita bergaul menjadi sangat krusial. Hindari bergaul dengan oang-orang yang semangatnya lembek, atau bahkan tidah mempunyai semangat hidup. Karena orang-orang pesimis akan menularkan pesimisme mereka kepada orang lain. Sebaliknya, orang-orang yang mempunyai cita-cita yang tinggi akan selalu menebarkan semangat hidup tersebut dan mempengaruhi orang-orang di sekitarnya.

Jika anda ingin menjdi penulis misalnya, bergaulah dengan orang-orang yang mempunyai semangat untuk menuliis. Berkumpul, berdiskusi, dan berlatihlah dengan oorang-orang yang sejalan untuk menjadi penulis. Dengan demikian, setiap hari akan ada semangat menulis ketika melihat rekan-rekan yang lain juga bersemangat untuk menulis. Sama halnya jika kita ingin membuka usaha. Sangat penting bergaul dengan orang-orang yang memang ingin membuka usaha. Dengan demikian, akan selalu tumbuh semangat untuk membuka usaha, sehingga jika terdapat rintangan dan hambatan di tengah perjalanan, bsa saling membantu antara atu dengan yang lain.

Samaa juga dengan niat untuk naik sepeda ke kantor, misalnya. Kalu dijalankan sendiri, hampir pasti akan berat sekali, terutama untuk pertama kalinya. Tetapi saat bertemu dengan rekan-rekan yang melakukan hal yang sama, maka berepeda ke kantor akan lebih mudah dilakuan dan lebih menyenangkan. Begitu seterusnya, bergaul dengan orang-orang yang mempunyai visi dan kesamaan hobi akan membuat semangat kita jauh lebih tinggi.

Hal lain yang bisa membuat semangat kita tumbuh lagi adalah embaca buku, terutama buku-buku biografi, cerita-cerita orang-orang sukses, dan berbagi buku motivasi yang sekarang ini yang betebaran di berbagai tempat. Dengan membaca buku, mudah-mudahan kita mendapat inspirasi dari apa yang kita baca. Siapa tau ada yang “nyangkut” dan sesuai dengan diri kita, sehingga kita cepat mengembalikan semangat yang hiang.

Membaca buku menjadi penting karena terkait  dengan pembelajaran terhadap hidup. Kehidupan adalaah pengalaman terbaik, dan untuk belajar daripengalaman tidak harus mengalaminya sendiri, tetapi juga bisa belajar dari pengalan orang lain. Dengan membaca bografi orang sukses, kita jadi tau bahwa mereka juga mempunyai hambatan dan rintangan yang besar. Kita bisa belajar dari mereka bagaimana cara mereka menanggapi dan menyelesaikan semua permasalahan yang mereka miliki. Dengan demikian, kita menjadi jauh lebih terbuka dari sisi pemikiran dan bisa menyesuaikan dengan apa yang kita alami sekarang.

Buku bisa menjadi pengobat luka dan jalan keluar dari berbagai beban yang kita alami. Bisa juga menjadi penghibur dikala kita susah, dan penyemangat dikala kita jatuh. Intinya, membaca buku akan memberi “inspirasi” yang bisa jadi seesuai dengan keseharian kita. Dan juga ikutlah berbgai pelatihan dan seminar motivasi yang ada. Mungkin anda harus membayar untuk mengikuti pelatihan tersebut, tetapi yakinlah bahwa itu merupakan investasi yang mesti anda lakukan jika ingin terus mengembangakan diri, atau melesatkan diri secara lebih cepat. Kenapa? Seperti mengembangkan potesi diri, yag sebelumnya mungkin belum tersadar, pelatihan-pelatihan semacam itu membangun daya ungkit yang luar biasa dahsyat pada diri anda. Jadi, jangn pernah ragu untuk berinvestasi, karena itusemua akan kembali pada diri anda.

JANGAN MENUNDA PEKERJAAN

Salah satu kunci sukses seseorang adalah bagai mana ia mapu mengelola waktu dengan baik. Setiap orang mempunyai jumlah waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Yang membedakan antara yang satu dengan yang lain adalah kemampuannya memanfaatkan waktu selam 24 jam itu digunakan untuk kerjakan apa saja. Sebagai orang yang terus belajar , mestinya semakin hari semaki pandai dalam mengelola waktu. Setiap hari, kita dihadapkan denga berbagai pekerjaan dan kesibukan yang menumpuk, setiap hari pula kita mencoba mengelola waktu itu dengan baik. Pembelajaran terus menerus seharusnya memberi kita keterampilan dan pengetahuan pengelolaan waktu yang terus meningat dari hari ke hari.

