A. Judul Penelitian
Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MA YKUI
Maskumambang Dukun Gresik
B.
Latar
Belakang
Kurikulum 2013 atau yang biasa disebut dengan K-13 adalah kurikulum
tetap yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum tingkat
satuan pendidikan atau yang biasa disebut dengan KTSP yang telah berlaku selama
kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian yaitu aspek
pengetahuan‚
aspek keterampilan‚dan aspek sikap serta perilaku. Aspek penilaian yang berlaku
dalam kurikulum 2013 meliputi aspek pengetahuan‚ aspek keterampilan dan aspek
sikap‚ dari ketiga aspek tersebut yang menjadi aspek penilaian paling penting
adalah aspek sikap atau perilaku.
Dalam pengembangan
kurikulum 2013 pengembangan pembelajaran yang dikehendaki adalah pembelajaran
yang mengedepankan pengalaman‚ proses pembelajaran yang dikehendaki adalah
proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.Pembelajaran bahasa arab
pada hakikatnya terfokus pada aspek keterampilam yaitu menyima’‚ membaca‚
berbicara‚ serta menulis.
Berangkat dari pemikiran tersebut peneliti sebagai mahasiswa Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
berkeinginan untuk mengajukan penelitian. Adapun judul yang dipilih dalam
penelitian ini adalah Efektifitas Kitab “العربية
للناشئين ” Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca
Siswa Kelas X Ma Ykui Maskumambang Dukun Gresik.
C.
Rumusan
Masalah
Masalah yang ingin diketahui dan dijawab oleh penulis pada penelitian
ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
penggunaan kitab العربية للناشئين untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik?
2.
Bagaimana
kitab العربية للناشئين bisa
meningkatkan keterampilan membaca untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang
Dukun Gresik?
3.
Bagaimana
efektifitas penggunaan kitab العربية للناشئين bisa meningkatkan keterampilan membaca untuk siswa kelas X MA
YKUI Maskumambang Dukun Gresik?
D.
Tujuan
Pembahasan
Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dijabarkan di atas‚ maka
tujuan dari penulisan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
mengetahui penggunaan kitab العربية للناشئين untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik
2.
Untuk
mengetahui apakah kitab العربية للناشئين bisa meningkatkan keterampilan membaca untuk siswa kelas X MA
YKUI Maskumambang Dukun Gresik
3.
Untuk
mengetahui efektifitas penggunaan kitab العربية
للناشئين dalam peningkatan keterampilan membaca
untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik
E.
Manfaat
Penelitian
Sedangkan manfaat
yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
memberikan informasi tentang kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dalam efektifitas
belajar maharah qiraah.
2.
Agar
penelitian ini dapat bermanfaat untuk penulis khususnya‚ dan para pembaca
tentang efektifitas kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dalam peningkatan maharah qiraah.
F.
Batasan
Masalah
Agar penulis tidak menyimpang dan mengambang dari tujuan yang semula
direncanakan sehingga mempermudah mendapatkan data dan informasi yang
diperlukan‚ maka penulis menetapkan batasan-batasan sebagai berikut:
1.
Membahas
kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dalam qira’ahnya.
2.
Kelancaran
membaca sebelum menggunakan kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dan setelahnya.
3.
Objek yang
dimaksud adalah siswa kelas X unggulan Putri MA YKUI Maskumambang tahun ajaran
2015/2016.
G.
Definisi Kata
Dari Judul
Dari judul yang akan dibahas oleh penulis terdapat tiga kata kunci
yaitu efektifitas‚ kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dan maharah qira’ah.
1.
Efektifitas
Pengertian
efektifitas secara umum menunjukkan sampai seberapa jauh tercapainya suatu
tujuan yang terlebih dahulu ditentukan.
2.
