Makalah Komunikasi Efektif


PENDAHULUAN



A. Latar belakang



Komunikasi merupakan factor yang penting dalam upaya mencapai tujuan suatu organisasi. Secara umum, komunikasi dapat diartikan  sebagai proses mengirimkan dan menyampaikan pesan untuk mencapai pemahaman  bersama. Komunikasi efektif terjadi apabila individu mencapai pemahaman bersama, merangsang pihak lain melakukan tindakan, dan mendorong orang untuk berfikir dengan cara baru.



Komunikasi secara terminologis meranjuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang dapat terlibat dalam komunikasi adalah manusia.  Richard mendefinisikan, communication is the understood as a process beginning with an intention to exchange certain information with other1. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi, dan masyarakat yang merespon dan meciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.



Komunikasi harus dilakukan secara efektif agar komunikasi itu dapat mudah dimengerti oleh komunikan, komunikasi yang efektif dapat dilakukan apabila seseorang yang berkomunikasi memahami tentang pengertian  dari komunikasi efektif  dan unsure-unsure komunikasi efektif.



B. Rumusan masalah



a.    Apa pengertian dari komunikasi efektif.?

b.    Apa saja indicator-indikator komunikasi efektif.?

c.    Bagaimana proses dari komunikasi efektif.?

d.    Apa saja unsur-unsur yang ada dalam komunikasi efektif.?



C. Tujuan



a.    Mengetahui pengertian dari komunikasi efektif.

b.    Mengetahui indicator-indikator  komunikasi efektif.

c.    Mengetahui proses dari komunikasi efektif.

d.    Mengetahui unsur-unsur yang ada dalam komunikasi efektif.



PEMBAHASAN



A. Pengertian komunikasi efektif



Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu mengahasilakan perubahan sikap ( attitude change ) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi efektif memungkinkan seseorang dapat saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, kepercaayaan, dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.



Tujuan komunikasi efektif adalah member kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi dan penerima pesan. Sehingga tercipta feed back yang baik antara pemberi  dan penerima pesan. Ada beberapa pendapat para ahli mengenai komunikasi efektif, antar lain :

a.    Menurut Jalaluddin dalam bukunya psikologi komunikasi ( 2008 : 13 ) menyebutkan, komunikasi efektif di tandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan social yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan.

b.   Jhonson, Sutton dan Harris ( 2001: 81 ) menunjukan cara-cara agar komunikasi efektif dapat dicapai. Menurut mereka, komunikasi efektif dapat terjadi melalui atau dengan didukung aktivitas role-playing, diskusi, aktivitas kelompok kecil, dan materi-materi pengajaran yang relevan. Meskipun penelitan mereka terfokus pada komunikasi efektif untuk proses belajar mengajar, hal yang dapat dimengerti di sini adalah bahwa suatu proses komunikasi membutuhkan aktivitas, cara dan saran lain agar bias berlangsung mencapai hasil yang efektif.

c.    Menurut Stephen Covey, justru komunikasi merupakan ketrampilan yang paling penting dalam hidup kita. Kita menghabiskan sebagian besar jam di saat kita sadar dan bangun untuk berkomunikasi. Sama halnya dengan pernafasan, komunikasi kita anggap sebagai hal yang otomatis terjadi begitu saja,sehingga kita tidak memiliki kesadaran untuk melakukannya dengan efektif. Kita tidak pernah dengan secara khusus mempelajari bagaimana menulisdengan efektif, bagaimana membaca dengan cepat dan  efektif, bagaimana berbicara secara efektif,apalagibagaimana menjadi pendengar yang baik . Bahkan untuk yang
terakhir, yaitu ketrampilan untuk mendengar tidak pernah diajarkan atau kita pelajari dalam proses pembelajaran yang kita lakukan baik di sekolah formal maupun pendidikan informal lainnya.

d.   Menurut Thomas Leech dalam bukunya “Say it like Shakespeare”. Ada lima komponen atau unsur penting dalam komunikasi yang harus kita perhatikan yaitu:
(1) Pengirim pesan (sender),
(2) Pesan yang dikirimkan (message),
(3) Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (delivery channel atau media),
(4) Penerima pesan (receiver),
(5) Umpan balik (feedback).



B. Indikator-indikator komunikasi efektif



Dalam memahami komunikasi, maka kita harus mengetahui apa saja indikator dalam mencapai komunikasi yang efektif. Indikator komunikasi agar efektif ada empat diantaranya :

  1. Pemahaman, Merupakan  suatu kemampuan memahami pesan secara cermat sebagaimana yang disampaikan  oleh komunikator. Dalam hal ini komunikan dikatakan efektif apabila mampu memahami secara tepat. Sedang komunikator dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan secara cermat.
  2. Kesenangan, Apabila proses komunikasi itu selain berhasil menyampaikan informasi, juga dapat berlangsung dalam suasana yang menyenangkan ke dua belah pihak. Sebenarnya tujuan berkomunikasi tidaklah sekedar transaksi pesan, akan tetapi dimaksudkan pula untuk saling interaksi secara menyenangkan untuk memupuk hubungan insani.
  3. Pengaruh pada sikap, Apabila seorang komunikan setelah menerima pesan kemudian sikapnya berubah sesuai dengan makna pesan itu. Tindakan mempengaruhi orang lain merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari di perkantoran. Dalam berbagai situasi kita berusaha mempengaruhi sikap orang lain dan berusaha agar orang lain bersikap positif sesuai keinginan kita.
  4. Hubungan yang makin baik, Bahwa dalam  proses komunikasi yang efektif secara tidak sengaja meningkatkan kadar hubungan interpersonal. Di perkantoran, seringkali terjadi komunikasi dilakukan bukan untuk menyampaikan informasi atau mempengaruhi sikap semata, tetapi kadang-kadang terdapat maksud implisit di sebaliknya, yakni untuk membina hubungan baik.


Related Posts

There is no other posts in this category.