PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Komunikasi
merupakan seni penyampaiaan informasi (pesan, ide, sikap, atau gagasan) dari
komunikator atau penyampaian berita, untuk mengubah serta membentuk perilaku
komunikasi atau penerima berita (pola, sikap, pandangan, dan pemahamannya),
kepola dan pemahaman yang dikehendaki bersama.
Menurut
Taylor (1993) mengemukakan komunikasi adalah proses pertukaran informasi atau
proses yang menimbulkan dan meneruskan makna atau arti, berarti dalam
komunikasi terjadi penambahan pengertian antara pemberi informasi dengan
penerima informasi sehingga mendapatkan pengetahuan.
Komunikasi
harus dilakukan secara efektif agar komunikasi itu dapat mudah di mengerti oleh
komunikan, komunikasi yang efektif dapat dilakukan apabila seseorang yang berkomunikasi
memahami tentang pengertian dari komunikasi efektif, proses komunikasi efektif
dan unsur-unsur komunikasi efektif.
Pada
makalah kali ini akan disampaikan tentang pengertian komunikasi efektif, proses
komunikasi efektif dan juga unsur-unsur yang ada pada komunikasi efektif.
B.
Rumusan masalah
a.
Apa pengertian dari komunikasi efektif?
b.Bagaimana
proses dari komunikasi efektif?
c.
Apa saja unsur-unsur yang ada dalam komunikasi efektif?
C.
Tujuan
a.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pengertian dari komunkasi efektif
b.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang proses dari komunikasi efektif
c.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang unsur-unsur komunikasi efektif
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Komunikasi efektif
Komunikasi
efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap ( attitude
change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.
Komunikasi
efektif memungkinkan seseorang dapat saling bertukar informasi, ide,
kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai
dengan harapan .
Tujuan
komunikasi efektif adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang
disampaikan antara pemberi dan penerima pesan. Sehingga tercipta feed back yang
baik antara pemberi dan penerima pesan.
B. Proses
komunikasi efektif
Suksesnya
proses komunikasi sehingga dapat menghasilkan komunikasi yang efektif tentu
saja dipengaruhi oleh banyak factor baik itu factor komunikator maupun dari
komunikan.
Faktor
dipengaruhi antara lain :
1.
Pesan yang dirancang dan disampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik
perhatian komunikan. Untuk meracang suatu pesan yang dapat menarik perhatian
ini sebaiknya sebagai komunikator harus mencari tahu dulu karakteristik orang
yang akan kita beri pesan. Selain itu komunikator harus mempunyai kemampuan
sebagai penyampai pesan yang menarik dan mudah dipahami.
2.
Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju kepada pengalaman yang sama
antara komunikator dan komunikan, sehingga sama-sama mengerti. Sebaiknya pesan
disampaikan dengan beberapa metode dan tidak hanya secara lisan. Pesan yang
disampaikan dengan melibatkan beberapa panca indera misalnya dapat dilihat,
didengar, diraba akan lebih mudah dimengerti daripada pesan itu hanya disampaikan secara lisan.
3.
Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan dan menyarankan beberapa
cara untuk memperoleh kebutuhan tersebut. Jadi pesan harus sesuai harapan atau
sesuai kebutuhan penerima pesan. Pesan yang disampaikan akan terasa membosankan
dan tidak ada arti bagi penerima pesan apabila pesan itu tidak dibutuhkan.
4.
Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan dimana komunikan
digerakkan untuk memberikan tanggapan sesuai yang dikehendaki. Solusi pemecahan
masalah harus dikemukakan untuk dapat membantu klien keluar dari masalahnya.
5.
Pesan yang dirancang dan disampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik
perhatian komunikan. Untuk meracang suatu pesan yang dapat menarik perhatian
ini sebaiknya sebagai komunikator harus mencari tahu dulu karakteristik orang
yang akan kita beri pesan. Selain itu komunikator harus mempunyai kemampuan
sebagai penyampai pesan yang menarik dan mudah dipahami.
Komunikasi
dapat dikatakan efektif apabila memenuhi 3 hal berikut :
1.
Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud
oleh pengirimnya.
2.
Pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan tindak
lanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim.
3.
Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan
untuk menindak lanjuti pesan yang dikirim
C. Unsur-unsur
komunikasi efektif
Dalam
proses komunikasi untuk mendapatkan hasil yang efektif perlu diperhatikan
unsure-unsur dari komunikasi, yaitu :
1.
Komunikator ( pandai menggunakan bahasa, intonasi, symbol dan mimic yang
menarik, simpati dan empati dari komunikannya )
2.
Pesan ( cara penyampaian, isi pesan sesuai dengan kebutuhan dan diminati oleh
komunikan )
3.
Media ( sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan sesuai dengan kebutuhan
komunikan)
4.