Kitab
al-‘arabiyah lin nasyiin
Kitab al-‘arabiyah lin nasyiin adalah salah satu kitab bahasa arab yang
cocok digunakan untuk mengembangkan keterampilan membaca bagi siswa karena
banyak terdapat teks bacaan yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan membaca
pada siswa di sekolah. Kitab ini digunakan untuk pembelajaran bahasa arab bagi
non arab‚ seperti yang kita ketahui bahwa banyak kitab dan materi pembelajaran
bahasa arab yang tersedia untuk belajar bahasa arab akan tetapi untuk
meningkatkan keterampilan membaca kitab inilah salah satunya.
3.
Maharah
qira’ah
Keterampilan
membaca (Maharah qira’ah) yaitu menyajikan materi pelajaran yang
mengutamakan pada membaca‚ atau dalam arti lain membaca adalah suatu kemampuan
mengenali serta memahami suatu tulisan dengan cara melafalkan atau mencerna
bacaan dalam hati. Sedangkan menurut Tarigan membaca adalah proses yang
dilakukan dan dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak
disampaikan oleh penulis melalui media tulisan.[1]Keterampilan
membaca (maharah qira’ah) memiliki urgensi tersendiri khususnya dalam
pembelajaran bahasa arab yaitu membaca merupakan kunci untuk membuka khazanah
pengetahuan dan budaya Islam‚ dengan membaca maka seseorang akan mendapatkan
ilmu dari apa yang telah dibaca‚ target pembelajaran maharah qira’ah
adalah mampu membaca teks arab dengan fashih‚ mampu menerjemahkan serta
mampu memahami teks dengan baik dan benar.
H. Metodologi Penelitian
1.
Jenis
penelitian
Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian
kualititatif adalah penelitian yang bersifat empiris atau dapat diamati dengan
panca indera sesuai dengan kenyataan‚ hanya saja pengamatan atas data bukanlah
berdasarkan ukuran-ukuran matematis yang terlebih dahulu ditentukan oleh
peneliti dan harus disepakati oleh pengamatan lain‚ melainkan berdasarkan ungkapan
subjek penelitian.
2.
Populasi
Populasi
adalah keseluruhan subjek penelitian.[2]
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri MA YKUI Maskumambang Dukun
Gresik.
3.
Sampel
Sampel
adalah sebagian atau wakil populasi yang teliti.[3]
Penelitian ini menggunakan sampel random yaitu semua subjek dianggap sama.[4]
Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa putri kelas X MA YKUI
Maskumambang baik yang bermukim di rumah maupun di pesantren.
I.
Teknik
pengumpulan data
Data
adalah semua yang diperlukan oleh peneliti dalam penelitian‚ untuk mendapatkan
data maka peneliti menggunakan beberapa metode yang sesuai dengan penelitian
ini yaitu:
a.
Observasi
Yaitu
pengamatan dan pencatatan yang sistematis terhadap gejala-gejala yang diteliti.[5]
Peneliti menggunakan metode ini secara langsung untuk mendapatkan data-data
dari MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik.
b.
Wawancara
Yaitu
tanya jawab lisan antara dua orang atau lebih secara langsung.[6]
Dengan wawancara ini diharapkan agar bisa mendapatkan datadari guru‚ serta dari
siswa tentang maharah qira’ah yang dilakukan melalui kitab al-‘arabiyah lin
lasyiin.
c.
Dokumentasi
Yaitu
teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen.[7]
Dengan dokumentasi ini diharapkan bisa mendapatkan foto-foto mekanisme
pembelajaran maharah qira’ah siswa MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik.
J. Daftar Pustaka
Arikunto
Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT
Rineka Cipta, 1998)
Hadi
Amirul dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung :94
Pustaka Setia, 1998)
Tarigan
Henry Guntur, membacasebagaisuatuketrampilanbahasa
(Bandung: Angkasa, 1994)
[1] Henry GunturTarigan, membacasebagaisuatuketrampilanbahasa
(Bandung: Angkasa, 1994), hlm.7
[2] Suharsimi
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT
Rineka Cipta, 1998), hlm. 115.
[3] Ibid hlm 117.
[4] Ibid hlm 120.
[5] Amirul
Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung :94 Pustaka Setia, 1998), hlm. 94.
[6] Ibid hlm 97.
[7] Ibid hlm 110.