Namun demikian, pengetahuan tentang pengelolan waktu itu meman terus meningkat. Kita tahu benar bahwa mengelola waktu itu penting, menetapkan proritas juga mesti ada, dan menyadari bahwa kita mungkin sering mengabaikan dan membiarkan waktu berjalan tanpa produktivitas. Kesadaran sudah ada, tetapi masih aja kita bekerja seperti orang-orang yang tidak sadar bahwa waktu terus berjalan. Oleh karena itu, di saat kesadaran kita bahwa mengelola waktu adalah suatu keniscayaan dalm hidup harus terus kita lakukan, saatnya untuk menegaskan diri, mebuat komitmen terhadap diri sendiri bahwa akan bersungguh-sungguh mengelola wakt dengan baik.

Komitmen itu harus dimulai dari disiplin. Tanpa disiplin diri yang kuat , tidak mungkin seseorang bisa mengelola waktu dengan baik.  Saat kita sudah menetapkan hri untuk menyeesaikan pekerjaan, datang godaan dari kawan-kawan untuk makan bersama di luar, atau pergi jalan-jalan ke mal, lalu apa yang kita pilih? Sikap dan disiplin kita menjadi penentu. Sekali kita berfikir bahwa tidak menjadi soal untu “ sedikit besenang-senag” meninggalkan disiplin dan komitmen yang kita bangun, disitulah awal kita menjerumuskan diri untuk orang yang tidak berdiplin waktu.

Mengapa, karna hal itu akan menjadi kebiasaan yang lama kelamaan akan membelengu kita. Tidak boleh ada ruang dalam pikiran kita untuk melemahkan disiplin dan komitmen kita, Karena sekali kita lemah, akan membuat kelemahan itu menjadi kebiasaan besar. Sekali kita berfikir, misalnya terlambat itu tidak apa-apa, maka akan berpotensi menjadi kebiasaan yang sesungguhnya bisa merusak banyak hal dimasamendatang. Karena itu, disiplin merupakan kunci utama pengelolaan waktu.

jika pekerjaan yang kita lakuan tersa berat, buatlah rincian pekerjaan itu secara detail, dan mulailah bekerja dengan rincian yang lebih kecil tersebut. Dengan demikian, kita tidak merasa menanggung keseluruhan pekerjaan dalam satu waktu, tetapi bisa membaginyadalam rincian detail yang lebih kecil. Jangan lupa bahwa setiap pekerjaan mempunyai prioritas tertentu. Membuat sekala prioritas akan memudahkan kita untuk memulai dan menentukan pekerjaan apayang mesti diselesaikan dahulu, dan pekerjaan apa yang bisa menunggu kemudian. Skala prioritas ini penting agar waktu kita yang 24 jam bisa dimanfaatkan dengan baik.

Biasanya, kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan adalah saat memulai. Pertanyaan yang seing di ajukan adalah:”kita harus memulai dari mana?” jawabannya berbeda-beda karena memulai pekerjaan sangat tergantung dari keperibadian masing-masing . ada yang memulai dari konsep secara detail, ada juga yang cukup dengan gambaran besarnya, ada juga yang perlu sedikit diskusi sudah memulai kerja.

Dengan membuat jadual, mengelola prioritas, dan tidak menunda-nundapekerjaan akan membuat semua pekerjaan bisa dilakukan dengan baik. Jadi, sebenarnya tidak cukup, mungkin ada yang salah dengan pengelolanya, atau kita sering melakukan hal-hal yang tidak produktif.

Selamat bekerja, semoga produktifitas kita selalu meningkat dar hari ke hari.  

KESIMPULAN

Setiap orang mempunyai jalan kesuksesan sendiri-sendiri untuk mencapai kesuksesan yang di cita-citakan akan tetapi tidak ada kesuksean yang bisa kita capai secara instan meainkan itu semua membutuhkan peroses dan waktu. Terkadang peroses itu dekat dan mudah, tetapi yang lebih sering adalah peroses itu panjang dan terkadang sangat melelahkan. Orang-orang yang berhasil terkadang bukan karena ia lebih pintar dari orang lain, melainkan karena keberaniannya memulai sesuatu dan ketabahan serta kegigihannya dalam mencapai impiannya. Ia tahan banting, pantang menyerah, dan kembali bangkit setelah gagal. Hingga suatu saat jalan sukses menjadi luas terbentang.

Karena itu, kita mesti berani melakukan sesuatu, berani action. Siapa tahu, keberanian kita sekarang membawa pada masa depan kita selanjutnya. Hilangkan berbagai macam ketakutan dan kehawatiran karena rasa takut dan hawatir itu tidakakan mengantarkan kita untuk berani action dan akan sealu terpuruk dalam berdiam diri.

DAFTAR BACAAN

Abdurrahman El’Ashiy, Al-Hakim Ibn ‘Athaillah untuk semua: menemukan kesadaran dan kesadaran hidup dari Nasihat Ibn ‘Athaillah,(Bandung: Hikmah, 2008)

Arvan Pradiansyah, the 7 laws of Happiness:Tuju Rahasia Hidup yang Bahagia,(Bandung: Kaifa, 2008)

Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Al- Ihsan,(jakarta: Penerbit Arga, 2003)




















































Related Posts