Perhatikan gangguan-gangguan yang mungkin akan menghambat proses komunikasi
5.
Komunikan (latar belakang dan lain-lain)
6.
Pengaruh atau umpan balik (yang diharapkan atau tujuan penyampaian pesan)
Keenam
unsur komunikasi harus saling berhubungan dalam menyampaikan pesan agar dapat
menjadi komunikasi efektif.
D. Prinsip
Dasar Komunikasi Efektif
1.
Respect (respek)
Respect
adalah perasaan positif atau penghormatan diri kepada lawan bicara. Anda
menghargai lawan bicara sama halnya menghargai diri sendiri. Prinsip
menghormati ini harus selalu anda pegang dalam berkomunikasi.
2.
Empaty (empati)
Empaty
adalah kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang tengah
dihadapi orang lain. Anda mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, sehingga
komunikasi akan terjalin dengan baik sesuai dengan kondisi psikologis lawan
bicara anda.
3.
Audible (dapat didengar)
Audible
mengandung makna pesan yang harus dapat didengarkan dan dapat dimengerti. Dalam
hal ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu :
Pertama,
pesan harus mudah dipahami, menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hindari
bahasa yang tidak dipahami oleh lawan bicara.
Kedua,
sampaikan yang penting.pastikan yang penting. Sederhanakan pesan anda. Langsung
saja pada inti persoalan
Ketiga,
gunakan bahasa tubuh anda. Mimik wajah, kontak mata, gerakan tangan dan posisi
badan bisa dengan mudah terbaca oleh lawan bicara anda. Tunjukan kesejatian
anda dengan mengoptimalkan bahasa tubuh dan pesan.
Keempat,
gunakan ilustrasi atau contoh.karena analogi sangat membantu dalam menyampaikan
pesan.
4.
Clarity (klariti)
Clarity
adalah kejelasan dari pesan yang kita sampaikan. Salah satu penyebab munculnya
salah paham antara satu orang dengan yang lain adalah informasi yang tidak
jelas yang mereka terima.
5.
Humble (rendah hati)
Sikap
rendah hatianda rendah diri, rendah hati memberi kesempatan kepada orang lain
untuk berbicara terlebih dahulu, dan anda menjadi pendengar yang baik bentuk.
E. Bentuk Komunikasi Efektif
1.
Komunikasi verbal efektif
a.
Berlangsung secara timbal balik
b.
Makna pesan ringkas dan jelas
c.
Bahasa mudah dipahami
d.
Cara penyampaian mudah diterima
e.
Disampaikan secara tulus
f.
Mempunyai tujuan yang jelas
g.
Memperlihatkan norma yang berlaku
h.
Disertai dengan humor
2.
Komunikasi Non Verbal
Yang
perlu diperhatiakan dalam berkomunikasi nonverbal adalah :
a.
Penampilan fisik
b.
Sikap tubuh dan cara berjalan
c.
Ekspresi wajah
d.
Sentuhan
Hal-Hal
Yang Perlu Diperhatikan Dalam Komunikasi Efektif
a.
Berkomunikasi pada suasana yang menguntungkan
b.
Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
c.
Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat dipihak komunikan
d.
Pesan dapat menggugah dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya
e.
Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward dipihak komunikan
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pada
dasarnya komunikasi itu sangat penting bagi setiap orang, apalagi bagi
mahasiswa kebidanan. Karena selain dituntut agar cakap berbicara dan
berkomunikasi, seorang bidan juga harus mampu berkomunikasi secara
berkesinambungan. Proses untuk berkomunikasi efektif pun banyak dengan
menggunakan media-media lain. Dari proses pertukaran informasi dan ide tersebut
akan menghasilkan feed back, sehingga dapat merubah sikap dan perilaku yang
sebelumnya menyimpang.
B.
Saran
Semoga
dari makalah yang telah kelompok kami buat, dapat bermanfaat dan bisa di
aplikasikan pada masyarakat nanti. Juga dapat menjadi bahan referensi untuk
tugas berikutnya yang berhubungan dengan komunikasi juga untuk mahasiswa lain
yang membutuhkan informasi mengenai materi komunikasi efektif.
DAFTAR PUSTAKA
Christina
lia uripni, untung sujianto, tatik indrawati. (2003). Komunikasi kebidanan.
EGC. Jakarta
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/diploma-three-program/study-program-of-midwife-practices-d3/komunikasi-konseling-dalam-praktek-kebidanan/komunikasi-efektif
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/diploma-three-program/study-progrem-off-midwife-practicesd3/komunikasi-konseling-dalam-praktek-kebidanan/komunikasi-efektif
http://www.wikipedia.com/2011/01/model-komunikasi-pemasaran1.jpg
http://aditfebrian.files.wordpress.com/2011/01/model-komunikasi-pemasaran1.jpg